Mohon tunggu...
Thalia Maisiedavita Siregar
Thalia Maisiedavita Siregar Mohon Tunggu... Lainnya - public relations uksw

Mahasiswa ilmu komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Menonton Film Berbahasa Inggris terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris Siswa SMA Sedes Sapientiae Bedono

3 Desember 2022   15:55 Diperbarui: 3 Desember 2022   16:07 2303
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang dampak menonton film barat berbahasa inggris terhadap kemampuan berbahasa inggris siswa-siswi SMA SEDES SAPIENTIAE BEDONO. Bahasa Inggris sebagai Bahasa internasional sangat penting dan digunakan di dunia perfilman di masa sekarang. Salah satu cara untuk belajar Bahasa inggris dengan cepat yaitu dengan menonton film barat berbahsa inggris. Tujuan penelitian ini antara lain mengetahui bagaimana dampak menonton film berbahasa Inggris terhadap peningkatan kemampuan berbahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif melalui angket yang disebar kepada sejumlah siswa SMA SEDES SAPIENTIAE BEDONO. Dari penelitian, penulis akan menganalisis jawaban responden dan menguraikan terkait dampak dari hal tersebut.

PENDAHULUAN

Bahasa merupakan alat kita sehari-hari untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekitar kita. Sebagai orang Indonesia, kita menggunakan Bahasa Indonesia dalam keseharian kita. Namun ada begitu banyak bahasa di dunia ini, salah satunya kita juga sering menggunakan Bahasa Inggris. Pada umunya, Bahasa Inggris juga merupakan salah satu bahasa internasional. Artinya, Bahasa Inggris sangat sering digunakan pada setiap negara, dan Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang umum di dunia. Hampir seluruh negara menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi, terkadang juga untuk bahasa sehari-hari.

Bahasa Inggris juga sering digunakan di dunia perfilman. Dan seperti yang kita ketahui, tidak sedikit orang yang menyukai film. Karena film merupakan salah satu alat penghibur bagi banyak orang. Apalagi di Indonesia, tidak sedikit orang di Indonesia yang menyukai film baik film indonesia maupun film barat. Film barat yang kebanyakan ditonton oleh para kaum muda salah satunya yaitu film berbahasa Inggris. Biasanya, kebanyakan dari mereka menggunakan subtitle agar dapat mengerti apa maksud cerita yang terdapat dalam cerita tersebut.

Namun selain untuk penghiburan, film juga memiliki kegunaan lain. Salah satunya untuk media pembelajaran bahasa. Contohnya film barat yang berbahasa Inggris dapat mengembangkan kemampuan kita untuk berbahasa Inggris, terutama bagi para kaum muda. Dengan kita menonton film berbahasa Inggris, kita dapat lebih terbiasa mendengar orang asing berbicara berbahasa Inggris. Dan jika menggunakan subtitle biasanya akan lebih mudah untuk kita, untuk dapat mengerti apa arti kalimat ataupun kata yang diucapkan. Dengan begitu kita dapat memahami bagaimana alur cerita dalam film tersebut. Jadi dengan menonton film kita dapat menambah kemampuan kita untuk berbahasa Inggris.

Terkait hal ini, maka di lingkungan SMA Sedes Bedono, angkatan ke-30 banyak siswa yang menonton film barat, berbahasa inggris dan belum menyadari bagaimana dampaknya terhadap kemampuan Bahasa inggris mereka. Pada artikel ilmiah inilah, membuktikan adanya dampak yang dapat meningkatkan kemampuan listening, speaking, vocabulary pada Bahasa Inggris. Penelitian ini difokuskan dan ditujukan kepada angkatan ke-30 SMA Sedes Bedono.

Bahasa

Bahasa merupakan alat seseorang untuk menyampaikan suatu hal kepada orang lain. Maka bahasa sangat penting bagi manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lain. Bahasa digunakan manusia untuk berkomunikasi dengan orang-orang yang berada di sekitarnya, baik jarak dekat maupun jarak jauh.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cetakan Pertama, Edisi IV, tahun 2008, Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang abriter, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Pemerolehan bahasa adalah suatu proses yang berlangsung di dalam otak seseorang kanak-kanan ketika dia memperoleh bahasa pertamanya atau bahasa ibunya (Chaer, 2002: 167). Menurut Suwarna (2002: 4) bahasa merupakan alat utama untuk berkomunikasi dalam kehidupan manusia, baik secara individu maupun kolektif sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun