LK 3.1 Menyusun Best Practices
Â
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Â
Lokasi
SMKN 1 Tambun Utara
Lingkup Pendidikan
Sekolah Menengah Kejuruan
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam materi pembelajaran membuat program CNC.
Penulis
Tarwan Hidayat
Tanggal
07 Desember 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Dilatarbelakangi peserta didik yang belum mampu dalam membuat program CNC ditandai dengan kemampuan dasar dalam membuat program yang masih rendah.
Selain itu kurangnya penerapan TPACK dalam pembelajaran membuat saya melakukan model pembelajaran inovatif agar peserta didik lebih mudah memahami materi pembuatan program CNC melalui peran saya sebagai guru.
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,
Setelah dilakukan identifikasi masalah, maka beberapa tantangan yang dihadapi adalah:
- Peserta didik tidak aktif dalam mencari inormasi dan diskusi
- Tidak ada motivasi dari orang tua
- Pemilihan media pembelajaran yang tidak tepat
- Kondisi ruangan yang kurang nyaman.
Yang terlibat dalam kegiatan ini adalah peserta didik, guru, rekan guru dan juga kepala sekolah.
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan di atas antara lain :
- Menggunakan media pembelajaran berupa video tutorial agar peserta didik tertarik untuk menyimak
- Menggunakan software MasterCAM agar peserta didik tertarik dan aktif dalam membuat program
- Membuat LKPD yang terstruktur agar peserta didik lebih terarah dalam kegiatan pembelajaran
- Menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan menerapkan semua sintak-sintaknya dimulai dari pendahuluan, kegiatan inti sampai penutup.
- Melakukan penilaian mulai dari sikap, pengetahuan dan juga keterampilan sesuai dengan instrumen dan rubrik penilaian.
- Membuat ruangan praktek yang nyaman dengan menjaga kebersihan, kerapian dan juga keindahan ruangan.
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan juga TPACK yang berupa video dan software MasterCAM membuat peserta didik lebih aktif dalam diskusi untuk menyelesaikan produk bersama kelompoknya. Penggunaan model PjBL dipadukan dengan TPACK efektif meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membuat program CNC ditandai dengan nilai yang meningkat dari sebelumnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H