Latar Belakang
Penelitian  dilaksanakan  di  Kelompok  A  TKS Q Babul Jadid dalam  tiga  siklus.  Tiap siklus sekali pertemuan dengan waktu 150 menit. Penelitian dilakukan dengan penggunaan media pembelajaran, yaitu : media berbasis teknologi dan manual media (Hasil kreatifitas guru).
Data  penelitian diambil menggunakan teknik tes,  dokumentasi dan  wawancara. Instrumen penelitian  menggunakan  lembar  hasil  belajar  dan  lembar  observasi.  Lembar  hasil  belajar digunakan untuk mencatat data kuantitatif berupa hasil belajar siswa sebelum siklus dan sesudah siklus.  Lembar  observasi  digunakan untuk  mencatat  data  kualitatif berupa  pengamatan tentang partisipasi siswa dalam kegiatan pembelajaran sebelum siklus dan sesudah siklus.
Analisis  data  menggunakan  teknik  deskriptif  analitik.  Data  kuantitatif  dari  lembar  hasil belajar diolah menggunakan analisis persentase. Data kualitatif dari lembar observasi, diklasifikasikan berdasarkan aspek-aspek yang dijadikan fokus analisis. Data kuantitatif dan data
kualitatif  kemudian  dikaitkan  sebagai  dasar  untuk  mendeskripsikan  keberhasilan  penerapan berbagai media pembelajaran, yang ditandai dengan meningkatnya hasil belajar materi rukun islam dan perubahan partisipasi (tingkah laku siswa di kelas) yang menyertainya.
Lingkup Penelitian
Lingkup penelitian dilaksanakan di TKS Q Babul Jadid kelas A dengan jumlah 12 Siswa
Signifikansi Penelitian
Dalam penelitian ini peneliti dapat menjabarkan bagaimana solusi untuk mengatasi hasil dan minat  belajar  siswa  pada  mata  pelajaran  Umum  di  TKS Q Babul Jadid  yang tergolong masih  rendah.  Hasil  penelitian  yang  peneliti  laksanakan  dapat  menjadi  bahan evaluasi dan pertimbangan dalam proses KBM kedepannya.
Manfaat Hasil Penelitian
a. Â Untuk Siswa
1) Â Minat belajar siswa pada mata pelajaran Umum dapat meningkat.
2)  Prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Umum  dapat meningkat.Â
b. Â Untuk Guru
1) Â Dapat menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dengan baik.
2) Â Dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif.Â
c. Â Untuk Sekolah
1) Â Sekolah dapat mengetahui kualitas guru dan siswa.
2) Â Sekolah dapat masukan yang positif guna peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Â Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI