(BEST PRACTICES)
Â
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS 5 DI Â SD NEGERI WANASARI 06
Â
Â
Disusun oleh :
 Tenijah, S.Pd
Guru SDN Wanasari 06
Alhamduillah pada kesempatan ini, penulis telah melaksanakan praktik pembelajaran menggunakan model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan  tujuan meningkatkan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran tematik dikelas 5.
latar belakang terlaksananya kegiatan pembelajaran, ditemukan beberapa situasi seperti, peserta didik pasif, jarang bertanya, memberi pertanyaan jika ditanya oleh guru, Â saat merangkum materi pembelajaran siswa belum dapat memberikan kontribusi untuk merangkum materi pembelajaran, maka seorang guru memiliki peran dan tanggung jawab untuk memperbaiki situasi yang terjadi di dalam kelasnya.
Menurut undang-undang nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan pendidikan menengah .