Mohon tunggu...
Tantan BustanulArifin
Tantan BustanulArifin Mohon Tunggu... Guru - Guru

Selamat datang di Blog Pribadi Saya! Halo, saya Tantan Bustanul Arifin, seorang guru. Di blog ini, saya berbagi cerita, pengalaman, dan pemikiran tentang berbagai hal yang saya sukai, mulai dari hobi traveling, kuliner, cerita humor, teknologi, kegiatan sekolah, dan tentusaja hal hal yang menarik dalam bidang pendidikan, Saya percaya bahwa kehidupan adalah perjalanan yang penuh dengan pelajaran dan momen berharga. Melalui tulisan-tulisan saya, saya berharap dapat menginspirasi, menghibur, dan mungkin juga membantu Anda menemukan hal-hal baru yang menarik. Di sini, Anda akan menemukan: Catatan Perjalanan: Pengalaman saya menjelajahi tempat-tempat baru, budaya yang unik, dan petualangan seru. Resep dan Kuliner: Kreasi kuliner favorit saya, tips memasak, dan ulasan tentang makanan yang menggugah selera. Teknologi dan Inovasi: Pandangan saya tentang perkembangan teknologi terkini dan bagaimana mereka mempengaruhi kehidupan kita. Sastra dan Buku: Rekomendasi buku, ulasan, dan diskusi tentang karya sastra yang menarik. Saya senang bisa berbagi bagian dari hidup saya dengan Anda dan berharap Anda menikmati setiap artikel yang saya tulis. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar, saran, atau bahkan berbagi cerita Anda sendiri. Terima kasih telah berkunjung dan selamat membaca!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perubahan Kurikulum Adakah Berbau Politik?

9 Juli 2024   09:01 Diperbarui: 9 Juli 2024   12:24 177
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar diambil dari Canva Ai

Perubahan Kurikulum Adakah Berbau Politik ?

Oleh : Tantan Bustanul Arifin

Penulis adalah Mahasiswa Pasca Sarjana di STKIP Arrahmaniyah Depok

Kita sepakat bahwa Kurikulum pendidikan bersipat dinamis, berubah sesuai kebutuhan, seiring perubahan zaman. Kurikulum pendidikan dibuat dengan tujuan mempermudah tercapainya tujuan pendidikan nasional sesuai undang undang pasal 3 Undang-undang No. 20 Tahun 2003 yang berbunyi “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.”.

Namun dalam praktik nya, perubahan kurikulum seringkali memunculkan berbagai masalah yang berdampak pada seluruh pemangku kepentingan dalam pendidikan. Berikut bebrapa masalah yang sering muncul akibat pergantian kurikulum yang sering terjadi:

1. Guru dan siswa memerlukan Waktu Penyesuaian

Dengan adanya pergantian dan penerapan kurikulum baru diperlukan waktu penyesuaian baik  guru maupun siswa, guru harus belajar kembali dengan mengikuti pelatihan pelatihan untuk memahami dan mengimplementasikan kurikulum baru.

Begitu juga dengan peserta didik, siswa harus beradaptasi dengan sistem pembelajaran dan penilaian yang baru ketika kurikulum berubah. Jika guru perlu waktu untuk memahami kurikulum baru dan siswa memerlukan waktu untuk adaptasi, maka proses pembelajaran tidak akan maksimal.

2. Beban Finansial yang meningkat

Penerapan kurikulum baru berdampak pada berubahnya bahan ajar dan sumber pembelajaran, sehingga penerbit buku menyesuaikan buku terbitan nya dengan kurikulum baru, itu bearti masyarakat yang memiliki anak usia sekolah harus mengeluarkan dana tambahan untuk pembelian buku, dengan adanya penggantian kurikulum, siswa tidak bisa menggunkan buku bekas kaka nya, dikarenakan beda kurikulum, begitujuga berdampak pada hal lainnya sehingga masyarakat harus mengeluarkan biaya lebih untuk sekolah, seperti baju seragam model baru dan lain nya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun