Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan pengabdian di Sekolah Dasar Aisyiyah Kamila yang berlokasikan di Dinoyo. Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa merupakan program pengabdian yang diselenggarakan oleh pihak kampus sebagai wadah melakukan pengabdian. Pengabdian ini dilakukan selama satu bulan untuk menunjang keberhasilan pengabdian. PMM juga merupakan salah satu program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang ditujukan untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian UMM. Kelompok PMM ini berisikan 5 orang mahasiswa Ilmu Komunikasi, yakni Teguh Santoso Bagus Prayuda, Afif Nico Putra Farizy, Febriyan Maulana Rasidi, Siti Widya Nur Rahayu dan Anisa Nur Faizah.
Pengabdian ini dibuka dengan kegiatan Workshop. Workshop ini bertemakan "Workshop Strategi Branding Dan Promosi Sekolah Melalui Media Sosial". Kegiatan Workshop dilaksanakan pada Jumat, 4 Agustus 2023 di Laboratorium Komunikasi UMM. Pelatihan ini dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah SD Aisyiyah Kamila Reni Nur Farida, S.Pdi, M.Pd dan juga diikuti oleh 16 orang guru dari SD Aisyiyah Kamila sebagai lokasi pengabdian berlangsung. Materi pelatihan dipaparkan langsung oleh para Dosen Ilmu Komunikasi, yakni Dr. Farid Rusman, M.Si, Nasrullah, S.Sos, M.Si dan Sugeng Winarno, S.Sos, M.Si. Materi yang dipaparkan adalah seputar keilmuan mengenai optimasi media sosial dan juga branding. Pada Workshop ini, guru-guru akan dibekali ilmu terlebih dahulu mengenai strategi branding dan promosi, agar saat pengabdian kedepan dapat didampingi dalam melakukan perancangan dan pembuatan konten.
Dari Tim Mahasiswa juga memaparkan hasil riset media sosial SD Aisyiyah Kamila. Dari Hasil riset ini kemudian dibuat rancangan untuk konten selama satu bulan kedepan. Konten yang telah dirancang ini akan dieksekusi oleh Tim Humas SD Aisyiyah Kamila dan Tim PMM. Kegiatan yang dilakukan setelah melakukan pelatihan, yakni melakukan pendampingan perancangan dan pembuatan konten. Pengabdian ini lebih banyak melibatkan Staf Humas sekolah yang mengelola sosial media sekolah sekaligus membuat juga konten-konten.
Sosial media merupakan wadah yang sangat tepat dalam membangun brand identity yang kuat. Mengutip dari dataindonesia.id bahwa Laporan We Are Social menunjukkan, Jumlah pengguna yang aktif mengguna sosial media di Indonesia mencapai angka 167 juta orang pada Januari 2023. Angka tersebut setara dengan 60,4% dari jumlah populasi di Indonesia. Berangkat dari data ini, maka sosial media merupakan wadah yang tepat untuk membangun brand identity dan melakukan promosi, tentunya dengan strategi yang tepat.
Fokus pengabdian ini selain membangun brand identity juga membantu staf humas sekolah dalam membuat perancangan konten selama 2 minggu hingga 1 bulan ke depan. Mengingat kesibukan guru yang cukup padat, tentunya perancangan seperti ini sangat dibutuhkan agar staf humas sekolah memiliki target yang jelas dalam mengembangkan sosial media sekolah.
Pada Minggu pertama dan minggu kedua Tim PMM secara penuh memegang kendali atas pembuatan konten. Kegiatan diawal ini dimaksudkan agar guru-guru dapat melihat sembari mengambil ilmu bagaimana proses pembuatan konten hingga proses upload konten. Tim PMM pun juga mengajari beberapa elemen-elemen penting dalam pembuatan konten seperti pengambilan gambar, pemilihan warna, font dan elemen penting lainnya.
Masuk ke minggu ketiga dan minggu keempat Tim PMM mengadakan sharing session yang berjudul "Sharing Session Optimasi Media Sosial". Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Humas Umam Rojin, S.Pt dan juga Staf Humas Widha Shofiatuz Zahro, S.Pd dan Dyah Avica Sekarwati, S.Pd. Sharing Session ini merupakan kegiatan yang bertujuan untuk membagikan ilmu kepada humas sekolah mengenai cara membuat perancangan konten atau yang biasa disebut dengan Content Pilar dan Content Plan, Selanjutnya pada tahap ini humas diharapkan dapat secara mandiri membuat Content Plan, Content Pilar, pembuatan konten hingga upload konten.
Pada Kegiatan selanjutnya setelah mengadakan sharing session, Tim PMM melakukan pendampingan dalam pembuat Content Pilar dan Content Plan. Pada tahap ini humas sekolah diarahkan membuat perencanaan konten untuk 3 minggu kedepan. Hal ini dilakukan untuk menunjang keberhasilan pengabdian, agar humas sekolah dapat terus menerapkan ilmu yang telah diserap dari Workshop dan Sharing Session sebelumnya.
Sebagai bentuk keberhasilan pengabdian, selanjutnya Tim PMM melakukan pendampingan dalam pembuatan konten. Konten ini merupakan hasil eksekusi dari rancangan yang telah dibuat sebelumnya. Konten ini sepenuhnya dibuat oleh humas sekolah dengan beberapa arahan dari Tim PMM. Pada momen ini, humas mulai mandiri dalam membuat konten-konten.
Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) yang berlangsung selama satu bulan ini diharapkan dapat memberikan efek perubahan dalam segi optimasi sosial media sekolah. Pihak sekolah, mulai dari Kepala Sekolah dan Staf Humas juga sangat menerima pengabdian ini dan berharap akan ada pengabdian lagi pada gelombang selanjutnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H