Pendahuluan
Perkembangan Teknologi telah membuat segala sesuatu yang ada di dunia ini harus selalu berkembang menjadi lebih baik. Teknologi sendiri pada dasarnya dibuat untuk membudahkan akktivitas manusia. Teknologi yang sedang berkembang saat ini adalah perangkat pintar atau yang disebut juga smartphone. Menurut saya hampir setiap orang dengan ekonomi diatas rata-rata memiliki smarphone. Pada dasarnnya perangkat ini diciptakan untuk memudahkan kegiatan sehari-hari manusia. Smartphone diciptakan dengan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk memudahkan manusia untuk berkomunikasi selain itu dengan berkembangnya teknologi smarphone banyak aplkasi yang diciptakan untuk memudahkan orang-orang seperti aplikasi pemesanan tiket, pemesana ojek, dan lain-lain. Social Media juga merupakan aplikasi yang dibuat untuk memudahkan manusia yaitu memudahakan maunusia untuk berkomunikasi dan berbagi kepada sesama. Hal ini menumbukan rasa pentingnnya untuk meciptakan sebuah aplikasi yang bermanfaat bagi kebanyakan orang.
Perimbangan lain dalam menciptakan sebuah usaha bahwa setiap orang yang berusaha pasti membutuhkan liburan. Liburan merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang yang telah menjalankan aktivitasnnya karena liburan tersebut bisa membantuk orang untuk menghilangkan stress dan beben pikiran. Hal ini memunculkan ide yang sangat menarik untuk membuat sebuah aplikasi yang bisa membantu mewujudkan liburan seseorang. Kenapa hal ini penting merupakan pertanyaan dari bagaimana sulitnnya setiap orang di dunia ini untuk berlibur. Orang-orang merasa kesulitas untuk berlibur dikarenakan kurangnya waktu yang bisa mereka gunakan untuk berlibur. Selain itu sulitnnya untuk mengakses fasilitas yang ada membuat orang semakin sulit untuk melakukan liburan.
Karena itu perlunnya dibuat sebuah aplikasi yang bisa memudahkan seseorang untuk melakukan liburannya. Pada dasarnnya aplikasi ini dibuat untuk memudahkan setiap orang untuk merancang liburannya dengan memberikan akses yang mudah untuk memperoleh fasilitas liburannya. Selain itu aplikasi ini juga memberikan banyak pilihan dan rekomendasi tempat yang menarik untuk bisa dijangkau seseorang apabila ingin melakukan liburan.
Namun bagaimana jika sesorang memang tidak memiliki waktu atau bahkan uang untuk berlibur. Maka aplikasi ini merupakan sebuah jawaban dari masalah itu. Aplikasi ini merupakan sebuah social media yang bisa digunakan untuk mepublikasikan pengalaman liburan kita kepada orang lain. Selain itu kita bisa mendapatkan beberapa manfaat apabila kita bisa mempublikasikan konten yang banyak disukai orang-orang. Lalu manfaat lainnya adalah orang-orang yang memiliki waktu liburan yang sangat sedikit bisa menggunakan aplikasi ini untuk melakukan liburan vitual nya dengan melihat pengalaman orangl lain berlibur. Tentunnya hal ini merupakan sebuah konsep yang sangat menarik yang akan menjadi sebuah bisnis yang tidak hanya sangat menguntungkan bagi bisnis kita sendiri, konsumen yang membutuhkan fasilitas serta konten yang menarik, hal ini juga sangat bermanfaat bagi bisnis lain terutama yang bergerak di bidang transportasi untuk memasarkan bisnisnnya dengan lebih baik lagi.
Business Model Canvas
Berdasarkan penjelasan sebelumnnya tentang pentingnnya ide bisnis ini untuk direalisasikan akan dijelaskan lebih lanjut dalam penjabaran Business Model Canvas berikut ini :
-Customer Segments:
Customer kami pada umumnya merupakan setiap orang yang membutuhkan liburan. Kami yakin bisnis ini akan berhasil karena setiap orang membutuhkan liburan. Karena itu aplikasi ini bisa membantu mereka mewujudkan liburan terbaik mereka. Masalah yang mereka hadapi adalah sebagian orang sulit untuk merencanakan liburan mereka karena tidak bisa mendapatkan penawaran dan fasilitas terbaik dan paling menguntungkan tentunya. Padahal pada era teknologi ini semua orang seharusnnya bisa mendapatkan kemudahan dalam merencanakan liburan mereka. Namun yang menarik kami juga menjangkau orang-orang yang tidak punya waktu atau biaya untuk mewujudkan liburan mereka. Kebanyakan pekerja di kota besar tidak punya cukup waktu dikarenakan jadwal pekerjaan yang sangat padat sedangkan orang-orang di daerah atau orang-orang yang belum bekerja tidak mempunyai biaya yang cukup untuk mewujudkan liburan mereka. Karena itu aplikasi ini hadir untuk mewujudkan impian mereka ikut merasakan sensai berlibur bersama pengguna lain melalui media sosial.
-Value Propositions:
Layanan yang kami sediakan merupakan layanan perencanaan perjalanan yang akan terintegrasi dengan layanan pembelian fasilitas perjalanan seperti hotel, pesawat, serta tiket masuk objek wisata. Hal ini dimaksudkan untuk memudahkan konsumen kami dalam melakukan perjalanannya. Dengan layanan ini konsumen kami bisa mendapatkan informasi mengenai berbagai tujuan wisata di seluruh dunia. Bersamaan dengan itu mereka bisa merencanakan perjalanan mereka di tujuan tersebut dengan berbagai lokasi wisata yang ada. Hal ini akan mempermudah konsumen kami dalam mendapatkan informasi yang ada mengenai tempat-tempat liburan dan akan menyelesaikan masalah yaitu sulitnnya menentukan lokasi wisata. Selain itu kami juga menyediakan sebuah wadah yang bisa digunakan untuk berbagi pengalaman perjalanan dalam bentuk media sosial yang bisa digunakan konsumen kami untuk mebagikan perjalanannya serta bagi konsumen kami yang lain untuk menikmati konten-konten menarik tersebut. Hal ini kami lakukan untuk menyelesaikan masalah bagi konsumen kami yang merasa kesulitan untuk melakukan liburan.
-Channels:
Cara kami untuk memberikan layanan ini adalah melaui sebuah aplikasi yang beragam info perjalanan yang terintegrasi dengan media sosial milik kami sebagai wadah yang bisa digunakan konsumen kami untuk berbagi tentang informasi perjalanan. Media sosial ini juga difungsikan untuk menarik pelanggan kami agar bisa mengnggunakan aplikasi kami ini. Selain itu di setiap info perjalanan kami juga menyediakan sebuah layanan perencanaan perlajanan yang sudah terintegrasi bersama patner kami dari berbagai mancam bisnis yang mediakan fasilitas perjalanan mulai dari trasportasi, penginapan, serta tempat wisata.
-Customer Relationships:
Hal yang kami lakukan untuk menjaga hubungan kami bersama konsumen kami adalah dengan membuat sebuah komunitas pada media sosial miliki kami. Komunitas kami ini difungsikan selain untuk membangun hubungan dengan konsumen kami juga digunakan sebagai sumber bagi kami untuk meningkatkan layanan yang kami berikan. Selain itu dengan adannya komunitas yang juga diatur dengan pedoman komunitas. Kami mencoba membangun hubungan langsung dengan mengadakan acara bersama komunitas kami guna meningkatkan hubungan bersama komunitas kami.
-Revenue Streams:
Keuntungan yang kami dapatkan berasal dari kerjasama yang kami lakukan dengan patner kami sebagai biaya yang digunakan untuk bergabung dengan layanan utama kami yang akan mendapatkan kemudahan dan keutamaan dalam penawaran produk nya. Selain itu dengan memberikan sedikit margin dari layanan yang kami berikan merupakan salah satu keuntungan dari layanan kami. Selain itu kami juga mendapatkan keuntungan melalui
-Key Activities:
Dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen kami yang kami lakukan adalah dengan merancang platform yang mudah digunakan serta berisi informasi yang lengkap tentang berbagai tempat wisata di dunia. Hal ini penting untuk menyediakan informasi yang lengkap sebagai nilai jual utama layanan kami ini. Selain itu kami juga berusaha untuk mengelola data pelanggan dan rekanan serta layanan yang dilakukan secara online guna memperlancar pelayanan yang kami berikan.
-Key Resources:
Beberapa kebutuhan utama kami dalam menyediakan pelayanan kepada konsumen kami ialah sebuah server yang digunakan untuk menyimpan data pelanggan, serta sebuah platform yang digunakan sebagai media komunikasi antara kami dan konsumen kami serta patner kami. Hal ini diwujudkan dalam sebuah aplikasi yang telah berisi fitur-fitur yang medukung semua kegiatan bisnis kami
-Key Partnerships
Dalam menjalankan pelayanan kepada pelanggan kami akan melakukan kerjasama dengan berbagai bisnis yang menyediakan fasilitas perjalanan seperti maspai penerbangan, kereta api, hotel, tempat wisata, dan biro perjalanan guna mendukung fasilitas yang kami sediakan untuk merencanakan sekaligus membeli paket perjalanan. Hal ini akan sangat berguna bagi konsumen kami karena kami akan menyediakan berbagai pilihan paket perjalanan yang semua itu adalah hasil kerjasama bersama patner kami. Selain itu kami juga melakukan kerjasama bersama content maker dan seluruh konsumen kami yang ikut berkontribusi dalam meyediakan konten-konten yang berisi tentang info perjalanan dan juga objek wisata yang berada diseluruh dunia.
-Cost Structure:
Biaya yang diperlukan untuk menjalankan bisnis ini terletak pada biaya yang digunakan untuk membangun insfrasturtur yang digunakan untuk menyimpan data pelanggan, rekanan bisnis, serta data konten yang akan berada di media sosial. Biaya tersebut dikeluarkan untuk membeli insfrastruktur seperti server dan perngakat elektronik lainnya. Selain itu juga terdapat biaya pengembangan platform yang diperuntukan bagi konsumen kami untuk mengakses layanan kami. Biaya lain yang perlu dipertimbangkan adalah biaya operasional seperti karyawan dan biaya operasional lainnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H