Perwujudan Merdeka Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi
Di SMP Negeri 2 Purwoharjo
Â
Oleh : TATIN YULIASTUTI
SMP Negeri 2 Purwoharjo
CGP Angkatan 3 BanyuwangiÂ
Â
A. LATAR BELAKANG
Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar siswa yang berbeda-beda sesui profil belajar masing-masing siswa.Â
Proses pembelajaran ini sangat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan dan potensi yang dimiliki sesuai dengan keunikannya.Â
Pendidik diharapkan bisa memberikan perhatian  sekaligus tindakan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa visual, Auditory maupun kinestetik.
Setelah mempelajari dan memahami tentang makna pembelajaran berdiferensiasi saya merasa harus berperan untuk menerapkan dalam bentuk aksi nyata pada kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 2 Purwoharjo.Â
Rencana dan tindakan yang saya lakukan dalam memenuhi kebutuhan belajar sesuai profil belajar masing-masing siswa merupakan perwujudan dari langkah-langkah memerdekakan anak dalam belajar.
B. TUJUAN
Dari rancangan dan tindakan yang saya lakukan di aksi nyata dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi adalah :
- Membantu pemenuhan kesiapan belajar siswa
- Mengembangkan potensi yang dimiliki siswa
- Memberikan motivasi dalam peningkatan hasil belajar siswa
- Menumbuhkan rasa percaya diri dan kemandirian pada siswa
- Menjalin hubungan yang harmonis antara guru dan siswa
 Untuk lebih jelasnya simak video berikut, mohon maaf jika masih banyak kekurangan.Â
Mudah-mudahan bermanfaat
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H