Mohon tunggu...
Taufan Apan
Taufan Apan Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi bermain game online

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kemacetan Lalu lintas di Jalan Raya Menurut Teori Max Weber

13 Oktober 2024   08:10 Diperbarui: 13 Oktober 2024   08:24 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kemacetan lalu lintas Di jalan raya menurut teori Max Weber

Nama:Muhammad Taufan Afifudin

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

      Kemacetan adalah situasi atau keadaan yang mana tersendatnya atau terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan kadang juga terjadi dikarenakan pembangunan.

      Dalam artikel ini saya mengambil contoh Jalan raya Duduksampeyan yang bertempat di sisi barat Kabupaten Gresik kali ini sering mengalami kemacetan dikarenakan pembangunan jembatan di jalan raya Duduksampeyan.Oleh karena itu lalu lintas menjadi padat.Akhir akhir ini hampir setiap hari kemacetan di jalan raya Duduksampeyan ini sering terjadi.

       Dalam teori negara menurut Max Weber, negara memiliki monopoli atas kekuasaan yang sah untuk menjaga ketertiban dan kesejahteraan umum, termasuk mengatur lalu lintas dan infrastruktur jalan. Kasus kemacetan bisa dikaitkan dengan efektivitas birokrasi dan fungsi negara dalam menyediakan layanan publik yang memadai, serta bagaimana negara menggunakan otoritas rasional-legal untuk menciptakan kebijakan yang mengatasi masalah ini .

       Kemacetan yang terjadi menghasilkan dampak negatif yang tidak sedikit. Dari aspek ekonomi, kemacetan dapat menghambat proses produksi dan distribusi barang yang berujung pada terhambatnya laju perkeonomian masyarakat. Bagi para pegawai kantoran, kemacetan lalu lintas yang dihadapi tiap hari dapat memengaruhi kondisi fisik dan psikologis mereka dalam bekerja. Kinerja para pekerja tidak dapat mencapai hasil yang maksimal lantaran masalah kemacetan yang sungguh menguras tenaga dan pikiran.

       Kemacetan akan menimbulkan berbagai dampak negatif, baik bagi pengemudinya sendiri maupun ditinjau dari segi ekonomi dan lingkungan. Bagi pengemudi, kemacetan akan menimbulkan ketegangan (stress). Dampak negatif dari segi ekonomi yaitu berupa kehilangan waktu karena perjalanan yang lama serta bertambahnya biaya operasi kendaraan berhenti. Sedangkan dampak negatif terhadap lingkungan yaitu berupa polusi udara dan gangguan suara kendaraan /kebisingan.Maka dari itu kemacetan ini sangat menghambat pengguna jalan raya melakukan aktivitasnya.

      Memang benar pembangunan jembatan di jalan raya Duduksampeyan juga adalah pembangunan infrastuktur jalan.Lantas apakah tidak ada tindak lanjut dari kemacetan tersebut sampai jembatan itu selesai.Contoh lagi seperti jalan raya Jemur andayani di Kota Surabaya juga setiap pagi dan sore juga sering mengalami kemacetan banyak yang terkena dampak negatif dari kemacetan tersebut seperti para Pekerja yang terhambat sampai kantor/pabrik dikarenakan kemacetan jalan,para mahasiswa yang terlambat masuk kampus,para anak anak sekolah yang terlambat masuk kelas,itu semua terjadi karena adanya kemacetan yang sering terjadi.

       Di dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 7 UU No.22 Tahun 2009 yang berisi tentang mengamanatkan bahwa pemerintah pusat dan daerah wajib merencanakan,mengatur,dan mengendalikan lalu lintas untuk menjamin kelancaran arus lalu lintas,termasuk mengatasi kemacetan.

      Dan ada juga di Pasal 12 dan pasal pasal lainnya mmengatur soal tanggung jawab penyelenggaraan lalu lintas oleh Pemerintah,termasuk pembenahan infrastruktur,penataan jalan,dan pengelolaan lalu lintas untuk mengurangi kemacetan dan terakhir tentang sanksi bagi pihak yang tidak melaksanakan pengaturan lalu lintas atau pengelolaan angkutan jalan yang dapat menyebabkan gangguan seperti kecelakaan atau kemacetan terletak di Pasal 273. Dan di jalan Kh Syafii tepatnya di Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik juga terjadi kemacetan dikarenakan perbaikan jalan.

      Semakin banyak kemacetan di berbagai daerah yang menimbulkan banyak dampak negatif apalagi kalau kemacetan itu terjadi disiang hari dengan cuaca yang kita ketahui sangat panas apalagi di Kota Surabaya dan di Kabupaten Gresik cuaca sangat panas sekali dan bercampur dengan polusi yang tidak sehat.apakah tidak ada kebijakan dari pemerintah terkait kemacetan yang sangat menyusahkan ini teori Max Waber sangat bertentangan dengan kasus kemacetan yang semakin membludak.

      Dengan maraknya kemacetan sekarang kita harus mengetahui tentang tips mengtasinya seperti;

1.Merencanakan Perjalanan dengan Rinci

      Ketika Anda memutuskan untuk bepergian maka Anda harus merencanakan perjalanan Anda dengan rinci seperti menentukan alternatif jalan yang sekiranya tidak terdapat kemacetan.Jika kalian salah dalam memilih alternatif jalan maka akan ada banyak waktu terbuang.

2.Berangkat Lebih Awal

     Berangkat lebih awal juga salah satu cara untuk menghindari kemacetan seperti Anda coba mempelajari jam berapa biasanya jalanan padat.Biasanya jam padat akan terjadi saat masuk kerja atau selesai kerja.

3.Pantau Menggunakan Teknologi

     Memantau menggunakan Teknologi juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari kemacetan.kita bisa memantau kondisi jalan menggunakan akses CCTV,sensor,atau bahkan Google Maps.

     Itu semua adalah cara untuk menghindari kemacetan.Namun tidak untuk menghilangkan kemacetan.

     Dari kompasiana beyond blogging.com Artikel dari Putra Mahendra Mahasiswa S1 Manajemen Universitas Airlangga memaparkan bahwa salah satu cara untuk menghilangkan kemacetan adalah dengan Optimalisasi Transportasi Umum dengan cara ini kita bisa Mengurangi skala kendaraan pribadi masyrakat agar tidak terjadi kemacetan.

     Langkah-langkah Optimalisasi Transportasi Umum untuk mencapai tujuan tersebut,beberapa langka stratgis perlu dilakukan,antara lain:

1.Peningkatan frekuensi dan rute

Perluasan rute dan peningkatan frekuensi perjalanan transportasi umum akan membuat layanan ini lebih mudah diakses oleh Masyarakat.

2.Integrasi moda transportasi

Integrasi antara berbagai moda transportasi umum (bus,kereta api,dan sebagianya) akan memudahkan masyarakat dalam berpindah dari satu moda ke moda lain.

3.Peningkatan kenyamanan

Fasilitas yang nyaman seperti halte yang bersih,armada yang terawat,dan informasi yang mudah diakses akan meningkatkan minat masyarakat menggunakan taransportasi umum.

4.Pemanfaatan Teknologi

Penerapan teknologi seperti: aplikasi berbasis lokasi,pembayaran elektronik,dan sistem manajemen armada akan membuat layanan transportasi umum lebih efisien dan menarik.

5.Kemitraan dengan sektor swasta

Kemitraan dengan sektor swasta dapat mempercepat pengembangan infrastruktur transportasi umum dan meningkatkan kualitas layanan.

6.Sosialisasi dan edukasi

Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai pentingnya menggunakan transportasi umum perlu dilakukan secara intensif untuk mengubah prilaku masyarakat.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun