Mohon tunggu...
Taufiq
Taufiq Mohon Tunggu... Penulis - Copywriter

Hi gue Taufiq, gue seorang copywriter dengan pengalaman lebih dari 2 tahun. Gue seneng bahas teknologi, bisnis, artificial intelligence, dan digital marketing, gue juga bahas soal copywriting di akun linkedin pribadi gue, boleh langsung klik logo linkedin di profil gue ya. Follow untuk dapet update artikel terbaru dari gue ya!

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence

Mengenal WhatsApp Blast Salah Satu Strategi Digital Marketing yang Bisa Mendongkrak Penjualan

25 September 2024   14:47 Diperbarui: 25 September 2024   15:38 33
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan yang sangat populer di dunia, situs Oberlo melaporkan per juni 2024 pengguna aplikasi WhatsApp mencapai 2,96 miliar di seluruh dunia. Sementara dilansir dari Word Visualized di indonesia sendiri pengguna WhatsApp mencapai 86.9 juta jiwa. 

Seiring dengan banyaknya pengguna WhatsApp ini, mulai banyak bisnis yang menggunakan WhatsApp sebagai sarana komunikasi dan promosi. Potensi ini mulai dilirik oleh pebisnis untuk meningkatkan penjualana melalui aplikasi WhatsApp dengan memanfaatkan tools WhatsApp API untuk melakukan blast marketing kepada banyak pelanggan.

Namun memanfaatkan WhatsApp untuk melakukan blast marketing bukanlah hal yang mudah, maka dari itu WhatsApp marketing perlu didukung oleh tools yang dapat membantu memasarkan produk. Lantas apa itu WhatsApp blast? dan bagaimana WhatsApp blasat membantu mendongkrak penjualan? Simak jawabannya pada artikel berikut ini.


Apa itu WhatsApp Blast?


WhatsApp Blast adalah metode pengiriman pesan massal ke banyak kontak secara sekaligus melalui WhatsApp. Ini sering digunakan oleh bisnis atau organisasi untuk menyebarkan informasi, promosi, atau pengumuman ke banyak orang secara efisien. Namun, penggunaan WhatsApp Blast harus mematuhi kebijakan privasi WhatsApp dan menghindari pengiriman pesan yang tidak diinginkan (spam), karena bisa menyebabkan akun terblokir. Biasanya, untuk melakukan WhatsApp Blast, digunakan aplikasi atau layanan pihak ketiga yang mendukung pengiriman pesan ke banyak nomor dalam satu waktu.

Mengapa WhatsApp Blast Efektif Untuk Marketing?

WhatsApp Blast memiliki beberapa keunggulan yang menjadikannya alat marketing yang efektif, berikut beberapa alasannya :

Tingkat Pesan Langsung Dibaca Tinggi

WhatsApp memiliki tingkat buka pesan yang jauh lebih tinggi dibandingkan email atau SMS. Rata-rata, pesan WhatsApp dibuka dalam hitungan menit setelah diterima, sehingga peluang untuk dilihat oleh pelanggan sangat besar. Ini membuat WhatsApp Blast sangat cocok untuk promosi waktu terbatas atau pengumuman penting.

Pesan Terasa Lebih Personal

Meskipun pesan dikirim massal, dengan WhatsApp Blast, kamu dapat menyesuaikan pesan sesuai dengan karakteristik atau preferensi pelanggan, memberikan sentuhan personal yang meningkatkan kedekatan dan kepercayaan. Ini bisa sesederhana menyapa pelanggan dengan nama mereka atau mengirimkan penawaran yang relevan dengan riwayat pembelian mereka.

Komunikasi Dua Arah

Berbeda dengan iklan di media sosial atau email, WhatsApp memungkinkan interaksi langsung dengan pelanggan. Pelanggan bisa membalas pesan dan bertanya lebih lanjut tentang produk atau promosi, menciptakan komunikasi dua arah yang lebih efektif. Peluang ini meningkatkan engagement dan mempermudah proses closing penjualan.

Jangkauan Luas dan Respons Cepat

Karena mayoritas orang menggunakan WhatsApp secara aktif sehari-hari, pesan yang dikirim melalui WhatsApp cenderung diterima dan dibalas dengan cepat. Hal ini meningkatkan peluang untuk mengonversi prospek menjadi pembeli dalam waktu singkat.

Cara Menggunakan WhatsApp Blast yang Efektif

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar strategi marketing WhatsApp Blast berjalan lebih efektif, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan :

Segmentasi Daftar Kontak

Pada beberapa tools WhatsApp Blast kamu bisa melakukan penyesuaian target audiens kamu berdasarkan segmentasi kontak atau database yang kamu miliki seperti menyesuaikan preferensi, usia, lokasi, atau riwayat pembelian mereka. Dengan begitu pesan yang dikirimkan lebih relevan dan memiliki peluang besar untuk meningkatkan penjualan.

Buat Copywriting yang Menarik

Buatlah struktur copywriting yang jelas dan menarik, hindari pesan yang terlalu panjang dan bertele-tele sehingga membuat penerima malas membacanya. Jangan lupa untuk sertakan call-to-action agar orang mau melakukan tindakan seperti yang kamu minta, contoh "klik sekarang untuk dapatkan diskon" atau "dapatkan segera" kamu bisa terus mencoba formula yang berbeda-beda untuk mendapatkan formula yang tepat dan terbaik.

Jadwalkan Pengiriman Pada Jam yang Sesuai

Lakukan riset pada pelanggan kamu, seperti dijam berapa pelanggan kamu paling sering membuka WhatsApp, seperti pagi hari sebelum berangkat kerja atau sore hari setelah pulang kerja, agar pesan kamu sampai pada waktu yang tepat dan langsung dibuka oleh mereka. Hindari mengirim pesan di jam-jam yang tidak tepat seperti tengah malam atau jam-jam lain yang mungkin orang sedang tidak membuka WhatsApp.

Gunakan Konten Visual

WhatsApp mendukung pengiriman gambar, video, dan dokumen. Manfaatkan fitur ini untuk membuat pesan lebih menarik. Misalnya, kamu bisa menyertakan gambar produk, video penjelasan singkat, atau brosur digital yang mudah diakses.

Tidak Melanggar Kebijakan Privasi

Hindari mengirim pesan spam. Pastikan kamu hanya mengirim pesan kepada orang-orang yang telah memberikan izin untuk dihubungi. Pelanggaran kebijakan privasi dapat menyebabkan akun WhatsApp bisnis kamu diblokir. Selalu prioritaskan membangun hubungan yang baik dengan pelanggan. Gunakan tools WhatsApp API ari pihak ketiga untuk melakukan blast pada WhatsApp agar pesan kamu tidak terdeteksi sebagai sebuah pesan spam oleh WhatsApp itu sendiri.

Keuntungan WhatsApp Blast Bagi Penjualan

Strategi WhatsApp Blast yang dijalankan dengan baik dapat meningkatkan penjualan secara signifikan, berikut beberapa keuntungan yang dapat dirasakan :

Meningkatkan Awareness

WhatsApp dapat menjangkau banyak orang dalam waktu singkat, dengan menyebarkan promosi tentang produk terbaru bisnis dapat meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap brand atau produk mereka. Semakin banyak orang yang mengetahui produk kamu maka peluang untuk meningkatkan penjualan semakin besar.

Mendorong Penjualan Lebih Cepat

Promosi waktu terbatas atau diskon khusus dapat mendorong pelanggan untuk segera melakukan pembelian. Pesan langsung di WhatsApp juga mempermudah proses penjualan karena pelanggan bisa segera menghubungi bisnis untuk bertanya lebih lanjut atau melakukan pemesanan.

Menghemat Waktu dan Tenaga

Daripada mengirim pesan satu per satu, WhatsApp Blast memungkinkan bisnis untuk mengirim pesan secara massal dalam satu kali kirim. Ini sangat menghemat waktu dan tenaga, terutama untuk bisnis yang memiliki banyak pelanggan.

Kesimpulan

WhatsApp Blast adalah strategi marketing yang efektif dan efisien untuk membantu mendongkrak penjualan. Dengan jangkauan yang luas, interaksi yang lebih personal, dan biaya yang terjangkau, WhatsApp Blast bisa menjadi alat andalan bagi bisnis untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan dan meningkatkan konversi penjualan. Namun, pastikan untuk selalu menggunakannya dengan bijak dan mematuhi kebijakan privasi untuk menjaga kepercayaan pelanggan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun