Mohon tunggu...
Taufiq
Taufiq Mohon Tunggu... Penulis - Copywriter

Hi gue Taufiq, gue seorang copywriter dengan pengalaman lebih dari 2 tahun. Gue seneng bahas teknologi, bisnis, artificial intelligence, dan digital marketing, gue juga bahas soal copywriting di akun linkedin pribadi gue, boleh langsung klik logo linkedin di profil gue ya. Follow untuk dapet update artikel terbaru dari gue ya!

Selanjutnya

Tutup

Artificial intelligence

Pentingnya Customer Loyalty bagi Bisnis dan Lihat Bagaimana ChatBot Bantu Tingkatkan Customer Loyalty

28 Agustus 2024   16:22 Diperbarui: 28 Agustus 2024   17:49 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Customer loyalty adalah salah satu bagian dari digital marketing yang cukup penting bagi bisnis, banyak bisnis bersaing demi mendapatkan customer loyalty atau kesetiaan pelanggan. Kesetiaan pelanggan menjadi faktor yang penting untuk keberlangsungan bisnis jangka panjang, lalu apa sebenarnya customer loyalty itu? Dan bagaimana ChatBot bisa membantu untuk meningkatkan customer loyalty, simak penjelasannya pada artikel berikut.

Apa Itu Customer Loyalty?


Dilansir dari Hubspot customer loyalty adalah keinginan pelanggan untuk membeli sebuah produk atau bekerjasama dengan sebuah brand secara terus-menerus. Hal itu hasil dari usaha brand dalam membangun customer experience, kepuasan pelanggan, dan mendapatkan umpan balik yang positif untuk pelanggan.
Untuk mendapatkan umpan balik yang baik dari pelanggan, brand harus konsisten memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Dengan memberikan layanan yang terbaik bagi pelanggan, brand bisa membangun customer loyalty agar bisnis bisa berkembang lebih cepat.


Mengapa Customer Loyalty Penting

Customer loyalty sangat penting bagi perkembangan brand, berikut alasan mengapa customer loyalty itu penting :

Efisiensi Biaya

Membangun customer loyalty adalah salah satu hal yang pentin bagi brand, meskipun begitu customer loyalty sering dilupakan oleh brand. Brand biasanya terlalu fokus untuk mendapatkan pelanggan baru dan sering melupakan pelanggan yang sudah ada.
Mempertahankan pelanggan yang sudah ada melalui berbagai program memang membutuhkan biaya, namun biayanya jauh lebih hemat dibandingkan dengan biaya untuk mendapatkan pelanggan baru.

Mendatangkan Keuntungan Lebih Banyak

Walaupun sering terlupakan, pelanggan yang sudah loyal justru bisa memberikan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan pelanggan baru. Ketika pelanggan sudah percaya terhadap brand mereka cenderung mau membayar lebih untuk produk dan layanan brand tersebut.
Selain itu pelanggan yang sudah loyal akan lebih sering melakukan pembelian dibandingkan dengan pengguna baru. Hal ini bisa mendatangkan keuntungan lebih banyak bagi brand.

Brand Ambassador Gratis

Customer yang loyal bisa menjadi ambassador gratis bagi brand, ketika pelanggan puas dengan produk dan layanan brand, mereka akan merekomendasikan brand kepada orang disekitar mereka tanpa diminta.
Hal ini bisa mendatangkan customer baru tanpa harus melakukan pemasaran yang lebih jauh, dengan adanya customer loyalty, brand bisa lebih banyak dikenal orang tanpa harus mengeluarkan biaya lebih.

Mengurangi Keraguan Konsumen

Tanpa Anda sadari semakin hari perilaku konsumen semakin berubah, salah satunya menjadi semakin labil dalam melakukan transaksi. Maka dari itu penting untuk melakukan pendekatan kepada konsumen untuk mencegah terjadinya kelabilan tersbebut.

Cara Membangun Customer Loyalty

Ada banyak cara atau strategi untuk membangun customer loyalty, berikut beberapa cara untuk membangun customer loyalty :

Customer Service

Customer akan senang jika mendapatkan layanan yang memuaskan dari perusahaan atau brand, pelanggan juga membutuhkan layanan yang cepat serta nonstop dari customer service. Dengan bantuan ChatBot perusahaan bisa memberikan layanan yang cepat dan akurat, serta nonstop selama 24/7. Perusahaan juga bisa dengan mudah membaca data pelanggan melalui analisis yang diberikan oleh ChatBot, sehingga perusahaan bisa terus melakukan improvisasi terhadap strategi yang akan diberikan kedepannya.

Kenali Pelanggan dan Biarkan Pelanggan Mengenali Brand Anda

Pelanggan akan lebih setia jika mereka merasa dihargai oleh brand, oleh karena itu penting untuk membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Keterbukaan terhadap pelanggan adalah salah satu cara untuk membangun hubungan personal, selain itu melibatkan mereka dalam moment penting perusahaan seperti memberikan promo saat ulang tahun perusahaan, atau mengucapkan ulang tahun saat mereka berulang tahun akan membuat mereka punya hubunga yang lebih personal dengan brand.

Customer Loyalty Program

Salah satu strategi yang bisa dilakukan oleh brand adalah dengan memberikan loyalty program, seperti memberikan reward atau promo khusus bagi pelanggan yang sudah berlangganan dalam jangka waktu tertentu.

Mintalah Feedback Dari Customer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Artificial intelligence Selengkapnya
Lihat Artificial intelligence Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun