TUGAS MANAJEMEN PENDIDIKAN
TEODATA RAMA (131211031)
PRODI S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
UNIVERSTAS NGUDI WALUYO
MANAJEMEN FASILITAS DI SEKOLAH NEGERI PADA TINGKAT SEKOLAHÂ
DASAR KHUSUSNYA YANG BERADA DI PEDESAAN
Artikel ini akan membahas tentang Manajemen Fasilitas di Sekolah Negeri pada Tingkat Sekolah Dasar Khususnya Yang Berada di Pedesaan. Hal-hal yang akan ditonjolkan berkaitan dengan bentuk-bentuk fasiltas yang ada di sekolah dasar di daerah terpencil. Karena seperti yang ta tahu daerah pedalaman di Indonesia masih sangat banyak contohnya seperti di provinsi Papua, Kalimantan, NTT, NTB dan masih banyak lagi yang belum/tidak dapat dijangkau oleh pemerintah.
Sekolah merupakan rumah kedua bagi anak-anak. Didalam sekolah kita banyak belajar mengenai hal-hal yang sebelumnya belum kita ketahui . Selain tempat belajar sekolah juga merupakan tempat bagi anak-anak untuk menumbuhkan dan mengembangkan karakter. Melalui interaksi antar anak dan guru dan atau  antar anak dengan teman sebaya.
Untuk menunjang pembelajaran yang berkualitas diperlukan beberapa fasilitas yang baik dalam lingkungan sekolah. Adapun beberapa fasilitas di sekolah, yaitu seperti :
- Ruang Kelas.
- Ruang Laboratorium Komputer.
- Ruang Perpustakaan.
- Ruang Kegiatan OSIS /Ekstrakurikuler.
- Ruang UKS (Unit Kesehatan Sekolah)
- Ruang Laboratorium IPA.
- Lapangan Olahraga.
- Tempat Ibadah.
Banyak sekolah di daerah yang bisa terbilang jauh dari kota khususnya sekolah dasar negeri yang berada di pedesaan yang masih kurang fasilitasnya. Salah satunya adalah ruang kelas dan kursi meja sehingga saat penerimaan murid baru dan melebihi batas yang telah ditentukan banyak siswa yang harus duduk bertingaa hingga berempat dalam satu tempat duduk. Begitupun dengan ruang kelas karena kapasitas kelas yang digunakan tidak cukup murid terpaksa harus melakukan kegiatan belajar dengan bergantian sesi.
Siswa sekolah dasar masih sangat perlu untuk menambah pengetahuan karena tingkat rasa ingin tahu dan kemampuan ingatan mereka yang masih sangat kuat. Denagn mengajar menggunakan satu buku paket yang dipegang oleh guru pengajar siswa akan kesulitan dalan memehami materi yang disampaikan, Oleh sebab itu perlu adanya ruang perpustakaan dan beberapa stok buku paket pembelajaran yang cukup untuk semua siswa.
Masih banyak sekolah dasar yang berada di daerah pedesaan yang tidak memiliki cukup buku paket untuk siswanya. Untuk ruang perpustakaan sudah ada namun isinya belum lengkap. Tetapi hal itu tidak menyurutkan semangat guru untuk mengajar. Guru memiliki akal agar buku tersebut bisa di pelajari oleh semua siswa, yaitu dengan membuat kelompok belajar siswa. Dengan begitu siswa yang memiliki rumah berdekatan bisa  belajar bersama.
Di Indonesia masih banyak sekolah dasar negeri yang kurang fasilitasnya. Mengingat biaya yang diberikan pada sekolah merupakan biaya yang berasal dari negara. 1Sementara  sekolah dasar negeri yang harus dibiayai sebanyak 148,743 atau mayoritas 131,058 sekolah di antaranya merupakan SD negeri atau setara 88,1 % dari total SD ditanah air.
Banyak sekolah dasar yang berada di daerah pedalaman juga menjadi penghambat terpenuinya fasilitas sekolah. Pemenuhan fasilitas sekolah dapat terhambat terutama karena kondisi jalan yang masih sulit untuk dilewati seperti jalan yang belum di aspal/masih berupa tanah.
Kurangnya fasilitas di sekolah menjadi salah satu penghambat untuk mencapai tujuan pendidikan. Tak hanya guru yang akan mengalami kesulitan dalam mengajar, siswa juga akan mengalami keterlambatan pemahaman akan materi yang disampaikan. Hal ini sangat memperihatikan bagi kemajuan dunia sekarang ini . Berharap Indonesia akan menjadi negara maju namun pendidikannya masih ketinggalan jauh dari negara-ngara yang sudah maju. Bagaimana kita bisa menghasilkan manusia yang terdidik dan berkualitas jika bekal pengetahuan yang mereka miliki kurang. Maka dari itu perhatian pemerintah akan sekolah-sekolah di daerah pedesaan kususnya di pedalaman sangat di butuhkan. Kita tahu bahwa orang-orang yang tinggal di daerah pedalaman juga masih banyak dan akan terus  bertambah seirirng berjalannya waktu. Â
Untuk menunjang sekolah yang berkualitas dibutuhkan fasilitas yang baik dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah tersebut. Baik fasilitas  internal maupun fasilitas eksternal . Pemerintah jangan hanya memberi perhatian kepada sekolah-sekolah yang berada di perkotaan namun yang di pedalaman pun harus diperhatikan agar tujuan dari adanya pendidikan dapat tercapai. Generasi maju berasal dari kulitas pendidikan yang maju. Maju dalam hal didikan dan sarana dan prasarana yang di berikan oleh sekolah untuk menunjang keberlangsungan proses pendidikan.
Kesimpulan yang dapat diambil adalah untuk menciptakan negara yang maju perlu adanya generasi penerus yang baik dan memeiliki pengetahuan luas. Generasi maju tidak hanya berasal dari daerah yang berada di perkotaan tetapi di daerah pedalaman pun masih banyak anak-anak yang memiliki potensi yang besar untuk memajukan negara.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H