III
PENGENALAN BEBERAPA MEDIA
Bersdasarkan perkembangan teknologi , media pembelajaran dapat dikelompokan kedalam empat kelompok yaitu : (1) media hasil teknologi cetak (2) media hasil teknologi audio-visual (3) media hasil teknologi yang berdasarkan kompeter dan (4) media hasil gabungan teknologi cetak dan computer
Pengelompokan berbagai jenis media apabila dilihat dari nsegi perkembangan teknologi oleh Seels & Glasgow ( 1990;181-183) dibagi kedalam dua katogori luas, yaitu : pilihan media tradisional dan media teknologi mutakhir.
1.Pilihan Media Tradisional
a. Visual diam yang di proyeksikan
- proyek opaque (tak tebus pandang
- proyeksi overhead
- slides
- filmstrips
b. Visual yang tidak diproyeksikan
- gambar, poster
- foto
- charis, grafik, diagram
- pameran, papan info, papan bulu
c. Audio
- rekaman piringan
- pita kaset, reel, cartridge
d. Visual dinamis yag diproyeksikan
- film
- telivisi
- video
e. Penyajian Multimedia
- slide plus suara
- multi-imaage
f. Cetak
- buku teks
- modul, teks terprogam
- workbook
- majalah ilmiah, berkala
- lembaran lepas ( hand out)
g. Permainan
- teka - teki
- stimulus
- permainan papan
h. realia
- modul
- speciumen
- manipulatif
2. Pilihan Media Teknologi Mutkhir
a. Media berbasis telekomunikasi
- telekonferen
- kuliah jarak jauh
b. Media berbasis mikroprosesor
- computer assited instruction
- permainan computer
- system tutor intelejen
- interaktif
- hypermedia
- compact (video) disc
Penegertia dari media mutakhir secara ringkas disajikan berikut ini.
Teleconferen ada;ah suatu teknik komunikasi dimana kelompok - kelompok dyang berada dilokasi geografis berbeda menggunakan mikrofon dan ampilifer khusus yang dihubungkan satu dengan yang lainnya sehingga setiap orang dapat berpatisipasi dengan aktif dalam suatu pertemuan bessar dan diskusi
Kuliah jarak jauh adalah suatu teknisi pengajaran dimana seorang ahli dalam suatu bidang ilmu tertenrtu menghadapi sekelompok pendengar yang mendengarkan melalui amplifer telepon. Pendengar dapt bertanya kepada pembicara dan kelompok itu dapat mendengarkan jawaban/tanggapan pembicaraan.
Computer-assisted instruction adalah suatu system penyampain materi pembelajaran yang berbasis mekroprosesor yang pelajarannya dirancang an deprogram keddalam system.
Hypertext adlah suatu tulisan yang tak berurutan - nonsekuensial. Dengan suatu system authoring (menulis), pengarang mampu menghubungkan informasi dari bagian manapun dalam pekat pelajaran itu, menciptakan jalur - jalur melalui datu korpus materi yang berkaitan, member keternagan teks yang tersedia  dan membuat catatan yang menghubungkan teks - teks itu.
Hypermedia adalah perluasan hypertext yang menggabungkan media laian kedalam teks. Dengan system hypermedia, pengarang dapat membuat suatu korpus materi yang kait mengkait yang meliputi teks, grafik, gambar animasi, bunyi,video dan lain-lain.
System tuntor intelejen adalah pengahar dengan bantuan computer yang memiliki kemampuan untuk berdialog denga siswa dan melalui dialog itu siswa dapat mengarahkan jalannya pelajaran.
Interactive vidieo adalah suatu system penyampain pengajaran di mana materi vidieo rekaman disajiakn dengan pengendalian computer kepada penonton (siswa) yang tidak hanya mendengar  dan melihat video dan suara, tetapi juag memberikan respon aktif dan respon itu menetukan yang menetukan kecepatan dan skuensib penyajian . peralatan yang dperlukan antara lain computer, videodisc laser, dan layar monitor.
Campact video disc adalah system penyamapain dan rekaman video dimana  signal audio-visual direkam pada disket pelatik, bukan pada pita magnetic.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H