Mohon tunggu...
Taufik Rahman
Taufik Rahman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Perikanan

Mahasiswa Perikanan Universitas Padajdaran

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Riview Pemasaran Kerupuk Teripang

11 November 2021   14:32 Diperbarui: 11 November 2021   17:00 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Analisis Review Pemasaran Kerupuk Teripang

Oleh

Junianto dan Taufik Rahman

  1. Dosen Departemen Perikanan_UNPAD
  2. Mahasiswa Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Perikanan  _ UNPAD, Pangandaran

A. Definisi Produk

  • Produk kerupuk teripang merupakan salah satu produk olahan yang berbahan dasar teripang yang dibentuk secara khas seperti bentuk asli teripang yang memiliki daya simpan lama yaitu 6 -- 12 bulan (Riyandi dan Sumardianto 2004).

B. Analisis Konsumen

Kebutuhan Konsumen

  1. Kebutuhan Konsumen Secara Fisiologi
    Kandungan gizi yang baik pada kerupuk teripang menjadikan alasan bagi konsumen untuk membeli produk kerupuk teripang tersebut, selain itu teripang juga dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, seperti stroke, kencing manis, kanker, gagal ginjal (Wahyuni et al. 2011). Teripang kering mempunyai kandungan nutrisi sebagai berikut: kadar air 8,90 %, protein 82,0%, lemak 1,70%, abu 8,60%, karbohidrat 4,80%, Vitamin A 455 g %, vitamin B (thiamine) 0,04 mg%, niacin 0,4mg%, riboflavin 0,07mg%, dan kalori 365 cal/100 g (Suryaningrum 2008).
  2. Kebutuhan Konsumen Secara Sosial
    Pembelian produk kerupuk teripang tidak memiliki dampak negatif seperti sanksi sosial karena produk ini disukai oleh masyarakat Asia Tenggara termasuk Indonesia karena harga terjangkau dan mudah didapat.

Organoleptik

  • Kerupuk teripang yang baik memiliki cita rasa gurih, aromanya agak amis, warnanya coklat kehitaman serta tektrur renyah (Wahyuni et al. 2011). Mutu dari kerupuk teripang dinilai dari tekstur, aroma, warna, dan rasa (Ernawati 2013).

Segmentasi Pasar dan Cara Membeli

  • Produk kerupuk teripang dapat dibeli langsung dari warung, pasar swalayan, dan e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya.

C. Analisis Persaingan

  • Rival

Produk kerupuk teripang mempunyai banyak rival, karena kerupuk teripang digemari oleh banyak orang dan sebagian besar pengusaha telah mulai untuk bisnis produk kerupuk teripang sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

  • Substitusi

Produk kerupuk teripang memiliki jumlah dua produk substitusi dengan bahan baku yang sama terbuat dari teripang yaitu gonad kering dan usus kering.

  • Potensial Entrants

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun