Pelayaan Publik memuaskan sudah menjadi tuntutan masyarakat.  Tidak zamannya lagi jargon kalau bisa dipersulit kenapa di mudahkan. Petugas di ujung pelayanan publik seperti kantor kelurahan tampaknya sudah melakukan reformasi birokrasi. Tekad memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat tergelar di beberapa tempat terutama yang saya alami sendiri di kantor pelayanan terpadu Kelurahan Rambutan Kecamatan Ciracas Jakarta Timur.
Testimoni ini tentu sangat beralasan bersebab beberapa kali ( https://www.kompasiana.com/thamrindahlan/5dba6cd4d541df5f3e66cbb2/kartu-identitas-anak-kia-ktp-buat-anak-anak ) saya berurusan adminstrasi selalu dilayani dengan baik.  Sikap petugas di front office ramah, cepat dan tegas bagi seluruh warga yang datang di kantor yang terletak di Jalan Gudang Air Nomor 36.  Gedung kelurahan 3 lantai dengan halaman cukup luas untuk parkir dan kegiatan lain tampak megah, rapi  dan bersih.
Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terasa nyaman, full ac, ada televisi dan tempat duduk  tersedia cukup banyak. Petugas melaksanakan tugas sesuai bidang masing masing, warga menunggu panggilan menurut nomor  antria guna mendapatkan pelayanan.  Sementara di ruang tesebut bagian atas tertulis kalimat menarik.  Sepertinya pengumuman atau tegasnya peringatan.
Contohnya ada tulisan dibagian kiri atas Stop Calo, Urus Izin Itu Sendiri Mudah. Running Text menyajikan Motto Setia dan ucapan selamat datang di Kelurahan Rambutan. Dibagian kanan tertulis pula tekad yang berbunyi Mengubah Rasa Frustasi Masyarakat Menjadi Senyuman Kebahagiaan. Pelayanan dijamin cepat bersebab tersedia 3 loket sehingga warga tidak menunggu terlalu lama.  Oh ya tersedia pula minuman di  spencer air mineral.Â
Â
Petugas pada hari itu Mbak Nasalisa Ginting melayani dengan sikap profesional, tegas namun tetap ramah. Motto Pelayanan Kelurahan yang dipimpin oleh Ibu Lurah  Dwi Widiastuti  adalah SETIA.  Kepanjangan kosa kata Setia merupakan akronim dari Solusi, Empati Tegas, Inovasi dan Andalan. Warga mendapatkan solusi ketika melakukan pengurusan administrasi. Sudah ada Standard Procedure Pelayanan (SOP) berupa persyaratan yang wajib dilengkapi warga sesuai dengan keperluan.
Bisa jadi ketika warga datang pertama kali belum paham tentang kelengkapan persyaratan administrasi, Â Petugas memberikan catatan kecil dan menjelaskan dengan sabar surat surat apalagi yang harus dilengkapi. Â Ketika persyaratan sudah dilengkapi maka dalam hitungan menit warga sudah menyelesaikan urusan.
Indikatir Pelayanan Prima itu ialah adanya Transparansi dan Akuntable.  Keterbukaan dan tanggung Jawab secara terpadu didawamkan terus menerus sehingga warga mendapatkan  pelayanan terbaik.  Selain itu warga di biasakan dengan budaya antri ketika mendapat nomor giliran pelayanan. Dianjurkan pula ketika berada di kawasan Kelurahan mengenakan pakaian sopan dan tolong jnangan pula pakaimsepatu.Â
Inilah perubahan paradigma pelaynan yang sudah mengarak pada jargon kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit.  Selamat atas pelayanan memuaskan Kantor Kelurahan Rambutan. Semoga bisa terus  dipertahankan sesuai dengan tugas pokok dan funsi pemerintahan yaitu menjadim pelayan msyarakat . Satu lagi perubahan mendasar saat ini tidak ada lagi pungutan liar. Semua pelayanan tanpa dikenakan biaya  alias gratis.
RW 06 Kelurahan  Rambutan 15112019
Salamsalaman
TD
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H