Customer loyalty adalah salah satu bagian dari digital marketing yang cukup penting bagi bisnis, banyak bisnis bersaing demi mendapatkan customer loyalty atau kesetiaan pelanggan. Kesetiaan pelanggan menjadi faktor yang penting untuk keberlangsungan bisnis jangka panjang, lalu apa sebenarnya customer loyalty itu? Dan bagaimana ChatBot bisa membantu untuk meningkatkan customer loyalty, simak penjelasannya pada artikel berikut.
Apa Itu Customer Loyalty?
Dilansir dari Hubspot customer loyalty adalah keinginan pelanggan untuk membeli sebuah produk atau bekerjasama dengan sebuah brand secara terus-menerus. Hal itu hasil dari usaha brand dalam membangun customer experience, kepuasan pelanggan, dan mendapatkan umpan balik yang positif untuk pelanggan.
Untuk mendapatkan umpan balik yang baik dari pelanggan, brand harus konsisten memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Dengan memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan, brand bisa membangun customer loyalty agar bisnis bisa berkembang lebih cepat.
Mengapa Customer Loyalty Penting
Customer loyalty sangat penting bagi perkembangan brand, berikut alasan mengapa customer loyalty itu penting :
Efisiensi Biaya
Membangun customer loyalty adalah salah satu hal yang pentin bagi brand, meskipun begitu customer loyalty sering dilupakan oleh brand. Brand biasanya terlalu fokus untuk mendapatkan pelanggan baru dan sering melupakan pelanggan yang sudah ada.
Mempertahankan pelanggan yang sudah ada melalui berbagai program memang membutuhkan biaya, namun biayanya jauh lebih hemat dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkan pelanggan baru.
Mendatangkan Keuntungan Lebih Banyak
Walaupun sering terlupakan, pelanggan yang sudah loyal justru bisa memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan pelanggan baru. Ketika pelanggan sudah percaya terhadap brand mereka cenderung mau membayar lebih untuk produk dan layanan brand tersebut.
Selain itu pelanggan yang sudah loyal akan lebih sering melakukan pembelian dibandingkan dengan pengguna baru. Hal ini bisa mendatangkan keuntungan lebih banyak bagi brand.
Brand Ambassador Gratis
Customer yang loyal bisa menjadi ambassador gratis bagi brand, ketika pelanggan puas dengan produk dan layanan brand, mereka akan merekomendasikan brand kepada orang disekitar mereka tanpa diminta.
Hal ini bisa mendatangkan customer baru tanpa harus melakukan pemasaran yang lebih jauh, dengan adanya customer loyalty, brand bisa lebih banyak dikenal orang tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.
Mengurangi Keraguan Konsumen
Tanpa Anda sadari semakin hari perilaku konsumen semakin berubah, salah satunya menjadi semakin labil dalam melakukan transaksi. Maka dari itu penting untuk melakukan pendekatan kepada konsumen untuk mencegah terjadinya kelabilan tersbebut.
Cara Membangun Customer Loyalty
Ada banyak cara atau strategi untuk membangun customer loyalty, berikut beberapa cara untuk membangun customer loyalty :
Customer Service
Customer akan senang jika mendapatkan layanan yang memuaskan dari perusahaan atau brand, pelanggan juga membutuhkan layanan yang cepat serta nonstop dari customer service. Dengan bantuan ChatBot perusahaan bisa memberikan layanan yang cepat dan akurat, serta nonstop selama 24/7. Perusahaan juga bisa dengan mudah membaca data pelanggan melalui analisis yang diberikan oleh ChatBot, sehingga perusahaan bisa terus melakukan improvisasi terhadap strategi yang akan diberikan kedepannya.
Kenali Pelanggan dan Biarkan Pelanggan Mengenali Brand Anda
Pelanggan akan lebih setia jika mereka merasa dihargai oleh brand, oleh karena itu penting untuk membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Keterbukaan terhadap pelanggan adalah salah satu cara untuk membangun hubungan personal, selain itu melibatkan mereka dalam moment penting perusahaan seperti memberikan promo saat ulang tahun perusahaan, atau mengucapkan ulang tahun saat mereka berulang tahun akan membuat mereka punya hubunga yang lebih personal dengan brand.
Customer Loyalty Program
Salah satu strategi yang bisa dilakukan oleh brand adalah dengan memberikan loyalty program, seperti memberikan reward atau promo khusus bagi pelanggan yang sudah berlangganan dalam jangka waktu tertentu.
Mintalah Feedback Dari Customer
Untuk membangun hubungan yang lebih personal dengan brand adalah dengan meminta feedback atau masukan dari mereka. Dengan menerima masukan dari perlanggan, brand bisa melakukan evaluasi terhadap sesuatu yang kurang disukai oleh customer.
Customer loyalty sangat penting bagi perkembangan bisnis, itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun dan meningkatkan customer loyalty bagi brand Anda.Â
Perlu Anda ingat, membangun customer loyalty bagi sebuah brand membutuhkan jangka waktu yang panjang, maka dari itu dibutuhkan konsistensi dari brand untuk selalu memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan. Brand membutuhkan bantuan ChatBot untuk selalu memberikan customer service yang terbaik dan selalu ada selama 24/7.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H