Mohon tunggu...
Taufik Uieks
Taufik Uieks Mohon Tunggu... Dosen - Dosen , penulis buku travelling dan suka jalan-jalan kemana saja,

Hidup adalah sebuah perjalanan..Nikmati saja..

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Menikmati Komik dan Belajar Arkeologi di Kowloon Park

8 Mei 2022   10:55 Diperbarui: 8 Mei 2022   11:00 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pohon Beringin di Hong Kong Heritage Discovery Ctr: Dokpri

Sebenarnya saya sering kali melewati Kowloon Park yang lokasinya tepat berada di dekat Kowloon Mosque. Kalau kita berjalan menyusuri Nathan Road akan melewati deretan toko-toko di Park Lane Shoppers Boulevard, maka Kowloon Park tepat ada di belakang deretan pertokoan ini.

Siang itu, sehabis mampir ke KowLoon Mosque, saya melangkah menyusuri kaki lima Nathan Road yang nyaman dan kemudian melihat tangga menuju ke Kpwloon Park.

"Hong Kong Avenue of Comic Stars," demikian terpampang gambar yang berada di sisi pegangan tangga bergambar tokoh-tokoh kartun yang sebagian beras kurang saya kenal, walau sebagian pernah juga melihatnya.   Karena tertarik dengan gambar di sisi tangga itu, saya kemudian dengan santai menaiki anka tangga menuju ke Kowloon Park.  Sebuah tempat yang setelah kian lama sering ke Hong Kong namun belum sempat dikunjungi.

HKG Avenue of Comic Stars: Dokpri
HKG Avenue of Comic Stars: Dokpri

Ternyata begitu sampai di atas dan belok kiri, saya berjalan sambil menikmati pemandangan baru yang lumayan mengasyikkan. Kawasan Koowloon dengan taman, pepohonan , dan patung-patung yang lumayan menarik serta gedung pencakar langsat di Tsim Sha Tsui di kejauhan. Setelah berjalan beberapa menit, saya tiba di jalan yang dihiasi dengan patung-patung tokoh komik ini.  Hampir semua tidak saya kenal, namun ada keterangan nama dan sedikit informasi di kaki patung tersebut.

Salah satu wajah yang sebenarnya sering saya lihat adalah Old Master Q yang sering mengingatkan saya akan tokoh komik Indonesia zaman baheula yaitu si Put On. Selain itu juga ada Din Dong, dan si Babi Mc Dull. Deretan patung ini berjejer rapi di sepanjang jalan . Selain tokoh komik ternyata ada juga patung Bruce Lee, si jago Kung Fu dari Hong Kong.

Setelah sejenak menikmati tokoh-tokoh kartun tersebut saya berjalan menyusuri Kowloon Park Chinese Garden dengan taman , kolam, dan paviliun yang menawan. Lumayan menyegarkan mata di tengah hari yang terik.  

Vending Manchine: Dokpri
Vending Manchine: Dokpri

Namun di bagian lain taman, saya melihat sebuah bangunan tua yang mungkin peninggalan kolonial Inggris. Kemudian saya mendekati dan ternyata Gedung ini adalah Hong Kong Heritage Discovery Centre.  Di pintu pagar  tertulis nama, jam buka dan juga sekilas keterangan mengenai gedung ini.  Saya masuk ke dalamnya dan kemudian sempat membeli minuman ringan di sebuah vending machine menggunakan kartu sakti Octopus.

Suasana di museum ini lumayan sepi, hanya ada satu dua pengunjung sehingga terasa agak sedikit menyeramkan, namun saya akan lebih leluasa menikmati benda-benda yang dipamerkan.  Di halaman terlihat sebuah pohon tua mirip beringin yang akarnya menjuntai hingga ke tanah. Dua barak ini terlihat angkuh membentuk huruf L.  Sekilas terlihat lengkungan-lengkungan fasadnya yang cantik namun menyimpan banyak misteri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun