Dalam menjalankan tugasnya sebagai satuan keamanan yang memberikan pelayanan dengan hati kepada setiap pengguna kereta api, petugas security KAI Services banyak yang mendapatkan apresiasi dari masyarakat berkat tindakan dan sikap humanis dan tetap siaga dalam menjalankan tugas pelayanan kepada penumpang.Â
Berikut 5 satuan keamanan yang pernah menjadi perhatian masyarakat berkat aksinya yang humanis dan amanah dalam menjalankan tugasnya.
1. Â Â Â Â Â Kisah Security yang Viral Menolong Seorang Ibu di KRLÂ
Seorang petugas Security bernama Mustahila, pernah mendapatkan apresiasi dari masyarakat berkat aksinya yang humanis menolong seorang penumpang bernama Andari saat naik KRL dan terbaring lemah di dalam KRL. Dalam foto yang beredar luas di khalayak umum tergambar pengguna commuterline yang berbaring di kursi prioritas yang sudah diizinkan petugas Pengamanan (PAM) Pengawalan Kereta (Walka). Penumpang bernama Andari itu diketahui sedang sakit dalam perjalanan commuterline No.4166 relasi Jakarta Kota- Bogor pada Rabu (7/12/2022).
2. Aksi Security yang Viral membantu Kaum Disabilitas
Aksi viral seorang petugas keamanan di Stasiun Bojong Gede turut memancing perhatian dari PT KAI (Persero), melalui KAI Services selaku anak usaha. Sebagaimana diketahui, seorang security Stasiun Bojong Gede belakangan viral di akun Tiktok. Berkat aksi menolong penyandang disabilitas tuna netra di Stasiun Bojong Gede, Depok, Jawa Barat pada pertengahan Oktober 2024 lalu.
Dalam video berdurasi 22 detik tersebut seorang petugas keamanan mendorong kursi roda diikuti dengan 3 orang penyandang disabilitas tuna netra dibelakangnya dan berjalan menuju pintu keluar stasiun.
3. Â Â Â Â Â Security KRL yang Temukan Uang 3 Juta dan Dikembalikan ke Pemiliknya
Seorang Security KAI Services juga pernah viral berkat aksinya yang menemukan amplop berisi uang Rp. 3 juta dan memilih menyerahkan secara utuh agar bisa dikembalikan kepada pemiliknya. Cuitan tersebut dibagikan akun twitter @zoelfick pada sabtu (4/3/2023) lalu. Berkat aksinya yang memberikan pelayanan dengan hati tersebut, security ini mendapatkan apresiasi dari KAI Services.
4. Â Â Â Â Â Viral di Tiktok, Petugas Keamanan dan Cleaning Membantu Penumpang yang terjebak Hujan Deras di Stasiun ManggaraiÂ
Seorang petugas keamanan di Stasiun Manggarai terlihat memberikan arahan kepada para penumpang saat terjadi hujan deras di area Stasiun Manggarai pada Senin (2/12). Video petugas security yang tetap siaga bertugas ini viral di akun tiktok @clinomvia yang merekam situasi hujan deras di Stasiun Manggarai.
Dalam video tersebut tergambar betapa sang petugas security menjaga penumpang dengan memberi aba-aba dengan meniup peluit kepada penumpang yang hendak melintas di peron Stasiun Manggarai agar tidak terpeleset dan memandu agar penumpang tetap berada pada jalur peron menuju KRL.
5. Â Â Â Â Â Petugas Security Stasiun Semarang Tawang yang Mengamankan Barang Penumpang yang Tertinggal
Petugas Security Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng bernama Ahmad Hidayatul Ikhsan, berhasil mengamankan barang penumpang yang tertinggal di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, berupa, tas berwarna coklat dengan merk Louis Vuitton yang berisi 5 buah emas batangan 100 gr, 17 lembar mata uang asing, charger, kunci, 2 buah buku tabungan, dompet berisi kartu, 5 buah voucher, 2 lembar STNK, dan bukti diri (KTP, SIM) dengan taksiran barang senilai 510 juta rupiah.
Atas integritas dan kejujuran yang telah dilakukan oleh Petugas Security Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng bernama Ahmad Hidayatul Ikhsan ini, KAI Services memberikan apresiasi dan menggelar kegiatan apresiasi penghargaan karyawan Akhlak Memorable Amanah dan Integritas di Ruang Meeting Command Center, Kamis (2/5/2024).
Menurut Vice President Corporate Secretary KAI Services, Rachman Firhan, KAI Services memberikan apresiasi untuk para petugas satuan keamanan yang sudah memberikan pelayanan dengan hati dengan bersikap tegas namun humanis dalam menjalankan tugas. "Kami mencatat ada beberapa petugas satuan keamanan yang mendapatkan apresiasi dari masyarakat karena aksinya yang humanis dan amanah dalam memberikan pelayanan kepada penumpang kereta," ujar Firhan.
Firhan menambahkan. guna meningkatkan pelayanan dari seluruh aspek keamanan tentu akan ada monitoring dan evaluasi berkala sehingga outputnya dapat langsung dirasakan oleh pelanggan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H