Mohon tunggu...
Teguh Pengabdian
Teguh Pengabdian Mohon Tunggu... Mahasiswa di Fakultas Ekonomi UII, Badan Pengurus Harian Islamic Economics Study Club (IESC), Muallim dan Tim Koordinator Lapangan Ta'lim FE UII. -

IG : @teguhpengabdian LINE : teguhpengabdian

Selanjutnya

Tutup

Money

Memahami Setiap Tingkatan Strategi dalam Pemasaran

5 Januari 2018   07:59 Diperbarui: 5 Januari 2018   08:25 2296
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Sebagai seorang pembelajar, terlebih lagi dalam bidang ekonomi, kitapun harus mengetahui bagaimana tingkatan-tingkatan strategi yang ada pada perusahaan dalam memasarkan produknya.

Secara umum, ada 3 tingkatan strategi, yaitu pada level Korporasi, Sub Unit Bisnis, dan pada tingkatan fugnsional.

1. Korporasi

Pada tingkatan ini, ada 5 aspek yang akan menjadi acuan, diantaranya;

- Cakupan, Visi dan Misi.

Pada bagian ini, hal yang harus diperhatikan adalah terkait area bisnis, segmentasi pasar, tekhnologi yang digunakan, dan harapan kinerja yang ingin dicapai.

- Tujuan

Area kinerja yang diperhatikan meliputi area fungsional, inovasi, produktifitas, dan tanggungjawab sosial, serta kerangka waktu.

- Pengembangan strategi

Adalah cara bagaimana untuk tumbuh, memahami inti bisnis dan diversifikasi.

- Alokasi sumberdaya

Memahami setiap sub unit bisnis dan protofolio perusahaan.

- Sinergi sumber

Memahami kompetensi perusahaan dalam meningkatkan kinerja perusahaan, serta area dan langkah-langkah untuk meningkatkan efisiensi

2. Sub Unit Bisnis

Ada 3 poin yang menjadi acuan, yakni:

- Menyediakan satu jenis produk pasar

- Memliki kontrol penuh untuk meningkatkan kinerja SBU

- Memiliki tanggungjawab terhadap laba yang dihasilkan

3. Fungsional

Pada tingkatan ini, tidak terlepas dari 4 area, diantaranya adalah:

- Pemasaran, yakni bagaimana agar produk yang dihasilkan perusahaan dapat diterima oleh konsumen

- Operasional, yakni menghasilkan produk yang sesuai dengan tuntutan strategi korporasi

- Sumber Daya Manusia, yakni bagaimana menghasilkan karyawan dan pekerja yang mampu menjadi sumber keunggulan kompetitif

- Keuangan, yakni mengelola keuangan perusahaan agar dapat dipergunakan dengan sebaik mungkin sehingga ketika diperbandingkan dari laba yang dihasilkan dengan biaya yang dikeluarkan mendapatkan hasil yang maksimal dimana laba yang didapat memiliki rentang yang cukup jauh diatas biaya.

Itulah 3 aspek yang terkait dengan tingkatan strategi pada perusahaan, meskipun tidak mendetil dipaparkan, namun secara umum bisa menambah wawasan para pembaca semua :). Semoga bermanfaat.

Bagi teman-teman yang ingin berdiskusi dengan saya lebih lanjut, bisa mengikuti My private Social Media:

IG : Teguh Pengabdian | Line : teguhpengabdian | FB : Muhammad Teguh Pengabdian

dan Bisa juga mengikuti my Official Account "Jannah Hunters" :

Line : @smr6321q | Youtube : Jannah Hunters

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun