Mohon tunggu...
Tara CahyaDamayanti
Tara CahyaDamayanti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Tugas individu

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Struktur Organisasi dan Deskripsi Pekerjaan

10 Mei 2023   15:06 Diperbarui: 10 Mei 2023   15:12 1161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 STRUKTUR ORGANISASI DAN DESKRIPSI PEKERJAAN 

Struktur organisasi adalah tata letak atau susunan yang menunjukkan bagaimana suatu perusahaan atau organisasi diorganisir atau diatur. Struktur organisasi mencakup pembagian tugas, wewenang, tanggung jawab, dan hubungan antara departemen atau unit di dalam perusahaan.

 

Pengertian Organisasi

Organisasi adalah suatu badan yang memiliki tujuan tertentu terdiri dari orang-orang atau anggota kelompok  yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan tersebut. Organisasi biasanya memiliki struktur dan sistem manajemen yang terorganisir untuk mengkoordinasikan tugas dan tanggung jawab para anggota organisasi.  Organisasi juga memiliki visi dan misi yang jelas sebagai panduan dalam mengambil keputusan yang tepat. Hal ini dilakukan agar dapat mencapai tujuan organisasi dengan efisien dan efektif. Organisasi dapat berupa lembaga perusahaan, lembaga pemerintah, lembaga pendidikan, dan lain-lain.

Asas-Asas Organisasi  

Organisasi memiliki asas-asas sebagai berikut:

a. Asas Keteraturan (Order)

Asas keteraturan dalam organisasi menunjukkan bahwa setiap individu harus  mengetahui tugas dan tanggung jawabnya dalam organisasi. Hal ini akan memudahkan dalam pengambilan keputusan, menghindari tumpang tindih tugas, dan meningkatkan efektivitas kerja.

b. Asas Kesatuan Perintah (Unity of Command)

Asas kesatuan perintah dalam organisasi menunjukkan bahwa setiap individu hanya menerima perintah dari satu orang atau atasan yang langsung di atasnya. Hal ini untuk menghindari kebingungan dan tidak memperlambat pelaksanaan tugas.

c. Asas Kesatuan Pengarahan (Unity of Direction)

Asas kesatuan pengarahan dalam organisasi bahwa setiap individu dalam organisasi harus memiliki tujuan yang sama, yaitu agar dapat mencapai tujuan organisasi secara keseluruhan. Untuk menghindari adanya tujuan yang bertentangan antara satu bagian dengan bagian lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun