Mohon tunggu...
taufiq urrahman
taufiq urrahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Magister Manajemen Pendidikan Islam UIN Jakarta

Tidak ada cara lain memperbaiki nasib selain dengan pendidkan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Strategi Mewujudkan Sekolah Efektif

29 Juli 2023   03:07 Diperbarui: 25 April 2024   20:53 367
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sekolah mempunyai peran penting dalam mencerdaskan maupun meningkatkan potensi anak bangsa. Pada hakikatnya sekolah merupakan wadah bagi para pelajar untuk menemukan keahalian dari peserta didik sehingga memilik kehidupan yang cemerlang di masa depan.

Memasuki abad 21 ini, sekolah dituntut untuk cepet beradaptasi dengan teknologi. Para pendidik diharapkan memanfaatkan teknologi sebaik mungkin, dalam kegiatan belajar mengajar pendidik diharapakan sekreatif mungungkin memanfaatkan teknlogi dalam pembelajaran.

Selain melaksanakan kegiatan belajar mengajar sekolah memiliki tanggung jawab lebih dari itu, sekolah diharapkan oleh masyarakat menjawab tantangan-tangangan para pesrata didik kedepannya pasca lulus dari lembaga pendidikan. Oleh karenanya, selain melaksanakan pembelajaran sesuai kurikulum sekolah diharuskan memiliki kegiatan-kegiatan diluar kelas yang dapat meningkatkan potensi dan keterampilan peserta didik.

Sekolah efektif ialah sekolah yang mampu mengelola sumber daya manusia secara maksimal untuk kemajuan peserta didik dan lembaga pendidikan. Sekolah efektif membentuk peserta didik yang kelak mampu bersaing secara global dengan keahliannya masing-masing. Menciptakan sekolah yang efektif tentu bukan hal yang mudah, butuh proses panjang dan kaloborasi yang baik antara kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan. Kepala sekolah memegang peran penting dalam menciptakan sekolah yang efektif, kebijakan kepala sekolah bisa menghasilkan program-program yang meningkatkan kualitas sekolah tersebut.

Meurut Sagala (2008) sekolah yang efektif hanya akan tercapai apabila memenuhi komponen karaktersitik sekolah efektif antara lain: manajemen, kepemimpinan, komitmen, lingkungan strategis, harapan, iklim sekolah, dan peran pemerintah.

Manajemen dan kepemimpinan kepala sekolah sangat dibutuhkan dalam mewujudkan sekolah yang efektif, kepala sekolah sebagai pemimpin hendaklah mampu mengelola lembaga pendidikan yang diampunya. Kebijakan-kebijakan kepala sekolah diprioritaskan kepada kepentingan-kepentingan peserta didik.

Dalam mewujudkan sekolah yang efektif pihak sekolah harus memfokuskan pada pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas peserta didik baik dari hal akademik amupun non akademik. Adapun strategi mewujudkan sekolah efektif antara lain : pertama, sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan warga sekolah, sumber day manusia merupakan faktor yang sangat mempengaruhi terciptanya sekolah yang efektif, keefektifan sekolah apabila memiliki sumberdaya manusia yang mumpuni. Sumber daya manusia dalam lingkungan pendidikan ialah pendidik dan tenaga kependidikan, pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kompetensi dan kualifikasi unggul akan sangat membantu dengan mudah sekolah mengimplementasikan strategi-strategi pendidikan.

Kedua, visi dan misi sesuai kebutuhan zaman. Visi dan misi menjadi landasan sebuah organisasi dalam bergerak menjalankan roda organisasinya, visi dan misi dalam pendidikan diharuskan sesuai dengan kebutuhan pada saat ini. Pada abad ini semua pekerjaan  dan aktivitas berdampingan dengan teknologi, maka visi dan misi yang disusun oleh sekolah harus berorientasi kepada teknologi. Visi dan misi diarahkan untuk menciptakan peserta didik yang mampu bersaing dengan tidak meninggalkan nilai-nilai kebaikan.

Ketiga, komunikasi yang baik. Komunikasi sangat diperlukan dalam organisasi, komunikasi yang baik akan menciptakan suasana yang baik sehingga tercipta kinerja yang baik. Kepala sekolah sebagai pimpinan organisi perlu melakukan komunikasi secara intens kepada pendidik maupun tenaga kependidikan, karena komunikasi sangat berpengaruh terhadap kinerja seseorang. Komunikasi diusahakan menciptakan suasana yang hangat, ceria, menari akan tetapi tidak meninggalkan tujuan dari komunikasi itu sendiri.

Keempat, memfasilitasi kebutuhan pendidik dan peserta didik. Fasilitas menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh guru dan siswa untuk mencapai kesuksesan dalam pembelajaran, oleh karenanya sekolah diharapkan memenuhi kebutuhan fasilitas peserta didik khususnys fasilitas pendidik. Untuk mengetahui kebutuhan apa saja yang dibutuhkan oleh pendidik, sekolah mesti membuka diri menerima masukan dari pendidik secara langsung.

Kelima, memiliki program unggulan. Program unggulan adalah program khusus yang dirancang khusus untuk meningkatkan potensi pesrta didik, selain itu program unggulan juga menjadi ciri khas sekolah kelak.

Dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Magister Manjemen Pendidikan Islam UIN Jakarta (24/02) berusaha menciptakan sekolah efektif di sekolah Tahfidz Ash-Shiddiq Tangerang Selatan. Dengan mengoptimalkan efisiensi sumber daya warga sekolah, diharapkan dapat mewujudkan sekolah yang dapat melanjutkan perkembangan sistem pendidikan dan mampu bersaing secara global.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun