Mohon tunggu...
Tegar Aditya Nugraha
Tegar Aditya Nugraha Mohon Tunggu... Penulis - Crypto enthusiast

Demystifying the world of crypto and igniting financial freedom

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

30+ Contoh Soal Pilihan Ganda TIK Kelas 12 (SMA/MA) Bab 1 Perangkat Lunak Beserta Jawabannya

28 September 2023   17:29 Diperbarui: 28 September 2023   17:42 5134
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Halo semuanya apa kabar? Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan kembali contoh soal TIK pilihan ganda kelas 12 semester 1 (Bab 1 Perangkat Lunak), yang bisa teman-teman gunakan untuk latihan soal, ataupun persiapan ujian sekolah.  Soal-soal dibawah ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan teman-teman semua dalam belajar, baik disekolah maupun dirumah.

Berikut ini adalah Soal Pilihan Ganda TIK kelas 12 (SMA/MA) Semester 1 

Apa yang dimaksud dengan brainware dalam teks di atas?

 A. Perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai otak 

B. Perangkat lunak komputer yang berisi program atau instruksi 

C. Pengguna komputer yang mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak 

D. Sistem operasi komputer yang mengatur kerja perangkat keras dan perangkat lunak 

E. Jaringan komputer yang menghubungkan perangkat keras dan perangkat lunak

Apa yang menjadi syarat agar komputer dapat membantu pekerjaan manusia?

A. Komputer harus memiliki perangkat keras dan perangkat lunak yang canggih B. Komputer harus memiliki pengguna yang mengoperasikan perangkat keras dan perangkat lunak 

C. Komputer harus memiliki sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan pengguna D. Komputer harus memiliki jaringan internet yang cepat dan stabil 

E. Komputer harus memiliki antivirus yang mampu melindungi dari serangan virus

Apa yang menjadi fungsi perangkat lunak dalam komputer?

A. Menyimpan data dan informasi yang dihasilkan oleh komputer 

B. Mengirim dan menerima data dan informasi melalui jaringan komputer 

C. Menjalankan program atau instruksi yang diberikan oleh pengguna komputer D. Mengatur kerja perangkat keras sesuai dengan input dan output yang diinginkan E. Menampilkan grafis dan animasi yang menarik pada layar monitor

Apa yang menjadi contoh perangkat keras dalam komputer?

A. Microsoft Word, Excel, PowerPoint 

B. Windows, Linux, Mac OS 

C. Keyboard, mouse, monitor 

D. Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera E. Facebook, Twitter, Instagram

Apa yang menjadi dampak jika tidak ada pengguna komputer?

A. Komputer tidak dapat berfungsi sama sekali 

B. Komputer dapat berfungsi secara otomatis 

C. Komputer dapat berfungsi dengan bantuan perangkat lain 

D. Komputer dapat berfungsi sesuai dengan program yang telah ditetapkan 

E. Komputer dapat berfungsi dengan cara yang tidak terduga

Apa yang dimaksud dengan perangkat lunak menurut IEEE Standard Glossary?

A. Kumpulan program, prosedur, dan data yang saling mendukung dan menyelesaikan masalah di dunia nyata 

B. Kumpulan perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna yang saling berinteraksi dan bekerja sama 

C. Kumpulan instruksi, algoritma, dan kode yang saling terkait dan menghasilkan output tertentu 

D. Kumpulan komponen, modul, dan fungsi yang saling terintegrasi dan membentuk sebuah sistem 

E. Kumpulan aplikasi, software, dan game yang saling bersaing dan menarik perhatian pengguna

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak yang berfungsi sebagai fungsi dasar suatu komputer?

A. Microsoft Word, Excel, PowerPoint 

B. Windows, Linux, Mac OS 

C. Keyboard, mouse, monitor 

D. Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera E. Facebook, Twitter, Instagram

Apa yang menjadi fungsi perangkat lunak dalam mengatur semua perangkat keras yang ada pada komputer?

A. Menyimpan data dan informasi yang dihasilkan oleh komputer 

B. Mengirim dan menerima data dan informasi melalui jaringan komputer 

C. Menjalankan program atau instruksi yang diberikan oleh pengguna komputer D. Mengatur kerja perangkat keras sesuai dengan input dan output yang diinginkan E. Menampilkan grafis dan animasi yang menarik pada layar monitor

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak yang berisi program atau instruksi?

Pilihan: A. Microsoft Word, Excel, PowerPoint 

B. Windows, Linux, Mac OS 

C. Keyboard, mouse, monitor 

D. Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera E. Facebook, Twitter, Instagram

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak yang berfungsi untuk mengirim dan menerima data dan informasi melalui jaringan komputer?

A. Microsoft Word, Excel, PowerPoint 

B. Windows, Linux, Mac OS 

C. Keyboard, mouse, monitor 

D. Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera E. Facebook, Twitter, Instagram

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak yang berfungsi untuk menampilkan grafis dan animasi yang menarik pada layar monitor?

A. Microsoft Word, Excel, PowerPoint 

B. Windows, Linux, Mac OS 

C. Keyboard, mouse, monitor 

D. Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera E. Facebook, Twitter, Instagram

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak yang berfungsi untuk menyimpan data dan informasi yang dihasilkan oleh komputer?

A. Microsoft Word, Excel, PowerPoint 

B. Windows Explorer (File Manager), Finder (Mac OS) 

C. Keyboard, mouse, monitor 

D. Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera E. Facebook, Twitter, Instagram

Apa yang menjadi tujuan dari belajar program/perangkat lunak komputer?

A. Mengetahui kualitas suatu program/perangkat lunak dan dapat melakukan modifikasi program/perangkat lunak 

B. Mengetahui cara membuat program/perangkat lunak dan dapat menjual program/perangkat lunak 

C. Mengetahui sejarah perkembangan program/perangkat lunak dan dapat mengapresiasi program/perangkat lunak D. Mengetahui jenis-jenis program/perangkat lunak dan dapat memilih program/perangkat lunak yang sesuai

E. Mengetahui kelebihan dan kekurangan program/perangkat lunak dan dapat memberikan saran kepada pengembang program/perangkat lunak

Apa yang menjadi contoh modifikasi program/perangkat lunak?

A. Mengubah tampilan atau warna program/perangkat lunak sesuai dengan selera pengguna 

B. Menghapus atau menambahkan fitur atau fungsi program/perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan pengguna 

C. Membuat atau mengunduh versi baru atau terbaru dari program/perangkat lunak sesuai dengan perkembangan teknologi 

D. Memperbaiki atau menghilangkan bug atau kesalahan program/perangkat lunak sesuai dengan laporan pengguna 

E. Semua jawaban di atas benar

Apa yang menjadi contoh kualitas suatu program/perangkat lunak?

A. Kecepatan, keamanan, kestabilan, keterbacaan, keteruji 

B. Kecantikan, keindahan, kesenangan, kebahagiaan, kepuasan 

C. Kemudahan, kenyamanan, kepraktisan, keefektifan, keefisienan

D. Kekuatan, ketangguhan, ketahanan, keandalan, keberlanjutan 

E. Semua jawaban di atas benar

Apa yang menjadi perbedaan antara produk perangkat keras dan produk perangkat lunak?

A. Produk perangkat keras dibuat berdasarkan pemesanan atau paket, sedangkan produk perangkat lunak dibuat berdasarkan standar atau umum 

B. Produk perangkat keras dibuat oleh programmer dan developer, sedangkan produk perangkat lunak dibuat oleh insinyur dan teknisi

C. Produk perangkat keras dibuat, dikembangkan, dan direkayasa, sedangkan produk perangkat lunak hanya dibuat dan dikembangkan 

D. Produk perangkat keras dibuat dengan bahan fisik, sedangkan produk perangkat lunak dibuat dengan bahasa pemrograman 

E. Produk perangkat keras dibuat dengan tujuan tertentu, sedangkan produk perangkat lunak dibuat dengan tujuan umum

Apa yang dimaksud dengan software shrink-wrapped?

A. Perangkat lunak yang dikemas dalam kemasan plastik atau kertas 

B. Perangkat lunak yang diproduksi secara massal dan dijual ke pasar terbuka 

C. Perangkat lunak yang disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pelanggan 

D. Perangkat lunak yang memiliki ukuran file yang kecil dan mudah diinstal 

E. Perangkat lunak yang memiliki fitur-fitur yang lengkap dan canggih

Apa yang menjadi contoh produk generik (umum) dari perangkat lunak?

A. Sistem operasi, aplikasi office, utility, dan editor 

B. Aplikasi bank, aplikasi supermarket, dan aplikasi kantor 

C. Aplikasi game, aplikasi musik, dan aplikasi video 

D. Aplikasi antivirus, aplikasi firewall, dan aplikasi backup 

E. Aplikasi web, aplikasi mobile, dan aplikasi desktop

Apa yang menjadi contoh produk pesanan dari perangkat lunak?

A. Sistem operasi, aplikasi office, utility, dan editor 

B. Aplikasi bank, aplikasi supermarket, dan aplikasi kantor 

C. Aplikasi game, aplikasi musik, dan aplikasi video 

D. Aplikasi antivirus, aplikasi firewall, dan aplikasi backup 

E. Aplikasi web, aplikasi mobile, dan aplikasi desktop

Apa yang menjadi keuntungan dari menggunakan produk perangkat lunak original?

A. Mendapatkan dukungan teknis dari pengembang perangkat lunak 

B. Mendapatkan update terbaru dari pengembang perangkat lunak 

C. Mendapatkan lisensi resmi dari pengembang perangkat lunak 

D. Mendapatkan fitur-fitur tambahan dari pengembang perangkat lunak 

E. Semua jawaban di atas benar

Apa yang menjadi keuntungan dari menggunakan produk pesanan?

A. Memenuhi kebutuhan sesuai permintaan pelanggan 

B. Memiliki spesifikasi yang dikontrol oleh pelanggan 

C. Memiliki kualitas yang tinggi sesuai standar pelanggan 

D. Memiliki harga yang murah sesuai anggaran pelanggan 

E. Semua jawaban di atas benar

Apa yang menjadi kerugian dari menggunakan produk generik (umum)?

A. Tidak sesuai dengan kebutuhan khusus pelanggan 

B. Tidak memiliki spesifikasi yang dapat diubah oleh pelanggan 

C. Tidak memiliki kualitas yang terjamin oleh pengembang perangkat lunak 

D. Tidak memiliki harga yang kompetitif di pasar terbuka 

E. Semua jawaban di atas benar

Apa yang menjadi kerugian dari menggunakan produk pesanan?

A. Membutuhkan waktu yang lama untuk dibuat dan dikembangkan 

B. Membutuhkan biaya yang besar untuk dibuat dan dikembangkan 

C. Membutuhkan komunikasi yang intensif antara pelanggan dan pengembang perangkat lunak 

D. Membutuhkan dokumentasi yang lengkap dan rinci untuk perangkat lunak 

E. Semua jawaban di atas benar

Apa yang menjadi contoh jenis aplikasi perangkat lunak?

A. Aplikasi web, aplikasi mobile, dan aplikasi desktop 

B. Aplikasi game, aplikasi musik, dan aplikasi video 

C. Aplikasi antivirus, aplikasi firewall, dan aplikasi backup 

D. Aplikasi bank, aplikasi supermarket, dan aplikasi kantor 

E. Semua jawaban di atas benar

Apa yang menjadi perbedaan antara aplikasi web, aplikasi mobile, dan aplikasi desktop?

A. Aplikasi web berjalan di browser, aplikasi mobile berjalan di smartphone, dan aplikasi desktop berjalan di komputer

B. Aplikasi web membutuhkan koneksi internet, aplikasi mobile tidak membutuhkan koneksi internet, dan aplikasi desktop tergantung pada fitur-fiturnya 

C. Aplikasi web menggunakan bahasa pemrograman web, aplikasi mobile menggunakan bahasa pemrograman mobile, dan aplikasi desktop menggunakan bahasa pemrograman desktop 

D. Aplikasi web memiliki antarmuka yang sederhana, aplikasi mobile memiliki antarmuka yang menarik, dan aplikasi desktop memiliki antarmuka yang kompleks 

E. Semua jawaban di atas benar

Apa yang menjadi fungsi utama dari perangkat lunak sistem?

A. Melayani atau menunjang program lainnya 

B. Memonitor, menganalisis, atau mengontrol kejadian dunia nyata 

C. Menangani hal-hal bidang keteknikan atau ilmu pengetahuan 

D. Mengolah data atau menghasilkan keputusan 

E. Memberikan informasi atau spesifikasi dari suatu sistem

Apa yang menjadi ciri khas dari perangkat lunak waktu nyata?

A. Dapat merespons kejadian dunia nyata dalam waktu yang cepat 

B. Dapat dilekatkan pada perangkat lainnya baik perangkat keras maupun perangkat lunak 

C. Dapat menangani hal-hal yang rinci dan kompleks 

D. Dapat mengolah data dan menghasilkan keputusan tertentu 

E. Dapat memberikan informasi yang diperlukan oleh pengguna

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak teknik dan ilmu pengetahuan?

A. Sistem operasi, driver, compiler, editor B. Pengontrol keasaman tabung reaksi, pengontrol arus udara, pengontrol reaksi nuklir 

C. Simulasi vulkanologi, astronomi, dinamika orbit pesawat ruang angkasa, analisis otomatif, otomasi pabrik, biologi molekuler 

D. Pengolah statistik dan billing telepon 

E. Website dan perpustakaan digital

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak embedded system?

A. Sistem operasi, driver, compiler, editor B. Pengontrol keasaman tabung reaksi, pengontrol arus udara, pengontrol reaksi nuklir 

C. Simulasi vulkanologi, astronomi, dinamika orbit pesawat ruang angkasa, analisis otomatif, otomasi pabrik, biologi molekuler 

D. Pengolah statistik dan billing telepon 

E. Microwave, kamera digital, dan GPS

Jawaban: E. Microwave, kamera digital, dan GPS

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak pengolah data?

Pilihan: A. Sistem operasi, driver, compiler, editor 

B. Pengontrol keasaman tabung reaksi, pengontrol arus udara, pengontrol reaksi nuklir 

C. Simulasi vulkanologi, astronomi, dinamika orbit pesawat ruang angkasa, analisis otomatif, otomasi pabrik, biologi molekuler 

D. Pengolah statistik dan billing telepon 

E. Website dan perpustakaan digital

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak sistem informasi?

Pilihan: A. Sistem operasi, driver, compiler, editor 

B. Pengontrol keasaman tabung reaksi, pengontrol arus udara, pengontrol reaksi nuklir 

C. Simulasi vulkanologi, astronomi, dinamika orbit pesawat ruang angkasa, analisis otomatif, otomasi pabrik, biologi molekuler 

D. Pengolah statistik dan billing telepon 

E. Website dan perpustakaan digital

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak sensor?

A. Sistem operasi, driver, compiler, editor 

B. Pengontrol keasaman tabung reaksi, pengontrol arus udara, pengontrol reaksi nuklir 

C. Simulasi vulkanologi, astronomi, dinamika orbit pesawat ruang angkasa, analisis otomatif, otomasi pabrik, biologi molekuler 

D. Pengolah statistik dan billing telepon 

E. Pengatur suhu ruangan dan mesin absensi

Apa yang menjadi perbedaan antara perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi?

A. Perangkat lunak sistem digunakan untuk melayani atau menunjang program lainnya, sedangkan perangkat lunak aplikasi digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengguna 

B. Perangkat lunak sistem digunakan untuk memonitor, menganalisis, atau mengontrol kejadian dunia nyata, sedangkan perangkat lunak aplikasi digunakan untuk menangani hal-hal bidang keteknikan atau ilmu pengetahuan

C. Perangkat lunak sistem digunakan untuk menangani hal-hal yang rinci dan kompleks, sedangkan perangkat lunak aplikasi digunakan untuk mengolah data atau menghasilkan keputusan 

D. Perangkat lunak sistem digunakan untuk mengolah data atau menghasilkan keputusan, sedangkan perangkat lunak aplikasi digunakan untuk memberikan informasi atau spesifikasi dari suatu sistem E. Semua jawaban di atas salah

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak aplikasi?

A. Sistem operasi, driver, compiler, editor B. Pengontrol keasaman tabung reaksi, pengontrol arus udara, pengontrol reaksi nuklir 

C. Simulasi vulkanologi, astronomi, dinamika orbit pesawat ruang angkasa, analisis otomatif, otomasi pabrik, biologi molekuler 

D. Pengolah statistik dan billing telepon 

E. Semua jawaban di atas benar

Apa yang menjadi contoh perangkat lunak yang berada di processor telekomunikasi?

Pilihan: A. Sistem operasi, driver, compiler, editor 

B. Pengontrol keasaman tabung reaksi, pengontrol arus udara, pengontrol reaksi nuklir 

C. Simulasi vulkanologi, astronomi, dinamika orbit pesawat ruang angkasa, analisis otomatif, otomasi pabrik, biologi molekuler 

D. Pengolah statistik dan billing telepon 

E. Tidak ada jawaban yang benar

Jawaban dari soal-soal diatas bisa kalian lihat disini

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
  17. 17
  18. 18
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun