Tadi malam ibu saya mengeluh ketika saya baru bangun tidur siang, saya tanya kenapa, ibu bilang bahwa token pulsa listrik yang dibeli tidak bisa dimasukan ke meteran, ibu saya mengajak panik dan kesal, karena ia membeli 100rb, jumlah yang dapat membuat seorang ibu-ibu panik dan kesal apabila terjadi trouble.
Sampai akhirnya ibu saya menyuruh saya untuk menelpon nomor pengaduan PLN ke 123, namun saya tidak punya pulsa untuk menelpon, lagi pula saya tahu jika saya menelpon biaya nya akan mahal, ibu saya juga mengajak saya ke kantor PLN nya langsung di jalan. durung dekat rumah saya juga, namun saya katakan buat apa, toh juga mereka sudah tutup.
Oleh karena desakan panik ibu saya, saya pun lantas berpikir bagaimana untuk menyelesaikan masalah tersebut, saya pun mencoba mencari artikel di google tentang persoalan tersebut namun tak kunjung saya temukan yang benar-benar valid, akhirnya saya juga mencari cara penyelesaian nya ke Youtube, namun konten yang saya temukan panjang sekali penjelasan nya dan juga kurang jelas.
Lalu saya teringat bahwa pacar saya pernah juga mengalami masalah serupa, token pulsa listrik yang dibelinya tidak bisa masuk ke meteran, lalu saya langsung saja chat WA dia, dan dia pun menyarankan saya agar mendownload aplikasi PLN Mobile di playstore dan juga membuat pengaduan.
Setelah saya pelajari ternyata cara nya cukup mudah, berikut cara yang saya lakukan untuk mengatasi nya :Â
1. Download aplikasi PLN Mobile di playstore
2. Setelah itu, klik icon pengaduan
3. lalu klik bagian kWh Meter saya menunjukan "PERIKSA"
4. setelah itu, klik tulisan "Ajukan pengaduan"
5. Pilih provinsi tempat tinggal
6. lalu masukan nomor ID pelangganÂ
7. setelah masuk, profile akan menunjukan alamat dan nama pemilik meteran listrik
8. setelah itu klik tampilan tersebut dan tentukan titip lokasi rumah kitaÂ
9. setelah itu, isi pengaduan kita di kolom deskripsi, kemarin saya mengisi seperti berikut "Saya beli token listrik, tapi token nya tidak masuk ke meteran dan tulisan nya menunjukan periksa"
10. setelah itu foto meteran listrik kamu
11. setelah selesai pengaduan kita akan terbit dan bisa di cek di menu profil, lalu klik daftar riwayat dan klik ikon pengaduan.
12. setelah itu terbitlah pengaduan kitaÂ
Lalu ketika semua sudah selesai PLN akan menunjukan nama petugas yang akan menghubungi kita tentang cara penyelesaiannya.Â
Kemarin saya hanya menunggu sekitar 15 menit setelah pengaduan saya terbit, dan laporan saya langsung direspon oleh petugas, saya langsung dihubungi lewat Whatsapp dan diajari cara menyelesaikanya. Dan setelah itu saya disuruh menekan beberapa kombinasi angka di meteran listrik, lalu memasukan token listrik yang saya beli tadi dan ternyata sudah bisa dan tombol lampu menunjukan ke warna hijau yang artinya sudah masuk.
Terima kasih PLN Mobile, untuk fast respon nya.Â
Demikian artikel ini saya tulis, semoga bermanfaat.
Terima kasih.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H