Halo Teman Teman! Saya Tesa Sagari,Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan Saya Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah. Kali ini, saya akan berbagi tentang  Empat (4) Tahap Proses Pelataihan Pegawai Baru.
Selamat Membaca!
Pelatihan adalah suatu proses pengajaran jangka pendek dengan menggunakan peosedur yang sistematis dan terrorganisasi kepada pegawai baru atau lama agar dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam melakukan pekerjaan.
Empat (4) Tahap Proses Pelatihan  Pegawai Baru
1. Analisis KebutuhanÂ
 Analisis Kebutuhan suatu proses dalam mengidentifikasi pengetahauan dan keterampilan yang dibutuhkan oleh suatu pegawai,untuk kemudiana dibandingkan dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki  oleh seorang pegawai.
2. Disain Intruksional
 Disain Intruksional sebagai proses yang sistematis dalam tahap ini secara spesifik diformulasikan pengetahuan dan sasaran pelatihan yang ingin dicapai,serta persiapan yang dibutukan seperti,lembar kerja,latihan-latihan,serta kegiatan yang akan dilakukan,dan juga biaya yang dibutuhkan.
3. ImplementasiÂ
Implementasi merupakan tahapan dimana pelatihan akan dilaksanakan setelah melakukan tahap Disain Intruksional,apakah dengan on the jo training atau pelatihan secara online.
4.EvaluasiÂ
Evaluasi yaitu suatu proses menyediakan informasi sejauh mana kegiatan pelatiha itu dilaksanakan,dan juga pencapaian yang ada,serta manfaat yang ada setelah proses pelatihan dilaksanakan,apakah berjalan dengan baik atau tidak.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H