===
Idealnya, Kuttab hanyalah lembaga non formal,lalu berkembang menjadi sistem sekolah yang modern dengan kekhasan tersendiri.
Dalam rilis Republika, sekolah model kuttab sudah ada sebelum era Islam, namun mulai dikenal saat Islam berkembang: dari model halaqah ke model kuttab, lalu menjadi lembaga resmi selevel Nizamiyah di Baghdad. Dari era Umayyah hingga Abbasiyah (abad 7 sd 12 M).
Karena berbasis pada pola pendidikan Islam yang relatif murni (walau tidak konservativ), maka model sekolah kuttab menjadi alternatif pendidikan dasar dalam dimensi pendidikan Islam modern.
Dalam arti, Â bahwa sekolah kuttab memberi ruang yang lebar bagi pengembangan kepribadian Islam yang utuh di fase awal pertumbuhan anak.
Fase formal kuttab dimulai sejak usia 5 sd 12 tahun. disinyalir bahwa fase dibawah itu, mutlak dipengaruhi oleh pola pendidikan di rumah/keluarga.
Dalam rilis Kuttab Budi Anshari, level belajar di Kuttab ada dua, pertama  awwal dan kedua,  qanun.
Kuttab Awwal, menjtikberatkan pada membaca dan menulis Alquran.namun orientasi yang hendak dibangun adalah keimanan dan nilai nilai Tauhid. mereka. menyebut: iman sebelum alquran dan membaca sebelum menulis, Â menghafal sebelum menganalisa, dst.
Begitupun pada Qanun, namun lebih berat pada dimensi bahasa, Â adab dan kemandirian dengan mencontoh pola sirah nabawiyah: Mereka menyebut, Â adab sebelum ilmu, pendengaran sebelum penglihatan, dst.
Implementasi model kuttab tentu tidak bisa sama persis,  juga terkait dengan muatan nilai karakter kebangsaan (profil pancasila) yang tidak berseberangan dengan nilai dasar Islam. Relevansi itu  bisa diterapkan secara bertahap dalam jam yang sama atau pada waktu yang dikhususkan.
Asumsi penulis, model sekolah kuttab akan mempercepat penguatan hasil pendidilkan siswa dan akan lebih otentik dengak watak fitrahnya (sebagai muslim),Â
Sehingga diharapkan pada usia baligh, masuk ke akhir SMP, para siswa sudah bisa belajar kejuruan dan profesi lalu mengambil sertifikat ahli dengan mekanisme tersendiri atau dengan jalur konvensional seperti sekarang.
Sudah jamak kita ketahui, dan kita mungkin menyetujui,  bahwa pendidikan dasar awal kita yang 6 tahun itu (SD sekarang) adalah waktu yang panjang untuk persiapan  siswa dengan materi kurikuler yang padat (hampir tidak relevan dengan kebutuhan usianya) adalah bentuk kemubaziran waktu.
Maka sejak awal sekolah kuttab muncul, era 80an disebut Maktab di beberapa daerah Indonesia, ia menyiasati kekosongan yang diperoleh pelajar Islam dalam pendidikan formalnya.
====
Oleh Taufik Sentana
Praktisi Pendidikan Islam. untuk Albanna International college Aceh.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H