Mohon tunggu...
Thamrin Dahlan
Thamrin Dahlan Mohon Tunggu... Guru - Saya seorang Purnawirawan Polri. Saat ini aktif memberikan kuliah. Profesi Jurnalis, Penulis produktif telah menerbitkan 24 buku. Organisasi ILUNI Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mott Menulis Sharing, connecting on rainbow. Pena Sehat Pena Kawan Pena Saran

Selanjutnya

Tutup

Kebijakan Pilihan

Pelayanan Publik Kelurahan Rambutan Memuaskan Melalui Motto "SETIA"

15 November 2019   09:48 Diperbarui: 15 November 2019   12:41 199
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pelayaan Publik memuaskan sudah menjadi tuntutan masyarakat.  Tidak zamannya lagi jargon kalau bisa dipersulit kenapa di mudahkan.  Petugas di ujung pelayanan publik seperti kantor kelurahan tampaknya sudah melakukan reformasi birokrasi. Tekad memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat tergelar di beberapa tempat terutama yang saya alami sendiri di kantor pelayanan terpadu Kelurahan Rambutan Kecamatan Ciracas Jakarta Timur.

Testimoni ini tentu sangat beralasan bersebab beberapa kali ( https://www.kompasiana.com/thamrindahlan/5dba6cd4d541df5f3e66cbb2/kartu-identitas-anak-kia-ktp-buat-anak-anak ) saya berurusan adminstrasi selalu dilayani dengan baik.  Sikap petugas di front office ramah, cepat dan tegas bagi seluruh warga yang datang di kantor yang terletak di Jalan Gudang Air Nomor 36.  Gedung kelurahan 3 lantai dengan halaman cukup luas untuk parkir dan kegiatan lain tampak megah, rapi  dan bersih.

Ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terasa nyaman, full ac, ada televisi dan tempat duduk  tersedia cukup banyak. Petugas melaksanakan tugas sesuai bidang masing masing, warga menunggu panggilan menurut nomor  antria guna mendapatkan pelayanan.  Sementara di ruang tesebut bagian atas tertulis kalimat menarik.  Sepertinya pengumuman atau tegasnya peringatan.

Contohnya  ada tulisan dibagian kiri atas Stop Calo, Urus Izin Itu Sendiri Mudah. Running Text menyajikan Motto Setia dan ucapan selamat datang di Kelurahan Rambutan. Dibagian kanan tertulis pula tekad yang berbunyi Mengubah Rasa Frustasi Masyarakat Menjadi Senyuman Kebahagiaan.  Pelayanan dijamin cepat bersebab tersedia 3 loket sehingga warga tidak menunggu terlalu lama.  Oh ya tersedia pula minuman di  spencer air mineral. 

 

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Kamis, 14 November 2019 saya mengurus Surat Ahli Waris.  Pasalnya kami ditasbihkan menjadi Ahli Waris kakak kandung Almarhumah Hj Husna Darwis SH binti Hj Dahlan.   Penetapan sebagai Ahli Waris dikuatkan oleh Kelurahan berupa surat pernyataan bahwa saya memang berdomisili di Kelurahan Rambutan. .  Alhamdulillah dalam waktu yang tidak terlalu lama urusan selesai.

Petugas pada hari itu Mbak Nasalisa Ginting melayani dengan sikap profesional, tegas namun tetap ramah. Motto Pelayanan Kelurahan yang dipimpin oleh Ibu Lurah  Dwi Widiastuti  adalah SETIA.  Kepanjangan kosa kata Setia merupakan akronim dari Solusi, Empati Tegas, Inovasi dan Andalan. Warga mendapatkan solusi ketika melakukan pengurusan administrasi. Sudah ada Standard Procedure Pelayanan (SOP) berupa persyaratan yang wajib dilengkapi warga sesuai dengan keperluan.

Bisa jadi ketika warga datang pertama kali belum paham tentang kelengkapan persyaratan administrasi,  Petugas memberikan catatan kecil dan menjelaskan dengan sabar surat surat apalagi yang harus dilengkapi.  Ketika persyaratan sudah dilengkapi maka dalam hitungan menit warga sudah menyelesaikan urusan.

dokumen pribadi
dokumen pribadi
Itulah pengalaman saya mengurus Surat Ahli warus yang dilengkapi tanda tangan pejabat terkait guna menguatkan keterangan domisisli saya sebagai warga RT 06 RW 05 Kelurahan Rambutan. Teori manajemen public service mensyaratkan ada 2 indikator untuk memastikan telah terdapat  service excellent (Pelayanan Prima). 

Indikatir Pelayanan Prima itu ialah adanya Transparansi dan Akuntable.  Keterbukaan dan tanggung Jawab secara terpadu didawamkan terus menerus sehingga warga mendapatkan  pelayanan terbaik.  Selain itu warga di biasakan dengan budaya antri ketika mendapat nomor giliran pelayanan. Dianjurkan pula ketika berada di kawasan Kelurahan mengenakan pakaian sopan dan tolong jnangan pula pakaimsepatu. 

Inilah perubahan paradigma pelaynan yang sudah mengarak pada jargon kalau bisa dipermudah kenapa dipersulit.  Selamat atas pelayanan memuaskan Kantor Kelurahan Rambutan. Semoga bisa terus  dipertahankan sesuai dengan tugas pokok dan funsi pemerintahan yaitu menjadim pelayan msyarakat . Satu lagi perubahan mendasar saat ini tidak ada lagi pungutan liar. Semua pelayanan tanpa dikenakan biaya  alias gratis.

RW 06 Kelurahan  Rambutan 15112019

Salamsalaman

TD

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun