Sebagian besar orang pasti pernah mengalami stress di saat kerja. Deadline atau dikejar-kejar target perusahaan mungkin salah satu alasan kalian stress di kantor.
Namun sebenarnya semua itu bisa di atasi dengan mudah kompasianer! And here's the tips from Tammy Black.
1. Pikirkan hal-hal yang positif.
Kesel sama kolega yang sedikit-sedikit memaki? Coba pikirkan hal yang postif daripada bersikap defensif. Ketika kolega mulai memaki, berpikirlah dengan tenang dan jawab tanpa menggunakan emosi. Tidak perlu mengambil pusing perkataan orang lain dan membuat kalian berpikir negatif tentang mereka. Katakan pada diri kalian, "Dia adalah orang yang baik dan semuanya pasti kembali kepadaku dengan hal yang jauh lebih baik lagi"
Menurut Dr. Joseph Murphy dalam bukunya "Rahasia memaksimalkan potensi lewat kekuatan pikiran bawah sadar" mengatakan bahwa semua pikiran negatif akan terbawa pada diri kita sendiri dan hasilnya tentu saja buruk. Jadi, tetap berpikir positif terhadap orang lain dan diri sendiri!
2. Tidak perlu terbawa emosi
Pasti semua orang pernah merasakan emosi yang ingin meledak di kantor. Apalagi harus berurusan dengan orang di luar kantor. Tidak perlu terbawa emosi. Kalau sudah hampir meledak, ambil jeda sejenak keluar kantor selama beberapa menit. Tenangkan diri kamu dan pikirkan hal-hal yang positif.
3. Tersenyum
Tersenyum dan santai dalam mengerjakan segala sesuatu bisa membuat kita menikmati pekerjaan loh. Tapi bukan santai dalam artian bermalas-malasan. Cukup dengan lemaskan bahu kalian dan lakukan pekerjaan kalian dengan senyuman.
4. Tidak perlu terpengaruh orang lain
Teman sekantor marah-marah dengan orang departemen lain? Tidak perlu didengarkan! Fokus dengan pekerjaan kalian sendiri. Semakin banyak kalian mengisi pikiran dengan hal-hal yang menyenangkan, seperti "sebentar lagi weekend", semakin banyak pekerjaan yang bisa kalian nikmati.
5. Olaharaga di waktu senggang
Kemarahan atau kekesalan kerap membuat energi kita jadi berlebih. Olahraga yang cukup di waktu senggang merupakan pengalihan pikiran yang terbaik. Selain pikiran jadi sehat karena teralihkan dari stress di kantor, badan juga jadi sehat!
6. Tidak perlu dipikirkan
Usahakan tidak perlu membawa beban pikiran kalian di kantor ketika kalian pulang. Kalian pasti pernah pada saat sampai di rumah, semua hal yang ada di kantor terpikirkan kembali. Alihkan dengan bersantai bersama keluarga atau nyemil sendiri di kostan sambil menonton acara TV kesayangan. Lalu tidur dengan pikiran bebas beban! Mimpi mengenai pekerjaan di kantor juga manifestasi bahwa kita sedang stress.
7. Berikan penghargaan pada diri kalian sendiri.
Apapun yang kalian kerjakan, berikan penghargaan pada diri kalian sendiri. Seharian di spa atau menikmati jacuzi selepas pulang dari kantor, bisa jadi penghargaan yang memuaskan loh! Setelah itu ingat untuk mengatakan pada diri kalian sendiri "Kamu sudah melakukan yang terbaik, keep the good job!" Semakin kita menghargai diri kita sendiri, semakin banyak orang yang menghargai kita.
Banyak diantara kita pasti yang tidak menyadari pikiran kita sedang stress. Gejala flu atau sedikit sakit kepala bisa menjadi tanda bahwa kita stress di kantor. Jadi, biarkan pikiran kalian bebas dari beban! Kesuksesan datang dari diri sendiri...
Kucing bandel? Suka pipis sembarangan? Pengen konsultasi gratis atau tips seru tentang memelihara kucing, follow Tammy di twitter @blackcat1366 atau check blog update Tammy tentang kucing: diarysikucinghitam.blogspot.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H