II
FUNGSI DAN MANFAAT MEDIA PENDIDIKAN
Humalik (1986) mengemukakan bahwa pemakain media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan ransangan kegiatan belajar dan bahkan membawa pengaruh - pengaruh psikologis terhadap siswa.
Levie & Lentz (1982)Â mengemukakan empat fungsi media pembelajaran , khususnya media visual, yaitu (a) fungsi atensi (b) fungsi afektif (c) fungsi kognitif dan (d) fungsi kopenstoris
Fungsi atensi media visual merupakan inti, yaitu menarika dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks pelajaran.
Fungsi afektif media visual dapat terlihat dari tingkat kenikmatan siswa ketika belajar (atau membaca) teks yang bergambar. Gambar atau lembaga visual dapat menggunggah emosi dan sikap siswa, misalnya informasi yang menyangkut maslah social atau ras.
Fungsi kognitif media visual terlihat dari temuan-temuan penilitian yang mengungkapkan bahwa  bahawa lembaga visual atau gambar meperlancar pencapain tujuan untuk memahami dan mengingat informasi atau pesan yang terkandung dalam gambar
Fungsi kompensatoris media pembelajran dari hasil penelitian bahwa media visual yang memberikan konteks untuk untuk memahami teks membantu siswa yang lemah dalm membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks membantuu yang lemah dalam mebaca.
Dale (1969:180) mengemukakan bahwa bahan-bahan audio-visual dapat memberikan banyak manfaat asal-kan guru berperan aktif dalam proses pembelajran.
1.     Meningkatkan rasa saling pengertian dan simpati dalam kelas
2.     Membuahkan perubahan signifikan tingkah laku siswa
3.     Menunujukan hubungan antara mata pelajaran dan kebutuhan dan minat siswa dan meningkatnya motivasi belajar siswa
4.     Membawa kesegaran dan variasi bagi pengalaman belajar siswa
5.     Membuat hasi belajra lebih bermakana bagi berbagai kemampuan siswa
6.     Me dorong pemanfaatan yang bermakna dari mata pelajaran dengan jalan melibatkan imajinasi dan partisipasi aktif yang mengakibatkan imajinasi dan partisipasi aktif yang mengakibatkan meningkatnya hasil belajar
7.     Memberikan umpan balik yang diperlukan yang dapat membantu siswa menemukan seberap banyak telah mereka pelajari
8.     Melengkapi pengalaman yang kaya dengan pengalaman itu konsep-kosep yang bermakana dapat dikembangakan
9.     Memperluas wawasan dan pengalaman siswa yang mencerminkan pembelajaran nonverbalistik dan membuat generalisasi yang tepat
10. Meyakinkan diri bahwa urutan dan kejelasan pikiran yang siswa butuhkan jika membangun struktur konsep dan system gagasan yang bermakana
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H