Mohon tunggu...
Teshani Picaulima
Teshani Picaulima Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa

never a mistake, always a lesson

Selanjutnya

Tutup

Money

Rencana Pengembangan Usaha "Sora"

29 Mei 2019   22:11 Diperbarui: 29 Mei 2019   22:23 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

"Sora is a solution for urban people longing for a break from the hustle and bustle. Providing survival kits for your various urban situations, we're here to complete your daily essentials with products that you don't normally think about. The products include Commuter Kit for people who go through the hassle of day to day public transport, Apartment Kit for people who longs for more comfort in their homes, and The Deep Sleep Kit for people who craves a pleasant rest."

Berikut ini adalah Rencana Pengembangan Usaha yang akan 'Sora' lakukan setelah melakukan produksi dan penjualan:

1. Pengembangan atau penambahan varian produk

Salah satu upaya yang kami lakukan agar dapat mempertahankan pelanggan lama serta menarik pelanggan baru adalah dengan melakukan pengembangan atau penambahan produk baru dalam bisnis kami. Dengan melakukan pengembangan atau penambahan produk baru, kami juga dapat mempertahankan keunggulan kompetitif di antara para pesaing yang ada. Sebagai bisnis yang bergerak dibidang lifestyle, perkembangan merupakan hal yang terjadi dengan sangat cepat. Para pesaing kerap muncul dengan ide-ide baru yang inovatif dan menarik bagi para pelanggan. Oleh karena itu pengembangan atau penambahan produk baru dalam bisnis kami merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Rencana pengembangan usaha yang akan dilakukan oleh SORA adalah dengan menambah varian produk baru dalam survival kit kami. Kami melihat adanya peluang untuk mengembangkan suatu survival kit yang dibutuhkan oleh masyarakat urban ketika berpergian keluar kota atau keluar negeri. Selain itu kami sebagai mahasiswa juga melihat peluang untuk membuat suatu survival kit baru yang dapat memberikan kenyaman dan mempermudah para mahasiswa ketika mereka menghadapi ujian-ujian. Melihat banyaknya peluang untuk mengembangkan varian produk tersebut, kami tertarik untuk membuat dua survival kit terbaru yaitu travel kit dan exam 101 kit. 

Travel kit merupakan survival kit yang ditujukan kepada masyarakat urban sebagai kumpulan produk yang dapat membantu memberikan kenyamanan selama mereka bepergian, baik itu keluar kota maupun keluar negeri. Dalam survival kit tersebut, kami menawarkan beberapa produk seperti anti wrinkle spray, aromatherapy inhaler, ear plug, dan sleep eye mask. Anti wrinkle spray dapat digunakan bagi para traveller untuk merapikan baju mereka yang berkerut. Aromatherapy inhaler dapat digunakan untuk memberikan rasa nyaman bagi mereka di sepanjang perjalanan. Ear plug dan sleep eye mask dapat digunakan untuk membantu mereka menghindari hiruk pikuk yang ada di sekitar mereka dan mempermudah mereka untuk tidur di perjalanan.

Exam 101 kit merupakan survival kit yang ditujukan kepada masyarakat urban terutama mahasiswa dan pelajar sebagai kumpulan produk yang dapat membantu memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi mereka ketika menghadapi ujian-ujian. Dalam exam 101 survival kit tersebut, kami menawarkan beberapa produk seperti aromatherapy inhaler, dua aromatherapy candle dan pocket agenda. Aromatherapy inhaler dan aromatherapy candle dapat digunakan untuk memberikan rasa nyaman melalui aromanya yang memudahkan mereka untuk menghadapi berbagai ujian-ujian. Lalu pocket agenda yang dapat digunakan untuk membantu mereka mengorganisir jadwal kegiatan-kegiatan mereka sehari-harinya.

2. Pengembangan dan Penyesuaian Segmen Pelanggan

Pada bagian ini, pengembangan segmen pelanggan menyesuaikan dengan penambahan variasi produk yang telah direncanakan. Dengan menggunakan jenis segmentasi konsumen yaitu segmented, maka kami membedakan segmen pasar yang ada sesuai kebutuhan pelanggan dan masalahnya masing-masing. Adanya rencana untuk menambah varian produk baru yaitu travel kit dan exam 101 kit, maka terdapat penambahan segmentasi pasar sesuai dengan varian produk baru yang kami tawarkan, yaitu:

  1. Travel kit: Kumpulan produk ini ditujukan untuk para konsumen yang sedang atau sering bepergian, baik itu keluar kota maupun keluar negeri.

  2. Exam 101 kit: Kumpulan produk yang ditujukan untuk para mahasiswa dan pelajar yang sedang menghadapi ujian.

Namun adanya penambahan varian produk tersebut tidak mengubah target konsumen yang sudah ditetapkan pada awal perencanaan bisnis. Target konsumen kami merupakan masyarakat urban dengan penghasilan menengah keatas yang berumur 15-48 tahun.

3. Penyesuaian Value Proposition

  1. Compact

Nilai yang kami tawarkan dari produk kami yang membedakan dari produk pesaing kami yaitu Compact products, yang dimaksud dengan compact adalah serangkaian produk yang digabung dan dikelompokkan menjadi satu. Dengan ini, pelanggan tidak harus membeli dan mencari produk sendiri-sendiri, tetapi dimudahkan dengan kurasi produk yang telah kami kelompokkan menjadi satu sesuai kebutuhan. Produk kami menawarkan multiple product pada setiap kit, sehingga dengan mengelompokkannya menjadi satu juga memudahkan pelanggan untuk bisa membawa kit kami dalam perjalanan dengan mudah.

  1. Convenience 

Dalam proses pembuatan produk ini, kami tidak hanya melihat diri kami sebagai bisnis yang mencari untung, tetapi kami disini mencari solusi bagi pelanggan. Untuk melakukan itu kita harus berpikir sebagai pelanggan, apa yang menjadi kesulitan bagi mereka, itulah peluang kami untuk membantu. Bagi masyarakat urban kesulitan mereka salah satunya adalah kenyamanan, untuk mencapai kenyamanan tersebut dibutuhkan usaha yang lebih dan terkadang mereka enggan mencari itu. Oleh karena itu kami menawarkan solusi praktis untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat tanpa usaha ekstra yang tidak perlu.

  1. Practical 

Produk kami telah disesuaikan fungsinya sesuai dengan kebutuhan yang dihadapi pada setiap situasi dan kondisi yang ditujukan. Dalam proses pembuatan produk, kami telah melakukan pengkajian mengenai essential oil yang merupakan bahan utama dari produk-produk kami. Sehingga essential oil yang digunakan pada setiap produk memang memiliki khasiat masing-masing yang sesuai dengan kit yang ditujukan. Tujuan utama dari pilihan kombinasi essential oil yang digunakan ditujukan untuk memberikan kemudahan untuk tidur khusus untuk Deep Sleep Kit, serta memberikan kenyamanan dan mengurangi tekanan stress untuk Commuter Kit dan Apartment Kit. Sehingga, survival kit kami mampu memberikan solusi efektif untuk masalah yang ada dan cocok untuk situasi dimana produk kami dibutuhkan.

  1. Urgency 

Seperti yang telah dibahas di nilai kenyamanan, mencari solusi dari segala hiruk pikuk, nilai ini lebih ditekankan pada produk commuter kit kami. Ketika masyarakat mencari kenyamanan disaat yang mendesak yang melahirkan commuter kit.

  1. Stress Reduction

Inti dari produk kami adalah untuk menciptakan kenyamanan dari segala hiruk-pikuk kehidupan kota, kami harap dengan hanya meningkatkan kenyamanan satu individu akan berdampak bagi individu lain sehingga berdampak pada lingkungan sekitar, karena yang dibutuhkan adalah untuk memulai dari hal-hal yang kecil dengan harapan akan berdampak pada hal yang lebih besar. Kenyamanan diharapkan diperoleh dari semua kit yang ditawarkan, kenyamanan didesaknya perjalanan komuter, di tempat istirahat, sampai dalam tidur pulas pelanggan. Dengan menciptakan kenyamanan, diharapkan dapat mengurangi tekanan stres yang sedang dialami oleh pelanggan sehingga bisa menjalankan aktivitas keseharian secara maksimal.

4. Pengembangan dan Penyesuaian Hubungan Pelanggan

Untuk tahap awal bisnis kami telah membangun hubungan dengan pelanggan dalam bentuk Co-Creation dan Personal Assistance, yaitu dimana hubungan bersama pelanggan dapat dicapai melalui endorsement dimana influencer yang memiliki banyak pengikut di media sosialnya dan melalui platform mereka dapat mempromosikan produk kami dan juga melakukan kolaborasi bersama kami. Bentuk kerjasama kedua yaitu Personal Assistance, dimana bentuk hubungan ini disalurkan melalui Q&A box dalam platform Instagram, dimana pelanggan/ calon pelanggan bisa menanyakan informasi-informasi mengenai produk, dan hasil dari pertanyaan tersebut dapat dilihat oleh pengguna atau calon pengguna lainnya.

Namun untuk mengembangkan brand kami, Sora akan membangun sebuah komunitas untuk pelanggan-pelanggan kami sehingga dengan komunitas ini pelanggan kami dapat menyalurkan dan mengkomunikasikan segala hal tentang Sora pada sebuah platform. Komunitas pelanggan-pelanggan kami bisa menggunakan #LivewithSora, #TravelwithSora, dan #SleepwithSora. Brand Community merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan konsumen yang mengidentifikasi dirinya dengan sebuah brand tertentu. Pelanggan yang terorganisir menjadi brand community tersebut dapat berbagi pengalaman mengenai Sora dan memfasilitasi pertumbuhan brand kami dikarenakan menjadi sumber atas feedback yang berharga pada bisnis kami. Komunitas online juga dapat membantu memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Brand Community juga dapat memberikan konten di sekitar produk kami, sehingga meningkatkan awareness untuk Sora sekaligus menjadi ambassador bagi brand kami. Anggota dari komunitas ini akan mendapatkan beberapa hak istimewa seperti program yang berorientasi khusus dimana anggota akan memperoleh akses yang lebih mudah untuk aktivitas yang kami lakukan dan juga mendapat promosi-promosi khusus untuk anggota komunitas kami.

Selain itu, untuk membangun komunitas tersebut kami juga akan menekankan untuk menyelenggarakan aktivitas-aktivitas dimana pelanggan kami dapat berpartisipasi yaitu seperti Workshop dan Seminar. Workshop yang kami lakukan bisa berupa pelatihan membuat homemade candles, dimana pelanggan kami dapat ikut serta belajar mengenai proses candle-making. Selain itu, kami juga bisa ikut serta menyelenggarakan atau berpartisipasi pada seminar atau talkshow yang membahas mengenai meningkatnya tekanan stress pada masyarakat urban, agar memberikan awareness dan edukasi mengenai bahayanya tekanan stress pada kesehatan. Hal tersebut kami lakukan guna mendukung tujuan awal kami membuat bisnis ini yaitu untuk mengurangi tingkat stress yang ada pada masyarakat urban saat ini. 

5. Pengembangan dan Penyesuaian Saluran Pemasaran 

Saluran pemasaran yang digunakan oleh Sora saat ini dan di masa yang akan datang dalam memasarkan produk Survival Kit adalah dengan menggunakan direct marketing channel. Tim Sora akan melakukan pemasaran langsung kepada konsumen tanpa melalui tingkatan perantara distributor. Hal ini dilakukan untuk menunjang proses quality control yang lebih efektif agar hasil produksi tetap terjaga kualitasnya hingga ke tangan konsumen. Selain itu penggunaan distributor juga akan berpengaruh terhadap harga dari produk Sora. Dengan harga berbeda yang pastinya akan lebih tinggi dari harga yang sudah ditetapkan maka konsumen akan mempertimbangkan hal tersebut. Terlepas dari perantara distributor, Sora tetap akan menggunakan perantara fasilitator yang perannya tidak secara langsung melakukan kegiatan penjualan namun memiliki andil dalam menyampaikan barang kepada konsumen, contohnya seperti iklan. Platform yang akan digunakan untuk mengiklankan produk Sora adalah media sosial seperti Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram memiliki tingkat engagement yang tinggi dan iklan produk dapat ditujukan sesuai dengan segmentasi profil pengguna Instagram yang sesuai dengan segmentasi pasar dari Sora. Tim Sora ingin meningkatkan kesadaran (awareness) pelanggan atas produk yang ditawarkan sehingga penggunaan media sosial merupakan cara yang efektif dalam pengembangan direct marketing channel. Untuk melakukan pembelian, pelanggan juga dapat menghubungi Sora melalui akun media sosial Sora yaitu melalui direct message Instagram dan juga Line. Selain itu, Tim Sora juga akan mengandalkan strategi Word of Mouth pelanggan Sora kepada ruang lingkup sosialnya untuk mempromosikan produk Sora.  

Salah satu bentuk promosi yang akan dilakukan oleh Sora adalah dengan melalui endorsement pada media sosial Instagram. Strategi ini secara khusus akan lebih menekankan pada micro-influencer yang dinilai memiliki engagement yang tinggi dengan audiens nya di media sosial maupun jaringan sosialnya di kehidupan nyata melalui word of mouth. Alasan pemilihan micro-influencer berdasarkan beberapa hal. pertama, biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih kecil dibandingkan dengan influencer dengan nama yang sudah besar. Kedua, orang-orang yang tergolong sebagai micro-influencer dapat dilihat dengan jumlah pengikut akun Instagramnya yang belum terlalu banyak; masih di bawah 10.000-15.000 pengikut. Ketiga, Tim Sora dapat menilai apakah produk Sora sesuai dengan style dari influencer yang akan di endorse. Hal ini menjadi bahan pertimbangan agar produk yang dipromosikan kepada orang-orang yang dituju memiliki persebaran yang tidak abstrak melainkan tertuju pada audiens yang memiliki interest yang sama dengan segmentasi pasar Sora. Keempat, alasan lain pendekatan micro-influencer digunakan dalam strategi endorsement Sora adalah karena penyebaran yang dimulai dari sempit ke luas dinilai lebih efektif daripada penyebaran yang langsung pada audiens yang luas namun tidak jelas segmentasinya. Dengan strategi endorsement ini diharapkan produk Sora dapat lebih dikenal masyarakat luas melalui pendekatan micro-influencing.

6. Penyesuaian Aktivitas Utama

Aktivitas bisnis pada dasarnya memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dalam pelaksanaannya, kegiatan bisnis memiliki dua tujuan yang pertama adalah untuk mencari keuntungan dan menyampaikan nilai (value) dari produk. Dalam pelaksanaannya, Sora memiliki lima aktivitas utama yang terpenting dalam usaha ini yaitu:

  1. Control of production and manufacturing

Pengembangan dalam produksi dan manufaktur perlu ditingkatkan dengan menambah varian baru untuk kedepannya selain dari tiga varian yang sudah ada yaitu Commuter Kit, Apartment Kit dan Deep Sleep Kit. Untuk pengembangan dan kontrol dari produksi, Tim Sora akan menginvestasikan sebagian modalnya untuk pengembangan teknologi alat yang akan dibutuhkan dalam proses produksi. Hal ini dilakukan untuk menunjang peningkatan kualitas dari produk Sora

  1. Product and packaging design

Desain kemasan dari Sora merupakan hal yang tak kalah penting, bahkan menjadi salah satu aspek yang sangat diperhatikan oleh Tim Sora. Dengan tetap mengusung konsep simplicity, kemasan dari produk Sora harus berukuran pas untuk dapat dibawa kemana-mana. Selain itu desain yang minimalis namun tetap elegan juga menjadi konsep dari desain produk dan kemasan dari Sora

  1. Creating a branding strategy

Tim Sora juga merencanakan konsep dan strategi branding yang akan menekankan key value dari Sora yaitu Stress Reduction, Urgency, Practical, Convenience, Compact. Konsep yang akan dibawa adalah bahwa produk Sora menawarkan kenyamanan bagi konsumen dalam berbagai kondisi dan situasi tertentu serta kepraktisan melalui ukuran produk yang mudah dibawa kemanapun dan pilihan-pilihan produk yang telah kami sesuaikan dengan kebutuhan masyarakat urban. Penekanan akan nilai-nilai tersebut yang akan disalurkan dalam strategi branding SOra. 

  1. Marketing and promotion of the product

Pengemangan strategi marketing Sora akan tetap dilakukan melalui media sosial dan strategi word-of-mouth. Nilai-nilai yang ditawarkan oleh brand SORA akan disalurkan melalui promosi di berbagai media sosial seperti Instagram dan YouTube. Dalam akun Instagram, Tim Sora akan terus melakukan content producing sebagai bahan untuk diunggah ke akun media sosial dari Sora. Konten-konten tersebut dapat berupa katalog produk, video, social campaign dan lain sebagainya. Selain melakukan promosi melalui media sosial, Tim Sora juga akan bekerja sama dengan para micro influencer dengan cara mengirimkan produk Sora kepada mereka untuk mereka post dan review di media sosial mereka.

7. Penyesuaian Sumber Daya Utama

Sumber daya yang diperlukan untuk mencapai bisnis yang sukses, dengan catatan Sora merupakan bisnis yang baru dirintis, dipecah menjadi lima kategori: sumber daya keuangan, manusia, pendidikan, emosional dan fisik. Hal paling penting dalam memulai bisnis adalah pendanaan. membangun bisnis dalam kategori apapun, besar atau kecil, membutuhkan banyak biaya awal, dari membuat prototipe, melalui uji coba dan kesalahan pengembangan produk, memperkuat biaya pemasaran diawal untuk memperkenalkan produk kami ke pasar, dan hal-hal kecil penting yang membutuhkan pendanaan. Sumber daya keuangan dapat diperoleh dari berbagai sumber, yang paling mudah dan yang saat ini menjadi sumber keuangan kami adalah dari akun pribadi sora. Sumber lain yang bisa menjadi alternatif ke depannya adalah , pinjaman dan jalur kredit dapat diberikan dari lembaga keuangan, teman dan kerabat, investor swasta dan bahkan pihak pemerintah. Selain itu, banyak hibah ditawarkan dari sumber-sumber swasta dan publik untuk pengusaha kecil seperti kami.

Keberhasilan suatu organisasi sangat bergantung pada bakat dan kekuatan karyawannya. karena tim kami mengembangkan produk sendiri dengan bantuan vendor yang hanya menyediakan bahan kemasan, kami mengandalkan diri kami sebagai individu profesional dengan tanggung jawab masing-masing dari pembiayaan, operasional, pemasaran, pengembangan produk, dan lainnya, memastikan bahwa misi dan tujuan perusahaan akan dilakukan secara efisien dan dengan kompetensi. di masa depan ketika lebih banyak sumber daya manusia dibutuhkan, merekrut anggota tim baru dapat dilakukan melalui rujukan dari diri kita sendiri atau orang lain yang penilaiannya dipercaya. 

Mungkin sifat paling penting yang harus dimiliki oleh kami pemilik sora adalah keingin mendapatkan pengetahuan dari siapa saja dan dimana saja, sebanyak mungkin dengan belajar dari orang-orang yang memiliki lebih banyak pengalaman dalam industri ini, atau bahkan untuk mencari kekuatan dan kelemahan kami dari pesaing. Dengan memahami persaingan dan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang industri tempat kita berada, kami akan lebih siap untuk membuat keputusan yang lebih cerdas mengenai arah perusahaannya. Sumber daya pendidikan dalam kasus kami adalah untuk memperdalam keahlian di bidang aromaterapi yang dapat ditemukan melalui bergabung dengan workshop atau seminar atau bahkan memperoleh pengetahuan di bidang keahlian masing-masing, dari sisi bisnis.

Bagi kami yang baru memulai atau bahkan bisnis operasional besar lainnya harus memiliki sumber daya fisik yang sesuai untuk bisnis yang sedang dilakukan. Hal-hal yang kami butuhkan berupa ruang kerja yang layak dengan akses ke internet, ruang pengembangan produk yang tepat, bahkan sistem operasi yang efektif yang akan memudahkan bisnis kami. Aspek terakhir tidak kalah penting dari aspek lainnya, seperti yang diketahui memulai bisnis bisa menjadi upaya yang penuh dengan ketidakpastian. Untuk mempertahankan kelanjutan bisnis dan tetap termotivasi, penting bagi tim untuk memiliki pendukung yang dapat memberikan inspirasi dan bimbingan sesuai kebutuhan, maupun itu dari rekan bisnis lainnya, teman, keluarga atau bahkan mentor dari lingkungan profesional.

8. Pengembangan dan penyesuaian rekan kerja (partners)

Pada tahap awal memulai Sora, karena kami adalah tim yang hanya beranggotakan empat orang yang merasa terlalu banyak melakukan pekerjaan, sangat mempertimbangkan bekerja dengan mitra bisnis di masa depan. Dengan memiliki mitra bisnis tidak hanya dapat mendistribusikan beberapa pekerjaan, tapi memberi peluang untuk kami mencari ide-ide baru dan fokus pada pengembangan produk, selain itu dengan adanya mitra yang memahami bidang yang sama, kami dapat berbagi pengetahuan umum yang akan bermanfaat bagi kedua belah pihak. Mitra bisnis yang kami ingin rangkul adalah local curated department store seperti GOODS Dept, Canva Living, dan Eco zest. Peran mereka dalam membantu bisnis kami adalah sebagai tempat pemasaran serta tempat jual yang dilakukan secara offline atau secara fisik di toko mereka masing-masing yang terletak di berbagai gerai di daerah Jabodetabek, selain dari toko fisik, masing-masing dari toko ini memiliki website ritel online sendiri dimana terdapat produk-produk yang mereka jual.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun