Mohon tunggu...
Taufik Abdillah
Taufik Abdillah Mohon Tunggu... -

berjuang bersama Rakyat !!!!

Selanjutnya

Tutup

Nature

Media Pembelajaran Part 2

31 Oktober 2011   11:41 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:14 158
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

II

FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PENDIDIKAN

Humalik (1986) mengemukakan bahwa pemakain media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan ransangan kegiatan belajar dan bahkan  membawa pengaruh - pengaruh psikologis  terhadap siswa.

Levie & Lentz (1982)  mengemukakan empat fungsi media pembelajaran , khususnya media visual, yaitu (a) fungsi atensi (b) fungsi afektif (c) fungsi kognitif dan (d) fungsi kopenstoris

Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarika dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna  visual yang ditampilkan atau menyertai teks pelajaran.

Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lembaga visual dapat menggunggah emosi dan sikap siswa,  misalnya informasi yang menyangkut maslah social atau ras.

Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penilitian yang mengungkapkan bahwa  bahawa lembaga visual atau gambar meperlancar pencapain tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar

Fungsi kompensatoris media pembelajran dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalm membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks membantuu yang lemah dalam mebaca.

Dale (1969:180) mengemukakan bahwa bahan-bahan audio-visual dapat memberikan banyak manfaat asal-kan guru berperan aktif dalam proses pembelajran.

1.      Meningkatkan rasa saling pengertian dan simpati dalam kelas

2.      Membuahkan perubahan signifikan tingkah laku siswa

3.      Menunujukan hubungan antara mata pelajaran dan kebutuhan dan minat siswa dan meningkatnya motivasi belajar siswa

4.      Membawa kesegaran dan variasi bagi pengalaman belajar siswa

5.      Membuat hasi belajra lebih bermakana  bagi berbagai kemampuan siswa

6.      Me dorong pemanfaatan yang bermakna dari mata pelajaran dengan jalan melibatkan imajinasi dan partisipasi aktif yang mengakibatkan imajinasi dan partisipasi aktif yang mengakibatkan meningkatnya hasil belajar

7.      Memberikan umpan balik yang diperlukan yang dapat membantu siswa  menemukan seberap banyak telah mereka pelajari

8.      Melengkapi pengalaman yang kaya dengan pengalaman itu konsep-kosep yang bermakana dapat dikembangakan

9.      Memperluas wawasan dan pengalaman siswa yang mencerminkan pembelajaran nonverbalistik dan membuat generalisasi yang tepat

10.  Meyakinkan diri bahwa urutan dan kejelasan pikiran yang siswa butuhkan jika membangun struktur  konsep dan system gagasan yang bermakana

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun