Analisis Review Pemasaran Kerupuk Teripang
Oleh
Junianto dan Taufik Rahman
- Dosen Departemen Perikanan_UNPAD
- Mahasiswa Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Perikanan  _ UNPAD, Pangandaran
A. Definisi Produk
- Produk kerupuk teripang merupakan salah satu produk olahan yang berbahan dasar teripang yang dibentuk secara khas seperti bentuk asli teripang yang memiliki daya simpan lama yaitu 6 -- 12 bulan (Riyandi dan Sumardianto 2004).
B. Analisis Konsumen
Kebutuhan Konsumen
- Kebutuhan Konsumen Secara Fisiologi
Kandungan gizi yang baik pada kerupuk teripang menjadikan alasan bagi konsumen untuk membeli produk kerupuk teripang tersebut, selain itu teripang juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti stroke, kencing manis, kanker, gagal ginjal (Wahyuni et al. 2011). Teripang kering mempunyai kandungan nutrisi sebagai berikut: kadar air 8,90 %, protein 82,0%, lemak 1,70%, abu 8,60%, karbohidrat 4,80%, Vitamin A 455 g %, vitamin B (thiamine) 0,04 mg%, niacin 0,4mg%, riboflavin 0,07mg%, dan kalori 365 cal/100 g (Suryaningrum 2008). - Kebutuhan Konsumen Secara Sosial
Pembelian produk kerupuk teripang tidak memiliki dampak negatif seperti sanksi sosial karena produk ini disukai oleh masyarakat Asia Tenggara termasuk Indonesia karena harga terjangkau dan mudah didapat.
Organoleptik
- Kerupuk teripang yang baik memiliki cita rasa gurih, aromanya agak amis, warnanya coklat kehitaman serta tektrur renyah (Wahyuni et al. 2011). Mutu dari kerupuk teripang dinilai dari tekstur, aroma, warna, dan rasa (Ernawati 2013).
Segmentasi Pasar dan Cara Membeli
- Produk kerupuk teripang dapat dibeli langsung dari warung, pasar swalayan, dan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya.
C. Analisis Persaingan
- Rival
Produk kerupuk teripang mempunyai banyak rival, karena kerupuk teripang digemari oleh banyak orang dan sebagian besar pengusaha telah mulai untuk bisnis produk kerupuk teripang sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.
- Substitusi
Produk kerupuk teripang memiliki jumlah dua produk substitusi dengan bahan baku yang sama terbuat dari teripang yaitu gonad kering dan usus kering.
- Potensial Entrants
Banyak pengusaha yang telah memulai bisnis kerupuk teripang dapat menjadi sebuah ancaman baru jika suatu saat perusahaan atau pengusaha memproduksi juga produk kerupuk teripang.
- Perancangan Persaingan
Bahan Kemasan
Bahan kemasan terbuat dari bahan plastik aluminium foil, memiliki bobot yang ringan, berbentuk sederhana, tidak mudah mengalami kerusakan.
Penetapan Harga dan Promosi
Berdasarkan harga yang ditetapkan oleh produk pesaing sejenis. Penentuan harga ini dikenal dengan metode penetration price, yang penting masuk pasar.
Promosi yang dapat dilakukan yaitu melalui sosial media, menitipkan di restoran, warung makan, swalayan, kantin, caf, pusat oleh-oleh dengan menawarkan berbagai ukuran kemasan.
Alur Distribusi Produk
Sebelum produk kerupuk teripang didistribusikan menggunakan sepeda motor, kerupuk teripang dikemas menggunakan plastik besar, setelah itu ditutup menggunakan terpal, dan diletakkan dalam wadah yang berada di kedua sisi sepeda motor (Anggraini 2015).
Daftar Pustaka
Anggraini. T. 2015. Penerapan Good Manufacturing Practices Pada Industri Rumah Tangga Kerupuk Teripang Di Sukolilo Surabaya. Jurnal Kesehatan Lingkungan 7 (2): 1--16.
Ernawati. 2013. Studi Perendaman Dalam Hidrogen Peroksida (H2o2) Pada Konsentrasi yang Berbeda dan Lama Penyimpanan Terhadap Mutu Teripang (Holothuria scabra) Kering. Teknologi Pangan: Media Informasi Dan Komunikasi Ilmiah Teknologi Pertanian 5 (1): 27--40.
Suryaningrum, T. D. 2008. Teripang: Potensinya Sebagai Bahan Nutraceutical dan Teknologi Pengolahannya. Squalen Bulletin of Marine and Fisheries Postharvest and Biotechnology 3 (2): 63--69.
Tutik. W, Sunarto, N. M. Sri. 2011. Kerupuk Teripang, Snack Yang Aman Dikonsumsi Dan Dapat Mengatasi Sembelit. 73--82.