Honda Vario 150 eSP sudah satu tahun lebih menemani perjalanan Sumber Dokpri
Alasan utama saya memilih Honda Vario 150 eSP sejak Maret 2015 lalu adalah karena kecepatannya. Dengan kapasitas mesinnya 150 cc, sudah bisa dipastikan jika kecepatannya ada diatas rata-rata sepeda motor matik sejenis lainnya. Dan ini sudah saya buktikan dengan melakukan perjalanan darat menggunakan Honda Vario 150 Sempurna ini dari Cianjur ke Surabaya. Mantap, secara keseluruhan saya angkat jempol untuk kecepatan, kekuatan, dan keamanannya.
Saya suka ngebut. Sebelum berkeluarga saya menggunakan sepeda motor jenis sport. Setelah menikah, semua itu perlahan saya tinggalkan. Kondisi keluarga besar pihak istri serta lingkungan yang masih awam akan suara bising knalpot membuat saya berusaha beradaptasi. Bagaimanapun kampung halaman istri di Cianjur Selatan jelas beda dengan kampung sendiri di Surabaya.
Pertama kali tahu Honda mengeluarkan seri skuter matik baru dengan berbagai kecanggihan pada awal tahun lalu, saya langsung jatuh cinta dan berniat memilikinya. Dengan modal yang saya pegang saat itu sekitar 6 juta rupiah saya memantapkan hati mengontak Budiman Pagelaran, sebuah daeler sepeda motor lokal yang ada di kota kecamatan Pagelaran dengan akses resmi ke Honda di Cianjur Kota.
Saya bilang, mau Honda Vario 150 eSP keluaran terbaru itu tapi punya dana minim. Gimana bisa dibantu gak? Pihak Budiman dengan ramah menyanggupi bisa, tapi harus menunggu karena saat itu barangnya (sepeda motor Honda Vario 150eSP) yang tersedia dalam lima pilihan warna coklat, putih, hitam metalik, hitam matte dan biru belum ada di Pagelaran. Barang adanya di Cianjur Kota dan itu perlu waktu. Setelah sepakat saya nunggu beberapa hari hingga melalui perantara Budiman, sepeda motor skuter matik terbaru dengan warna putih itu bisa saya miliki dengan tanggungan cicilan selama 17 bulan. Kewajiban saya selanjutnya membayar cicilan sekitar satu juta lebih per bulannya.
Belum dua bulan memiliki Honda Vario 150 eSP ini, saya mendadak ada kepentingan keluarga di Surabaya. Tidak ada waktu ngurus beli tiket bus dan atau kereta api, saya nekat mengendarai sepeda motor ini dari Cianjur melalui jalur lintas selatan menuju Surabaya. Berbekal doa selamat dari anak istri alhamdulillah saya bisa lancar di jalan dan sampai di tujuan tanpa kendala. Dalam perjalanan Cianjur - Surabaya yang saya tempuh itu saya sekaligus bisa mengetes langsung berbagai keunggulan si skuter matik Honda Vario 150 eSP ini.
Yang saya alami saat menggunakan Honda Vario 150 eSP ini paling menonjol adalah dari segi kecepatan dan iritnya bahan bakar. Hal ini sudah pasti berkat keberhasilan penerapan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) dan PGM-FI (Programmed Fuel Injection) nya. Teknologi yang mengatur asupan bahan bakar dengan udara secara elektronis menghasilkan pembakaran yang efisien mengurangi gesekan sehingga menekan energi yang terbuang. Keunggulan Honda Vario 150 eSP terbaru ini benar-benar bekerja secara optimal. Hampir dua hari dipakai secara terus-terusan daya tahan kendaraan tidak berkurang. Tenaga tetap kuat melesat meski saya jalankan nonstop. Saya akui ini memang luar biasa. Rasa aman saat melakukan perjalanan jauh tidak perlu diragukan lagi.
Meski kapasitas mesin 150 cc tergolong besar, dalam pengisian bahan bakar Honda Vario 150 eSP ini terbilang irit. Honda menerapkan teknologi ISS (Idling Stop System) yang gunanya mengatur mesin mati secara otomatis jika saat mengendarai sepeda motor ini kita berhenti lebih dari tiga detik. Sistem tumble mampu meratakan penyebaran bahan bakar sehingga pembakaran maksimal dengan hasil irit dan efektif. Sistem Side Switch Stand juga akan membantu mematikan mesin secara otomatis jika standar kita turunkan.
Perjalanan ke Jawa Timur kontur jalannya terbilang mulus dan lurus, beda dengan jalan di Cianjur Selatan yang naik turun dan banyak tikungan. Sistem Brake Lock atau penguncian motor melompat sangat membantu jika pengendara kehilangan kendali saat pertama menyalakan sepeda motor. Pengereman dengan Brake Lock System mencegah hal yang tidak diinginkan demi keselamatan pengendara. Sistem Combi Brake juga sangat membantu ketika kita melakukan pengereman mendadak saat kecepatan sedang tinggi. Dengan Combi Brake System, keseimbangan roda depan dan belakang otomatis terjaga sehingga pengereman lebih optimal.
Keunggulan lainnya dari Honda Vario 150 eSP ini ada pada sistem Dual Keen Eyes Led Headlight-nya. Sorot lampu yang maksimal sangat membantu saya melakukan perjalanan dalam kondisi gelap karena jalan tanpa penerangan atau ketika cuaca buruk dengan kontur jalan yang masih tidak mulus seperti di kampung tempat kami tinggal. Saya juga tidak khawatir saat meninggalkan sejenak sepeda motor di parkiran untuk ke kamar kecil karena motor tangguh ini memiliki sistem keamanan lubang kunci yang akan tertutup otomatis ketika kunci kontak kita cabut. Tidak perlu menggunakan kunci kontak untuk membuka jok pada saat akan mengisi bahan bakar atau mengambil/menyimpan barang di bagasi karena sudah dilengkapi tombol pembuka jok dekat lubang kunci.
Double Inner Rack cukup membantu menyimpan barang seperti minuman, atau barang-barang yang sering digunakan dalam perjalanan sehingga mudah diambil dan mudah disimpan dengan aman. Selain ada bagasi bawah jok yang sangat besar, bisa nyimpan helm, dan bahkan ketika saya melakukan perjalanan ke Surabaya, bagasi motor Honda Vario 150 eSP ini muat sampai lima stel pakaian saya lho! Begitu juga saat ke pasar tradisional, belanjaan harian bisa dengan aman masuk semuanya.
Tampilan Honda Vario 150 eSP yang tampak mewah dan elegan berkat polesan Headlight Garnish bisa kita temukan di beberapa bagian sepeda motor sehingga terlihat lebih berkarakter, stylish, dan macho. Tidak hanya di bagian kepala atau badan, tapi juga pada bagian radiator yang membuat tampilannya tampak lebih futuristik. Begitu juga knalpotnya, dengan Muffler Garnish membuat pelindung knalpot terlihat keren.
Sepulangnya dari Surabaya, saya merasa ban tubeless bawaan dari Honda agak licin. Ketika dibawa ke bengkel terdekat di Pagelaran, saya memilih untuk mengganti ban bawaan itu dengan ban biasa. Jalan yang dilalui sehari-hari bergelombang dan berbatu, sayang rasanya kalau memakai ban bawaan yang asli. Saya memilih menyimpan baik-baik ban tubeless bawaan dan memakai ban biasa untuk perjalanan sehari-hari.
Sedikit tips yang saya praktekkan, meski HondaVario 150 Sempurna ini dilengkapi berbagai kelengkapan serta fitur teknologi canggih, namun perawatan tetaplah harus dinomorsatukan. Service secara berkala, pengecekan spare part, pergantian oli dan lainnya tetap harus rutin dilakukan karena dengan perawatan yang baik maka kondisi sepeda motor akan tetap terjaga. Meski sudah berusia satu tahun lebih, tapi saya bisa menjamin jika kondisi sepeda motor saya ini masih mulus dan terawat. Tidak ada goresan karena perlindungan yang dimaksimalkan. Sehingga jika harus dijual, maka nilai tidak akan jatuh karena kualitas dan kondisi masih terjaga.
Sekarang kalau saya tidak kerja, Honda Vario 150 eSP ini saya pakai untuk mengantar jemput anak dan keponakan ke sekolah. Tidak tanggung-tanggung, empat orang anak sekaligus saya bawa sekali angkut antar jemput.
Kiranya sebagian kecil paparan dari pengalaman saya selama memiliki dan mengendarai Honda Vario 150 eSP ini cukup untuk menyimpulkan bahwa Honda Vario 150 sempurna. Saya tidak salah pilih membeli dan memakai Honda Vario 150 eSP dengan tampilannya yang maskulin, gagah, menarik, disertai tenaga yang kuat dan kencang dilengkapi sistem kecanggihan yang mendukung performanya demi menjaga keselamatan dan keamanan berkendaraan. Sepeda motor Honda Vario 150 eSP adalah sebuah inovasi yang sempurna dari Honda yang telah membuat saya jatuh cinta dan saya memang tidak salah pilih. Teknologi Honda yang mengeluarkan Vario 15o eSP sungguh luar biasa. Vario 150 sempurna.
Tidak terasa lebih satu tahun sudah saya menggunakan Honda Vario 150 eSP ini. Selama itu belum pernah sama sekali saya merasa dikecewakan olehnya. Yang ada sebaliknya, setiap melakukan perjalanan bersama Honda Vario 150 eSP saya merasa beruntung dan memiliki gengsi karena Honda Vario 150 eSP ini memiliki banyak kelebihan yang tidak dapat saya temui di kendaraan sejenis lainnya. (ol)
Note: Sumber pengalaman Mas Gion, tanpa penulis merubah isi cerita dan pengalamannya termasuk kata ganti orang.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H