Latar Belakang Masalah
Indonesia merupakan salah satu negara dengan luas wilayah yang besar dan kondisi geografis yang beragam serta memiliki pertumbuhan jumlah penduduk yang tinggi. Dimana hal tersebut membuat Indonesia menjadi negara yang memiliki beragam potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Dengan melimpahnya jumlah penduduk Indonesia, tentunya diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas agar nantinya berbagai sumber daya yang tersedia dapat dikelola sebaik-baiknya demi kesejahteraan bersama.
Dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia agar mampu menjaga dan mengelola kelestarian alam demi membawa Indonesia kearah yang lebih baik serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tentunya  diperlukan sinergitas dan perhatian dari berbagai pihak. Perusahaan milik negara maupun swasta melalui program CSR yang mereka jalankan, organisasi masyarakat sipil, komunitas, serta berbagai elemen masyarakat lainnya juga dapat turut andil  untuk membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan terkait kesejahteraan maupun peningkatan kualitas SDM Indonesia dengan melaksanakan berbagai program bantuan yang tentunya harus berlandaskan pada perkembangan teknologi  yang semakin pesat di era globalisasi sekaligus revolusi industri yang berlangsung saat ini.
Perusahaan merupakah salah satu pihak yang dapat berkontribusi untuk membantu pemerintah dalam mengentaskan permasalahan sosial-ekonomi yang diakibatkan karena hadirnya pengaruh perkembangan teknologi dan berbagai kemajuan yang semakin masif namun belum dapat dikelola dengan baik oleh sumber daya manusia yang tersedia. Hal ini dikarenakan terdapat suatu hubungan timbal baik antara perusahaan dengan masyarakat dalam bahu-membahu membangun negeri, dimana harmonisasi atas kontribusi keduanya akan menentukan keberhasilan dalam pembangunan bangsa.Â
Hal ini tentunya menjadi suatu catatan penting bagi perusahaan, karena akan tercipta suatu kondisi yang sinergis antara perusahaan dan masyarakat dalam proses pembangunan, dimana keberadaan perusahaan dan program bantuan yang dilaksanakannya diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.Â
Sehingga tentunya konsep tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan serta menjadi tanggung jawab perusahaan dalm rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan berkontribusi untuk menjaga lingkungan sosial maupun lingkungan alam terutama di lingkungan tempat perusahaan tersebut beroperasi. Untuk itu tentunya diperlukan komitmen nyata perusahaan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan bangsa melalui pembangunan.
Sebagai salah satu perusahaan besar di Indonesia yang bergerak di bidang telekomunikasi yang bertransformasi menjadi digital telco company, PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) tentunya tidak terlepas dari tanggungjawab sosial terhadap masyarakat atau Corporate Social Responsibility (CSR). Meningkatnya kesejahteraan masyarakat akan berimbas pada tumbuh dan berkembangnya skala usaha Telkomsel, begitupun sebaliknya.Â
Oleh karenanya, sejalan dengan paradigma CSR Telkomsel yang berfokus untuk mengakselerasikan negeri dengan mengembangkan ekosistem digital di Indonesia, menerapkan prinsip 3P Profit, People, Planet dalam praktek pelaksanaannya. Dimana PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melakukan berbagai program untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang dilakukan Pemerintah dengan memanfaatkan kemahiran teknologi informasi dan digital untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat melalui program CSR dengan fokus kepada empat pilar program CSR antara lain adalah pilar Pendidikan, Masyarakat Digital, Pemberdayaan Masyarakat dan Filantropi. Â
Realisasi kontribusi PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dalam Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Bagi Pembangunan Bangsa
Dalam rangka berkontribusi pada implementasi pembangunan bangsa sebagai bentuk sinergi dengan pemerintah, PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan di bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam program Tanggung Jawab Sosial Berdampak yang melibatkan karyawan PT. Telkomsel serta masyarakat luas dengan berlandaskan tiga pilar utama (triple bottom line), yaitu planet, people, dan profit.Â
Dimana Telkomsel bertujuan untuk membuka lebih banyak kemungkinan akan pemanfaatan teknologi digital secara tepat guna untuk memberikan dampak sosial positif dan perubahan nyata bagi kehidupan masyarakat secara menyeluruh dan berkelanjutan. Adapun program-program CSR yang dilakukan sebagai kontribusi PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) berfokus kepada empat pilar program (yang dilansir dari situs resmi telkomsel.com), antara lain :
Pendidikan
PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) berusaha berperan aktif untuk membuka dan meningkatkan akses pendidikan berkualitas bagi generasi muda demi meningkatkan kapasitas dan mempersiapkan keahlian profesi generasi muda seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi melalui program sertifikasi bernama IndonesiaNEXT. Dimana dalam kegiatan tersebut terdapat kegiatan seminar inspiratif dan sesi kreatif bagi mahasiswa. IndonesiaNEXT juga memberikan pelatihan dan sertifikasi nasional maupun internasional dengan menyertakan sertifikat keahlian yang dapat digunakan mahasiswa sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Dimana program ini bertujuan untuk menghasilkan generasi muda Indonesia yang kompeten untuk bersaing secara global di era digital. Selain itu, terdapat pula program T-Perpus, yaitu platform aplikasi perpustakaan digital pada smartphone yang berisi koleksi buku, majalah, dan koran dari berbagai penerbit terkemuka yang dapat diakses masyarakat secara gratis untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dan ilmu pengetahuan.
Kewarganegaraan Digital
Dalam rangka membangun karakter dan kualitas sumber daya manusia yang baik agar dapat memanfaatkan internet secara positif dan produktif seiring dengan perkembangan teknologi, PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengadakan kampanye #InternetBAIK di berbagai wilayah Indonesia yang merupakan sosialisasi dan edukasi mengenai pemanfaatan internet secara bertanggung jawab, aman, kreatif, dan inspiratif untuk menghindari dampak-dampak negatif dari internet seperti penyebaran pornografi, SARA, terorisme, eksploitasi anak, hate speech, cyberbullying dan lain sebagainya melalui rangkaian aktivitas workshop bagi anak-anak maupun remaja sebagai pengguna internet, serta para orangtua dan guru yang berperan sebagai pendamping guna membekali masyarakat di berbagai wilayah Indonesia mengenai penggunaan internet dakam rangka membangun ekosistem digital yang positif dan konstruktif, serta dapat memberikan nilai tambah untuk mendukung kewarganegaraan digital.
Selain itu, PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melaksanakan program The NextDev dengan melakukan pengembangan startup teknologi di Indonesia yang diharapkan mampu melengkapi ekosistem startup digital itu sendiri. Dimana ribuan aplikasi telah dihasilkan dari program tersebut yang diharapkan mampu mengakselerasikan ekosistem digital di Indonesia agar merata dan berkelanjutan.
Pemberdayaan Masyarakat
PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) berusaha untuk mendukung pengembangan potensi masyarakat dan usaha lokal yang dilakukan melalui penyediaan infrastruktur utama, memperkuat keterampilan dan sumber daya melalui pelatihan dan pendampingan komunitas, memperluas akses terhadap pasar dan modal, serta meningkatkan value chain lokal. Salah satunya dengan melaksanakan program inisiatif Baktiku Negeri yang kegiatan utama pnya berpusat untuk meberikan edukasi kepada masyarakat desa yang dilakukan oleh para karyawan Telkomsel secara sukarela. Materi edukasi yang diberikan meliputi kewirausahaan, literasi keuangan, dan pemasaran digital melalui pemanfaatan platform aplikasi Baktiku Negeriku. Selain itu, terdapat pula program Patriot Desa Digital yang menginisiasi pembentukan komunitas berliterasi digital dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat dan kualitas warga desa atau pinggir kota kecil dengan usaha yang dimilikinya melalui beberapa program, antara lain seminar, workshop, serta asistensi dan monitoring di 250 desa di seluruh Indonesia.
Filantropi
PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) juga berusah untuk selalu bekontribusi aktif dalam berbagai kegiatan sosial yang kemanfaatannya ditujukan untuk masyarakat luas melalui inisiatif Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA) yang merupakan satuan khusus penanggulangan peristiwa bencana alam yang terjadi di Indonesia. Dimana satuan ini bertugas melakukan percepatan perbaikan terhadap jaringan Telkomsel yang terdampak bencana sehingga kenyamanan dalam berkomunikasi dan berkoordinasi tetap terjaga. TERRA juga melakukan berbagai aktivitas sosial seperti pemberian bantuan kebutuhan pokok maupun perbaikan infrastruktur di daerah terdampak hingga fase recovery melalui kolaborasi dengan pemerintah di berbagai sektor.
Selain berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut, PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) juga turut berpartisipasi untuk memberikan dukungan dalam penanganan pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu. Dimana PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) terbukti telah berhasil memberikan kontribusi nyata berupa penyaluran CSR senilai Rp 4,5 miliar bagi tenaga medis maupun relawan COVID-19 berupa bantuan paket data, dimana sebelumnya Telkomsel telah menyalurkan ratusan ribu unit alat medis seperti ventilator, masker, alat pelindung diri, dan lain sebagainya senilai lebih dari Rp 25 miliar yang disalurkan kepada beberapa rumah sakit serta memberikan penguatan jaringan pada seluruh rumah sakit rujukan ataupun rumah sakit darurat penanganan COVID-19. Dimana tentunya berbagai program yang telah dilaksanakan oleh PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) ini merupakan bentuk konsistensi atas tanggungjawab mereka terhadap masyarakat serta pembangunan bangsa sesuai dengan paradigma dan prinsip pelaksanaan CSR yang mereka terapkan, yaitu prinsip 3P (Profit, People, Planet).
Analisis Penulis
Jika ditinjau secara lebih lanjut, berbagai program yang telah dilaksanakan dengan baik oleh PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) sebagai realisasi atas tanggungjawab sosial perusahaan dalam bentuk dukungan nyata serta bantuan dalam rangka mendukung pembangunan bangsa merupakan suatu wujud konsistensi dalam pelaksanaan Corporate Social Responsibility atau CSR itu sendiri. CSR dapat didefinisikan sebagai suatu nilai ataupun standar yang dilakukan berkaitan dengan komitmen dunia usaha untuk bertindak secara etis, beroperasi secara legal serta berkontribusi dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat luas. Dimana kewajiban sendiri untuk mengimplementasikan CSR tertuang dalam payung hukum berupa Peraturan Pemerintah (PP) No. 47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas, yang merupakan peraturan pelaksana dari ketentuan Pasal 74 UU No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan tersebut mendapatkan jaminan dan payung hukum, khususnya bagi perusahaan.
Dalam konteks ini, PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) telah menjalankan inisiatif sebagai bentuk komitmen Telkomsel terhadap masyarakat, baik secara independen maupun melalui upaya kolaboratif dengan pemerintah secara berkelanjutan yang dapat tercermin melalui pelaksanaan berbagai program sosial, terutama dalam pemanfaatan teknologi digital untuk mendukung kemajuan bangsa seperti melalui program IndonesiaNEXT yang berisi kegiatan seminar, pelatihan,dan sertifikasi nasional/internasional bagi para mahasiswa. Selain itu terdapat program aplikasi T-Perpus yang memudahkan masyarakat dalam mencari berbagai koleksi buku, majalah, dan koran dalam bentuk digital. Kemudian Telkomsel juga mengadakan kampanye #InternetBAIK (sosialisasi dan edukasi mengenai pemanfaatan internet secara positif untuk menghindari dampak buruk dari internet) melalui serangkaian workshop yang dapat diikuti oleh para pengguna internet serta melakukan pengembangan startup teknologi melalui program The NextDev. Selanjutnya, Telkomsel juga melaksanakan program inisiatif Baktiku Negeri dengan memberikan edukasi kepada masyarakat desa mengenai kewirausahaan, literasi keuangan, dan pemasaran digital serta pemanfaatan aplikasi Baktiku Negeriku, dan program Patriot Desa Digital yang menginisiasi pembentukan komunitas berliterasi digital dengan tujuan meningkatkan perekonomian masyarakat dan kualitas warga dengan usaha yang dimilikinya. Serta program Telkomsel Emergency Response and Recovery Activity (TERRA) yang merupakan satuan khusus penanggulangan peristiwa bencana alam yang terjadi di Indonesia.
Berdasarkan hal tersebut, penulis beranggapan bahwa implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) yang dijalankan oleh PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) selama ini sudah sangat baik dan cukup maksimal. Hal ini dikarenakan Telkom mampu memberikan manfaat nyata yang diterima oleh masyarakat dari berbagai inisiatif sosial yang dijalankan oleh Telkom, khususnya di tengah masa-masa penuh tantangan akibat perkembangan zaman yang berlangsung  semakin cepat pada era digitalisasi saat ini. Dimana berbagai program yang telah diimplementasikan tersebut tentunya sudah sesuai dengan tujuan awal Telkomsel dalam melaksanakan CSR ini, yaitu mengembangkan ekosistem digital di Indonesia serta mengarahkan pemanfaatan teknologi secara positif kepada masyarakat luas. Hal ini dikarenakan program tersebut dapat menjadi salah satu cara Telkomsel untuk berkontribusi mencerdaskan generasi bangsa agar tercipta sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas dan mampu berkontribusi dalam pembangunan bangsa secara lebih optimal. Selain itu, gagasan CSR PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) juga dirasa sangat tepat dilaksanakan pada saat ini untuk menghadapi laju perkembangan zaman yang terus mengalami perkembangan pesat. Dimana di tengah-tengah era globalisasi dan digitalisasi, masyarakat harus mampu mengetahui bagaimana cara memanfaatkan dan mengoptimalkan potensi yang mereka miliki dengan bantuan dari kemudahan teknologi yang tersedia demi mencapai kesejahteraan bersama, karena apabila laju perkembangan teknologi tidak dapat dikelola dengan baik, maka perkembangan teknologi tersebut justru akan membawa masyarakat kepada berbagai dampak negatif berupa semakin maraknya penyebaran hoax, hatespeech, cyberbullying, dan berbagai dampak negatif lainnya. Sehingga tentunya terjadi suatu pengembangan karakter dan kualitas sumber daya manusia agar dapat memanfaatkan internet untuk kegiatan produktif yang mendukung gaya hidup digital masyarakat Indonesia.
Keberhasilan PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dalam melaksanakan program CSR ini juga didukung dengan adanya fakta bahwa Telkom telah memenangkan penghargaan kategori Telekomunikasi dengan kriteria Inisiatif Tanggap Darurat Covid-19-Dukungan Kesehatan Medis dan Pendidikan Online pada ajang Iconomics CSR Awards 2020 serta sebelumnya  program CSR dalam pilar kewarganegaraan digital yaitu program The NextDev, telah mendapatkan berbagai penghargaan berskala nasional dan internasional. Beberapa di antaranya adalah People Choice Award Asia Pasific Investment Summit 2018, Best of The Best Future Makers 2018, dan Best 5 Kategori Social Good: Outstanding Mobile Contribution to UN SDGs dalam Ajang Mobile World Congress 2019 yang diadakan di Barcelona, serta program Baktiku Negeriku berhasil meraih gelar juara pada kompetisi bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) The World Summit on the Information Society (WSIS) Prizes 2018 yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 19-23 Maret 2018 di Jenewa, Swiss. Dimana berbagai penghargaan yang diterima Telkomsel atas kerjakeras mereka dalam melaksanakan berbagai program CSR ini tentunya dapat dijadikan tolak ukur untuk mengindikasikan sejauh mana keberhasilan Telkomsel dalam memberikan manfaat kepada masyarakat luas.
Saran
Dengan berbagai program CSR yang telah diimplementasikan dengan sangat baik oleh PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel), penulis berharap bahwa di masa yang akan datang ,Telkomsel dapat terus mempertahankan konsistensi dalam menjalankan berbagai program kebermanfaatan ini bagi masyarakat luas. Selain itu, penulis juga berharap agar kedepannya Telkomsel dapat memberikan bantuan berupa penyediaan fasilitas berupa akses jaringan yang merata dan stabil serta menyediakan gawai seperti komputer, handphone ataupun laptop pada  sarana-sarana vital seperti misalnya sekolah di daerah-daerah kecil terutama pulau-pulau terluar Indonesia atau yang dikenal sebagai daerah 3T. Hal ini dikarenakan masyarakat yang tinggal di daerah terpencil seringkali kesulitan untuk mengembangkan potensi dirinya maupun sumber daya lingkungan sekitarnya akibat minimnya teknologi yang tersedia. Sehingga alangkah lebih baik jika Telkomsel bisa memperluas jangkauan bantuan dan memfokuskan daerah-daerah kecil agar juga mampu bersaing dan memeanfaatkan perkembangan teknologi di era digitalisasi ini untuk mencapai kemajuan bersama.
Penutup
Berdasarkan penjelasan diatas, diketahui bahwa untuk dapat membangun Indonesia  menjadi negara yang berdaya dan sejahtera, tentunya dibutuhkan perhatian serta sinergi antara berbagai elemen dalam melaksanakan pembangunan negeri, baik itu elemen pemerintahan, perusahaan milik negara maupun swasta, berbagai organisasi maupun komunitas, serta elemen masyarakat umum. Dalam konteks kontribusi PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dalam program CSR sebagai bentuk upaya pemenuhan tanggungjawab sosialnya, program-program yang dilaksanakan tersebut sudah berjalan dengan sangat baik serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat digital di era revolusi industri dan digitalisasi saat ini. Untuk itu, penulis berharap bahwa kedepannya PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dapat terus mempertahankan serta memperkuat komitmen berupa upaya maupun inovasi dalam memberikan berbagai dampak sosial positif yang nyata bagi seluruh lapisan masyarakat melalui pelaksanaan berbagai program CSR berkelanjutan yang bersifat fundamental bagi kehidupan sehari-hari, sehingga tentunya akan tercipta reputasi yang baik bagi perusahaan di hadapan publik serta peningkatan hubungan antara perusahaan dengan masyarakat yang berlandaskan oleh rasa kepercayaan atas pelayanan dari PT. Telekomunikasi Selular (Telkomsel) itu sendiri.
Daftar Pustaka
- https://www.telkomsel.com/about-us/news/apresiasi-bagi-telkomsel-untuk-upaya-penanganan-covid-19 diakses pada tanggal 23 Desember 2021 pukul 07.30 WIB.
- https://www.telkomsel.com/about-us/news/bantu-masyarakat-hadapi-masa-pandemi-telkomsel-salurkan-donasi-dari-karyawan diakses pada tanggal 23 Desember 2021 pukul 07.38 WIB
- https://www.telkomsel.com/about-us/CSR diakses pada tanggal 23 Desember 2021 pukul 08.11 WIB
- https://bumninc.com/telkomsel-raih-csr-awards-2020-dinilai-berkontribusi-besar-selama-pandemi-corona/ diakses pada tanggal 24 Desember 2021 pukul 13.15 WIB
- https://www.google.com/amp/s/m.bisnis.com/amp/read/20190620/935886/telkomsel-fokus-di-4-pilar-csr-bangun-indonesia-digital diakses pada tanggal 24 Desember 2021 pukul 14.00 WIB
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H