Mohon tunggu...
Tati AjengSaidah
Tati AjengSaidah Mohon Tunggu... Guru - Guru di SMPN 2 Cibadak Kab. Sukabumi

Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah

22 Maret 2022   06:30 Diperbarui: 22 Maret 2022   06:41 878
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran IPA (sumber foto: dokumen pribadi) 

Proses pembelajaran yang dilakukan saat ini harus lebih berpusat pada siswa, yaitu menempatkan siswa sebagai subjek yang memiliki kemampuan atau kompetensi untuk mencari, mengolah, membangun dan menggunakan pengetahuan.

Agar bisa memiliki kompetensi tersebut, pada saat pembelajaran dilaksanakan guru harus memilih model pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk bekerja memecahkan masalah, menemukan segala sesuatu untuk dirinya sendiri dan berupaya keras mewujudkan ide-ide atau gagasan yang dimilikinya.  

Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Pembelajaran Berbasis Masalah atau lebih dikenal dengan Problem-Based Learning (PBL).

Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mata Pelajaran IPA

Pembelajaran berbasis masalah adalah pembelajaran yang menggunakan masalah nyata dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat terbuka untuk diselesaikan oleh siswa.

Tujuannya yaitu untuk mengembangkan beberapa kompetensi siswa, antara lain:  berpikir kritis, menyelesaikan masalah, belajar mandiri, membangun atau memperoleh pengetahuan baru.

Pembelajaran berbasis masalah berbeda dengan pembelajaran konvensional yang menggunakan masalah di tahap akhir pembelajaran sebagai penerapan dari pengetahuan yang sudah dipelajari.

Ketika pembelajaran ini akan dilaksanakan, maka guru harus memilih masalah yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dengan mempertimbangkan kesesuaian dengan pencapaian kompetensi dasar yang diharapkan.

Model pembelajaran berbasis masalah bisa diterapkan dalam semua mata pelajaran termasuk dalam IPA. Salah satu materi IPA di kelas 7 yang dapat menggunakan model pembelajaran ini adalah Pencemaran Lingkungan yang ada semester genap.

Kompetensi dasar dari materi pencemaran lingkungan yaitu menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi ekosistem.

Pencemaran lingkungan merupakan masalah nyata yang sering dihadapi oleh masyarakat saat ini dan menimbulkan dampak bagi kehidupan, sehingga materi ini tepat apabila menggunakan model pembelajaran berbasis masalah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun