Seiring dengan perkembangan jaman, teknologi pun terus mengalami kemajuan. Peningkatan teknologi ini tentunya bertujuan untuk lebih mempermudah masyarakat melakukan berbagai macam aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari.
Salah satu contoh kemajuan teknologi yang sudah lama dimanfaatkan oleh masyarakat adalah belanja online. Dengan memanfaatkan internet, masyarakat dapat melakukan transaksi jual beli lewat dunia maya.
Masyarakat yang dulunya menggunakan PC untuk aktivitas berinternet, sekarang mulai beralih ke ponsel. Ponsel atau smartphone yang mulai menjamur ini, bahkan sekarang bisa dimiliki oleh hampir setiap masyarakat. Selain karena mudah diperoleh, smartphone juga bisa didapatkan dengan harga yang murah.
Tidak hanya dipakai untuk menelpon, smartphone juga dapat dimanfaatkan untuk aktivitas lainnya, seperti game, memotret, SMS dan menulis. Bahkan jika dipasang paket data untuk internetan, smartphone bisa dimanfaatkan juga untuk berkirim email, berselancar di media sosial, browsing, aktivitas perbankan, serta memasang berbagai macam aplikasi.
Nah, berbagai aplikasi ini sudah banyak dimanfaatkan oleh para pengguna smartphone untuk mendapatkan berbagai kemudahan. Seperti aplikasi untuk mengedit foto, aplikasi media sosial, aplikasi ojek atau taksi online, aplikasi browser, aplikasi mobile banking, dan banyak lagi yang lainnya. Semua disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing pengguna smartphone tersebut.
Salah satu contoh aplikasi yang sekarang lagi marak adalah pemesanan ojek online via aplikasi di smartphone. Dengan adanya ojek online ini, dianggap dapat menguntungkan semua pihak, baik driver, penumpang, maupun perusahaan ojek online-nya sendiri.
Aplikasi lain yang sedang diminati masyarakat adalah mobile banking. Saat ini dunia perbankan terus menggeliat dan membenahi diri agar bisa bergerak maju mengikuti perkembangan teknologi, sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.
Dan hal inilah yang telah dilakukan oleh Bank Internasional Indonesia (BII), sebuah bank terkemuka dan terpercaya di Indonesia. Setelah sebelumnya memberikan layanan via internet banking, lalu bergerak ke SMS Banking, sekarang BII memperkenalkan aplikasi perbankannya untuk memberikan kemudahan bagi nasabahnya.
Peluncuran aplikasi yang diberi nama BII Maybank2u ini telah diselenggarakan di Midtown Jakarta Bistro & Lounge pada hari Senin, 14 September 2014 kemarin. Peluncuran aplikasi sekaligus talkshow ini memberikan saya pengetahuan tentang perbankan, serta dapat menggali lebih dalam lagi informasi mengenai perkembangan mobile banking di Indonesia.
Acara talkshow dimoderatori oleh Mr. John Patrick atau lebih akrab di sapa Mr. JP. Di sini beliau mewakili Financial Ecommerce terbesar di Asia Tenggara yaitu Fintech Association, sekaligus CEO dari situs cekaja.com yang merupakan sebuah portal finansial di Indonesia, yang bersifat liberal, dengan informasi yang transparan, yang dapat  membantu kita membuat keputusan finansial yang tepat.
Ada 4 bagian penting bagi Fintech Community untuk membangun eco-system yang kuat, yaitu knowledge, accelerate, platform dan adoption.
BII Banking merupakan salah satu program dari cekaja.com yang paling lama dan paling kuat. JP dan kawan-kawan juga mendirikan sebuah asosiasi penyelenggara teknologi finansial Indonesia (Fintech Indonesia).
Sektor perbankan dan keuangan di Indonesia sangat tergantung pada teknologi. Teknologi sudah bergerak di mana-mana, baik di dunia transportasi, shoping, bahkan perbankan.
Perkembangan Teknologi Mobile di Dunia
Lalu Mr. Hansal Savla, Senior Director TNS Research menceritakan tentang perkembangan teknologi mobile di dunia. Data dari Connected Life 2014 mengeksplorasikan, bagaimana teknologi telah mengubah kehidupan konsumen di seluruh dunia, yaitu lebih dari 45.000 responden dari 50 negara.
Ini bisa kita lihat dari kebiasaan yang berkembang di masyarakat saat ini. Jika dulu orang akan hangout untuk bisa bertemu dengan teman-temannya, namun sekarang masyarakat lebih memilih menggunakan gadget, untuk mencari teman-teman mereka serta chit chat via internet.
Masyarakat di negara berkembang cenderung ‘demam’ dengan perangkat teknologi. Dan ponsel merupakan salah satu bagian teknologi yang sering digunakan.
Indonesia sendiri, rata-rata pengguna internet adalah sekitar 37%, dan lebih dari 90% nya melakukan akses internet via ponsel. Sebagai perbandingan, jika terdapat 100% penduduk Indonesia, 82% nya telah memiliki ponsel, 50% nya memiliki ponsel yang bisa untuk internetan, 37% nya menggunakan internet, 34% nya menggunakan internet via ponsel, dan 23% nya menggunakan smartphone.
Prediksi untuk masa yang akan datang, konektivitas digital pada tahun 2020/ 2025, berdasarkan faktor konsumen dipengaruhi oleh literasi umum, yaitu menggunakan satu bahasa, lajunya pertumbuhan income, dan bertambahnya jumlah wanita karir. Sedangkan berdasarkan pada pengguna teknologi dipengaruhi oleh penetrasi universal mobile, tingginya penetrasi smartphone dan tingginya kecepatan mobile data.
Hampir 28% masyarakat dunia, dan 11% masyarakat di Indonesia melakukan berbagai aktivitas perbankannya dengan menggunakan ponsel, baik itu via aplikasi maupun internet banking. Jadi bisa disimpulkan bahwa penggunaan mobile banking sudah dianggap penting untuk saat ini.
Kenyamanan adalah pendorong utama setiap orang di seluruh dunia menggunakan mobile banking, karena cepat, tidak perlu antri dan tidak ada berkas-berkas yang perlu di isi.
Dan 20% masyarakat dunia, serta 8% masyarakat di Indonesia pengguna ponsel, memanfaatkan ponsel mereka sebagai mobile wallet. Mereka melakukan pembayaran terhadap barang yang mereka beli menggunakan ponsel, baik itu menggunakan layanan SMS, aplikasi atau pun dengan menyentuh sensor yang ada pada layar ponsel.
Bagaimanapun konsumen lebih nyaman menggunakan mobile wallet daripada menggunakan uang tunai atau kartu alternatif lainnya. Alasannya yaitu dapat menghemat waktu belanja di kasir, dapat menghemat uang belanja dengan harga promosi yang dapat disesuaikan, serta menambah pengalaman konsumen dengan memberikan solusi pembayaran secara cepat dan mudah via ponsel.
Kemampuan unik ponsel dalam menjembatani antara online dan offline ini, dapat menawarkan target peluang bagi konsumen.
Dalam membangun perusahaan, ponsel menawarkan cara baru untuk memperluas proposisi perusahaan dan cara baru dalam pengiriman barang. Â
Untuk aktivasi perusahaan, ponsel memberikan konversi peluang dengan menargetkan konsumen dekat dengan tempat pembelian.
Sedangkan untuk pengalaman konsumen, ponsel memungkinkan konsumen untuk memperpanjang layanan yang ditawarkan atau mengembangkan layanan baru.
Ponsel merupakan perangkat utilitas utama, yang dapat memenuhi semua kebutuhan konsumen. Menargetkan semua kebutuhan ini, yaitu kenyamanan, kebebasan, pengalaman, relevan dan penjaminan merupakan kunci sukses membangun perusahaan berbasis ponsel.
Layanan Mobile Financial
Mr. Stefanus Willy Sukianto, Head, Wealth Management, Segment Strategy & e-Channel BII kemudian memberikan penjelasan mengenai tren dunia dalam pelayanan mobile financial
Beliau mengatakan bahwa dahulu bank hanya fokus pada ekspansi cabangnya, namun seiring dengan perkembangan teknologi, sekarang bank mulai memperbanyak kemudahan teknologi internetnya. BII sendiri sudah meluncurkan mobile banking sejak tahun 1998 dan merupakan bank pertama yang menggunakan mobile banking.
Mobile banking dapat memberikan pelayanan, seperti anytime & anywhere yaitu dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun, convenient yet secure yaitu nyaman saja belum tentu aman, keamanan merupakan hal terpenting bagi nasabah, serta terintegrasi antara chanel.
Apa yang dapat diberikan oleh BII Mobile Banking? BII Mobile Banking dapat memberikan eksperien bagi nasabah, mengerti kebutuhan nasabah dan fokus pada kemampuan produk serta meningkatkan basis pengguna dan penggunaan.
Berikut persembahan terbaru dari BII Mobile Banking :
- Internet based mobile banking,
- High capability,
- Powerful function
- Meet customer lifestyle,
- For iPhone and Android
Sekarang BII telah meluncurkan aplikasi BII Maybank2u yang merupakan layanan BII Mobile Banking berbasis internet, yang dapat diakses melalui aplikasi smartphone (fast). BII Maybank2u merupakan satu aplikasi untuk semua akses portfolio nasabah, seperti tabungan, Giro, Deposito, Kartu Kredit, pinjaman (powerfull), serta lifestyle.
Fitur-fitur unggulan BII Maybank2u :
- Informasi promo BII, lokasi ATM dan Cabang BII terdekat dengan teknologi Augmented Reality.
- Keamanan berlapis yang dilengkapi dengan fitur security image dan image phrase.
- 1 Aplikasi untuk mengakses semua rekening tabungan, Giro, Deposito, Kartu Kredit, KPR dan KTA.
- Transfer dana melalui RTGS, SKN dan realtime online.
- Informasi mutasi rekening hingga 3 bulan terakhir.
- 1 user ID untuk BII Internet Banking dan BII Maybank2u Apps.
- Menggunakan TAC (SMS Token) bebas biaya, sehingga tidak perlu membawa token fisik.
- Fitur future date dan recurring transaction untuk transfer dana, yang dapat dilakukan berulang langsung secara otomatis sesuai waktu yang kita tentukan.
- Informasi kurs valuta asing dan kalkulator pinjaman KPR.
Â
Keamanan BII Maybank2u
Setelah Aplikasi BII Maybank2u resmi diluncurkan, Mr. Gusnawan Tjan, Head e-Channel BII melanjutkan sesi talkshow dengan memberi penjelasan mengenai keamanan BII Maybank2u.
Untuk aplikasi perbankan mungkin masih banyak diantara kita yang masih meragukan tingkat keamanannya. Untuk keamanan akun nasabahnya, BII Maybank2u menyediakan multiple security layer, yaitu tingkat keamanan yang berlapis.
Di saat kita login untuk pertama kalinya, ada dua faktor untuk mengautentifikasi. Pertama, kita akan diautentikkan oleh bank sebagai pemilik akun, dan itu diauntentikkan dari apa yang kita ketahui yaitu password. Apa yang kita punya, yaitu ponsel, merupakan hal yang penting, karena setiap melakukan transaksi, autorisasi kodenya akan dikirim ke nomor ponsel kita. Kode yang dikirim merupakan kode spesifik yang hanya bisa dipakai untuk transfer, dan tidak bisa digunakan untuk transaksi yang lain.
Yang kedua, pengauntentikan akun saat login juga menggunakan gambar dan frasa yang telah kita buat sendiri pada saat awal aktivasi BII Maybank2u. Sehingga security layer akan susah untuk ditembus oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Jadi kesimpulannya, BII Maybank2u itu :
- Multiple security layer,
- Manage all account portfolio,
- Comprehensive transaction history,
- Flexible fund transfer,
- Pay your bills and reload telco,
- Augmented reality for your lifestyle.
Bisnis yang biasanya berhasil itu adalah bisnis tradisional yang kemudian berpindah ke cara yang lebih modern. Dan agar bisnis tersebut berhasil, perlu diperhatikan 4 faktor ini, yaitu dapat membuat user save money, make money, save time dan bantu user untuk bereksperimen. Jadi apa yang telah dilakukan BII dengan mengusung aplikasi BII Maybank2u merupakan sesuatu yang excellent!
Oya, patut diketahui bahwa mobile banking ini tidak ditujukan bagi usia dan daerah tertentu saja. Asalkan memiliki ponsel dan terhubung dengan internet, semua bisa memanfaatkan kemudahannya.
Untuk melakukan registrasi BII Internet Banking atau Maybank2u bisa dilakukan dengan mengunjungi cabang BII terdekat. Ehem, untuk fasilitas BII Maybank2u ini bebas biaya registrasi dan administrasi lho! Biaya hanya dikenakan untuk jenis transaksi tertentu, seperti RTGS, kliring, kiriman uang dalam valuta asing, dan lain-lain.
Aplikasi BII Maybank2u bisa di download di Google Play Store dan iOS App Store secara gratis, dan dapat di akses selama 24 jam. Untuk penggunaannya juga tidak membutuhkan tutorial karena sangat mudah dalam pengaplikasiannya. Dan ini merupakan salah satu challenge application, dengan memastikan bahwa user nya dapat dengan mudah menggunakannya, it’s simple! :)
BII Maybank2u, dengan semua rekening dalam satu aplikasi, berikan semua kemudahan dalam genggaman kita :)
Untuk informasi yang lebih lengkap lagi mengenai BII Maybank2u bisa kunjungi website www.bii.co.id atau di Fanpage Facebook BII Friends Community dan Twitter @biifriends.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H