Mohon tunggu...
Muhammad Taufiq Adnan Nasution
Muhammad Taufiq Adnan Nasution Mohon Tunggu... Lainnya - UPI 2017

Manunggaling Kawula Gusti

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Media Powerpoint Salah Satu Alternatif dalam Proses Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19

2 Desember 2020   21:00 Diperbarui: 28 Desember 2020   04:10 413
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Contoh Media Pembelajaran Power Point Mata Pelajaran Hidup Bersih dan Sehat Kelas 2 SD, Sub Tema 4, Pembelajaran 1  (Dokpri)

Kegiatan belajar mengajar pada masa pandemic Covid-19 ini masih berjalan secara online atau bisa disebut melalui media daring (dalam jaringan). Tentunya dalam proses pembelajaran ini, peserta didik tidak dapat bertatap muka secara langsung baik dengan teman sekelasnya ataupun dengan guru yang mengajar. 

Seorang guru tentunya harus membuat sebuah kreatifitas serta inovasi yang menunjang pembelajaran peserta didik. Walaupun pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing, sangat dibutuhkan transfer ilmu antara guru dengan peserta didik, agar terjadi proses belajar yang dilakukan oleh peserta didik. 

Selain disarankan untuk menjaga kesehatan, pola pikir perlu diasah, karena pada hakikatnya manusia senantiasa selalu berpikir dan berkembang menuju arah yang secara kaidah tentu lebih baik (Idris & Tabrani 2017). 

Maka dapat disimpulkan proses pembelajaran yang berlaku dapat membimbing peserta didik untuk bertingkah laku yang sesuai norma yang berlaku.

Salah satu proses belajar yang terjadi yaitu dengan membaca buku, khususnya buku mata pelajaran yang terkait. Bagi anak-anak yang tidak suka membaca buku secara langsung, maka hal tersebut menjadi sebuah penghambat untuk proses belajar mengajar. Karena peserta didik lebih suka melihat hal-hal yang menarik serta berkaitan dengan alat elektronik. 

Maka dari itu, Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang sedang menjalani KKN (Kuliah Kerja Nyata) di SDN 01 Kayuambon, untuk membantu guru pada tanggal 20 - 26 November 2020, dalam membuat media pembelajaran berbentuk power point sebagai penunjang proses belajar mengajar. 

"Kadang kesulitannya peserta didik kurang semangat kalau disuruh membaca.Tapi dengan adanya media pembelajaran dari ade-ade mahasiswa, Alhamdulillah terbantu. Setidaknya ada rasa penasaran ingin melihat dalam bentuk media elektronik (hp) daripada buku" tutur salah satu guru Kelas 2 SDN 01 Kayuambon, Bu Nina. 

Dapat disimpulkan, bahwa peserta didik pada zaman sekarang cenderung lebih tertarik untuk memegang alat elektronik, seperti gadget, dan berbagai aplikasi yang terdapat dalam gadget tersebut. 

Maka media power point ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam menunjang kegiatan pembelajaran, untuk memancing ketertarikan peserta didik dalam belajar. 

Selain itu, diupayakan isi dalam power point tersebut memiliki gambar dan model yang menarik untuk dilihat, seperti animasi yang bergerak, agar peserta didik semangat untuk belajar.

Referensi: 

Idris, Saifullah, dan A. Z. Tabrani. 2017. "Realitas Konsep Pendidikan Humanisme dalam Konteks Pendidikan Islam." Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling 3 (1):96-- 113. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun