Mohon tunggu...
tegarsianipar
tegarsianipar Mohon Tunggu... Freelancer - "Si Vis Pacem, Para Bellum"

Buku, Saham, Musik, Bola dan Imajinasi

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Siapa Bilang Toko Buku akan Kiamat?

7 Agustus 2023   10:40 Diperbarui: 7 Agustus 2023   10:54 394
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar Pengunjung Toko Buku Gramedia Jln.Gajah Mada Kota Medan (Dok.Pribadi)

Semenjak ramai berita toko buku GA gulung tikar saya termasuk yang jadi cukup khawatir para pembisnis di bidang penerbitan buku cetak akan segera mengakhir bisnisnya atau beralih ke produk digital seperti e-book.

Siapa yang bakal tahu dimasa depan bahwa buku pun bisa dijual dalam bentuk digital?, tidak ada yang pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan dengan tepat dan jelas.

Barangkali begitu juga yang terjadi pada banyak bisnis-bisnis besar lainnya seperti Nokia, atau Toko Buku (GA).

Sebagai penikmat buku cetak, saya lebih senang membaca buku cetak ketimbang e-book, oleh karena itu saya lebih senang buku dijual dan dipasarkan di toko buku.

Banyak isu atau analisis yang memprediksi bahwa bisnis toko buku cetak akan segera kolaps, namun pandangan saya berbeda ketika saya mengamati pengunjung toko buku favorit saya di kota saya, yakni kota medan.

Toko buku favorit saya adalah Gramedia, saya sering berkunjung ke Gramedia di Jln. Gajah Mada, Kota Medan. Barangkali para pembaca ada juga yang berasal dari kota Medan, kalau suka buku pasti saya kira tahu toko buku yang saya bicarakan ini.

Gambar Para Pengunjung Untuk Antri Bayar Buku (Sumber : Dok.Pribadi)
Gambar Para Pengunjung Untuk Antri Bayar Buku (Sumber : Dok.Pribadi)

Semalam, 06 Agustus 2023. Saya baru saja kembali berkunjung ke toko buku favorit saya itu, tadinya hanya mau lihat-liat saja sih tapi ya begitulah namanya juga suka maunya langsung dibawa pulang buku-buku yang saya suka.

Saya menaruh perhatian pada buku-buku di rak Best seller, samaa seperti kunjungan sebelumnya saya membeli satu buku yang cukup menarik dari rak buku best seller, judulnya "The Art of The Good Life" karya Rolf Dobelli, setelah saya baca bukunya cukup menarik, untuk memahami situasi dunia saat ini dari sudut pandang filosofi stoikisme. 

Nah, tadi malam ketika berkunjung kembali perhatian saya tertuju pada satu buku dengan judul "Disruption" karya pak Rhenald Kasali. Saya lihat ada label "Mega Best Seller" dibuku itu. Selain itu saya juga cukup mengikuti pemikiran pak Rhenald Kasali, saya kira pikiran-pikiran pak Rhenald cukup otentik dan aplikatif untuk digunakan sebagai senjata pikiran menghadapi masa kehidupan seperti sekarang ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun