Mohon tunggu...
Taufiq
Taufiq Mohon Tunggu... Penulis - Copywriter

Hi gue Taufiq, gue seorang copywriter dengan pengalaman lebih dari 2 tahun. Gue seneng bahas teknologi, bisnis, artificial intelligence, dan digital marketing, gue juga bahas soal copywriting di akun linkedin pribadi gue, boleh langsung klik logo linkedin di profil gue ya. Follow untuk dapet update artikel terbaru dari gue ya!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Marketing SMS Blast Apakah Masih Efektif?

9 Agustus 2024   09:51 Diperbarui: 9 Agustus 2024   10:18 55
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SMS Blast adalah salah satu strategi digital marketing yang digunakan untuk menjangkau lebih banyak customer. Perusahaan-perusahaan besar menggunakan metode ini untuk menjangkau lebih luas target audiens mereka, perusahaan provider simcard sudah pasti, instansi pemerintahan, bahkan banyak juga restoran yang menggunakan SMS Blast untuk memasarkan produknya. Lalu apasih sebenarnya SMS Blast itu, dan apa saja manfaat menggunakan SMS Blast bagi bisnis? Simak jawabannya pada artikel berikut ini.

Pengertian SMS Blast

SMS Blast adalah pengiriman pesan singkat melalui SMS, lalu dikirimkan kebanyak penerima dalam waktu yang bersamaan dengan nama perusahaan sebagai pengirimnya. SMS blast biasanya digunakan untuk mengirimkan pesan campaign ataupun promo yang sedang berlangsung pada perusahaan ataupun berupa penawaran tertentu.


Pesan yang dikirimkan juga bisa mengandung sebuah link yang bisa diklik yang biasanya mengarah kepada website ataupun sosial media perusahaan. Bisa juga berisi kode promo, pengumuman khusus, sampai rilis produk terbaru.

4 Manfaat Menggunakan SMS Blast Bagi Bisnis

Menggunakan SMS blast dalam strategi marketing adalah langkah yang tepat untuk menjangkau customer yang lebih luas dan juga kesempatan membangun hubungan yang lebih erat dengan pelanggan. Berikut beberapa manfaat menggunakan SMS blast bagi bisnis :

Jangkauan Lebih Luas dan Cepat

SMS Blast memungkinkan bisnis untuk menjangkau ribuan pelanggan dalam waktu singkat. Mengingat hampir semua orang memiliki ponsel, pesan yang masuk melauli SMS cenderung dibuka dan dibaca lebih cepat dibandingkan email atau metode komunikasi lainnya.

Biaya yang Lebih Hemat

Dibandingkan dengan iklan pada media cetak maupun media online, SMS blast jauh lebih hemat secara biaya. Iklan pada media cetak memerlukan biaya yang cukup mahal dan juga membutuhkan perencanaan yang matang. Biaya per pesan biasanya rendah, dan dengan pengelolaan yang baik, SMS Blast bisa menjadi solusi pemasaran yang sangat hemat biaya. Bisnis dapat mengirim pesan massal tanpa perlu mengeluarkan biaya besar, membuatnya ideal untuk bisnis kecil hingga menengah.


Menggunakan SMS blast selain lebih hemat secara biaya namun juga jauh lebih efektik untuk menjangkau audiens yang besar.

Efektivitas Campaign Marketing

SMS Blast efektif untuk mengirimkan promosi, penawaran khusus, atau diskon kepada pelanggan dengan cepat, ini bisa meningkatkan penjualan dalam waktu singkat. Dengan database target audience yang dimiliki, memungkinkan bisnis mengirimkan campaign hanya kepada target audiens yang tepat. Misalnya, restoran bisa mengirimkan pesan tentang penawaran makan siang spesial kepada pelanggan pada jam-jam tertentu, atau toko ritel dapat mengirimkan diskon eksklusif kepada pelanggan setia.

Membangun Hubungan Personal Dengan Pelanggan

Mengirimkan pesan yang relevan dan tepat waktu dapat membantu bisnis membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, meningkatkan loyalitas dan retensi. Mengirimkan pesan melalui SMS, akan dianggap lebih personal oleh pelanggan. Dengan komunikasi yang konsisten dan bernilai, pelanggan akan merasa lebih dihargai dan terhubung dengan bisnis.

Kapan Bisnis Harus Menggunakan SMS Blast?

SMS blast tak hanya digunakan sebagai metode promosi saja, namun juga ada beberapa fungsi yang bisa dilakukan oleh SMS blast. Penggunaan SMS blast juga harus tepat waktu agar tidak salah sasaran dan di waktu yang tidak disukai pelanggan, berikut kapan waktu yang tepat untuk bisnis menggunakan SMS blast.

Mengirimkan Promosi dan Diskon

Saat bisnis sedang menjalankan promosi atau diskon khusus, SMS blast adalah cara yang efektif untuk membagikannya kepada pelanggan. Mengirimkan informasi promo melalui SMS dapat meningkatkan peluang keterbacaan yang lebih tinggi, hal ini membuat pelanggan lebih cepat mengetahui promo dan diskon yang sedang berlangsung. Penawaran spesial dan terbatas dapat mendorong pelanggan untuk segara melakukan transaksi.

Peluncuran Produk Baru

Ketika bisnsin meluncurkan produk baru, penting untuk segera memberitahukannya kepada pelanggan setia tentang produk tersebut. Mengirim pesan tentang fitur, manfaat, dan ketersediaan produk baru dapat menciptakan antusiasme dan minat, serta mendorong pelanggan untuk segera melakukan pembelian. Misalnya, sebuah merek fashion yang merilis koleksi terbaru bisa mengirim SMS kepada pelanggan untuk memberitahukan mereka tentang koleksi baru tersebut.


Menambahkan strategi seperti diskon bagi pembeli tercepat juga bisa mendorong pelanggan untuk segera melakukan pembelian.

Campaign Perayaan Hari Tertentu

Menggunakan SMS Blast untuk mengirim ucapan selamat ulang tahun atau merayakan perayaan khusus (seperti ulang tahun bisnis) dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan. Selain itu, bisnis dapat menawarkan diskon atau hadiah khusus sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan. Misalnya, sebuah restoran bisa mengirim SMS kepada pelanggan pada hari ulang tahunnya dengan menawarkan makanan penutup gratis atau diskon pada hidangan utama. Pendekatan ini tidak hanya menunjukkan perhatian bisnis terhadap pelanggan, tetapi juga mendorong mereka untuk merayakan momen spesial mereka dengan bisnis tersebut, meningkatkan loyalitas dan retensi pelanggan.


Peringatan hari-hari besar juga bisa dimanfaatkan untuk mengadakan promo dan mengirimkannya kepada pelanggan melalu SMS blast.

Notifikasi Pembaruan Status Pesanan

Bisnis e-commerce dapat menggunakan SMS Blast untuk menginformasikan pelanggan tentang status pesanan mereka, seperti konfirmasi pemesanan, notifikasi pengiriman, dan perkiraan waktu pengiriman. Ini membantu meningkatkan transparansi dan kepercayaan pelanggan terhadap bisnis. Menyertakan informasi seperti nomor pelacakan dan perkiraan waktu tiba akan membuat pelanggan merasa lebih tenang dan puas dengan layanan yang diberikan.

Pengumuman Informasi Penting atau Darurat

Ketika ada informasi penting seperti proses maintenance yang sedang berlangsung, perubahan jam operasional mendadak atau pemberitahuan penting terkait layanan. SMS blast adalah cara paling efektif untuk memberitahukan pelanggan dengan segera. Komunikasi yang cepat dan jelas dalam situasi darurat dapat membantu mengelola ekspektasi pelanggan dan mempertahankan kepercayaan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun