Oleh: Tedy Zainul Arifin, M.Pd.
SD Fastabiqul Khairat Samarinda Kalimantan Timur
* Naskah Pembelajaran Digital “My Teacher My Hero” Indonesia Digital Learning 2016
Tedy Zainul Arifin bersama partner dan peserta didiknya 1 Jeddah sd fastabiqul khairat
1.1. LATAR BELAKANG MASALAH
SAMARINDA, KOMPASIANA.COM,-Pendidikan merupakan usaha manusia untuk menyiapkan diri dalam peranannya dimasa akan datang. Pendidikan di masa lalu sangat berbeda dengan pendidikan masa kini. Seperti yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. R. Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA pada seminar Indonesia Digital Learning (IDL) Tahun 2016 bahwa anak pada zaman sekarang, sejak dilahirkan telah mengenal adanya teknologi, bahkan jika dilihat lebih dalam, mulai sejak dalam kandungan-pun anak telah dikenalkan teknologi, yaitu berupa pemeriksaan medis secara USG, misalnya. Dengan adanya fenomena bahwa kehidupan zaman sekarang tidak bisa lepas dari teknologi, sudah sepatutnya orang tua dan guru, mendidik dan membimbing anak sesuai dengan zamannya.
Peran orang tua diperlukan saat mendidik anak di rumah, dengan memberikan porsi yang tepat untuk teknologi anak, khususnya dalam memberikan HP atau smart phone. Dalam arti, membatasi waktu dan memeriksa aplikasi-aplikasi yang digunakan oleh anak, khususnya aplikasi game. Sedangkan peran guru, diperlukan memberikan arahan dan bimbingan baik pada anak maupun pada orang tua, bahwa dalam aplikasi game, ada yang bermanfaat untuk edukasi. Disini, dari hasil wawancara dengan orang tua kelas 1 Jeddah SD Fastabiqul Khairat, 8 dari 10 orang tua, tidak mengetahui bahwa ada banyak aplikasi game edukasi yang bermanfaat yang telah disediakan oleh play store secara gratis. Orang tua hanya tahu game-game yang berupa permainan untuk anak. Penulis tertegun mendapati kenyataan di atas.
Melalui My Teacher My Hero (MTMH) IDL Tahun 2016 dan bertitik tolak dari latar belakang masalah di atas penulis ingin mensosialisasikan game-game edukasi yang bermanfaat pada play store. Ada ratusan bahkan ribuan game edukasi yang gratis maupun berbayar, dan bermanfaat untuk menunjang berbagai macam pelajaran. Anak jangan dibatasi oleh teknologi, peran orang tua dan guru yang berkewajiban untuk memberikan bimbingan teknologi yang mengarah pada pendidikan serta membantu dalam proses pembelajaran siswa.
1.2. PERUMUSAN DAN PEMECAHAN MASALAH
1.2.1. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka perumusan masalahnya sebagai berikut: Bagaimana penggunaan aplikasi game edukasi yang tersedia pada play store mampu meningkatkan kemampuan belajar siswa SD Fastabiqul Khairat Samarinda.
1.2.2. Pemecahan Masalah
Dengan game-game edukasi pada play store, diharapkan siswa SD Fastabiqul Khairat Samarinda mampu memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran.
1.3. TUJUAN PENULISAN
Berpijak dari permasalahan yang di atas maka tujuan penulisan ini adalah:
1.3.1 Meningkatkan peran serta orang tua dan guru dalam mendidik dan membimbing anak melalui teknolgi yang bermanfaat untuk proses belajar siswa
1.4. MANFAATPENULISAN
Dari penulisan ini diharapkan bermanfaat :
1.4.1. Siswa :
- Mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar.
- Memberikan alternatif cara belajar melalui teknologi.
- Mempermudah siswa mencari alat bantu pembelajaran.
1.4.2. Guru Sebagai penulis :
- Meningkatkan profesionalisme dalam bidang pendidikan.
- Memberikan pilihan teknologi yang tepat guna
1.4.3. Lembaga
- Memberi sumbangan yang berharga bagi lembaga bahwa aplikasi play store menyediakan game-game yang bermanfaat untuk pendidikan dan dapat dijadikan sebagai alat bantu pembelajaran.
- Meningkatkan mutu sekolah dalam rangka memberikan pembelajaran berbasis teknologi.
1.4.4. Orang tua siswa
- Memberikan pemahaman bahwa game pada HP atau smart phone tidak hanya permainan, tetapi ada banyak game yang bermanfaat untuk pendidikan anak.
1.5 BEBERAPA GAME EDUKASI PADA PLAY STORE
Di play store banyak sekali berbagai macam game android anak terbaik dan terpopuler untuk edukasi yang bisa didownload secara gratis. Selain membuat rasa senang pada anak, juga dapat memberikan sebuah edukasi / pembelajaran sehingga proses bermain sambil belajar akan sangat menyenangkan. Di bawah ini diberikan beberapa game yang bisa dimanfaatkan oleh anak:
1.5.1 Anak Cerdas
Aplikasi edukasi paling lengkap materinya. Tidak spesifik hanya untuk matematika tapi juga pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Sains. Aplikasi ini juga diperuntukkan untuk SD kelas 1 hingga 6 dengan soal yang sudah disediakan dan sesuai materi sekolah.
1.5.2. Numbers & Addition! Math games
Aplikasi yang ini mengajak anak untuk belajar berhitung dalam bentuk permainan dan berbagai karakter hewan yang menyenangkan. Di dalamnya juga terdapat gameplay berupa pertualangan di sebuah padang rumput, tetap mengajak anak untuk mengasah kemampuan menghitungnya. Aplikasi ini didesain untuk anak-anak berusia 3,4,5 dan 6 tahun yang segera siap naik ke sekolah dasar.
1.5.3. Virtual Pet, My Boo
Anak-anak sangat menyukai binatang peliharaan. Dengan game edukasi ini, anak di latih untuk tanggung jawab terhadap binatang peliharaannya dengan memberi makan dan merawat binatang peliharaan virtualnya.
1.5.4. Aniworld
Dengan menggunakan aplikasi ini, diharapkan anak-anak akan dapat mengerti tentang berbagai spesies binatang yang ada. Aplikasi ini sudah bisa dikatakan menarik karena dihiasi dengan gambar yang lucu dan bisa mencuri perhatian para penggunanya yakni anak-anak. Selain mengenalkan berbagai hewan, anak-anak juga akan diajak untuk mengenal makanan apa yang cocok untuk hewan ternak. Database Aniworld sendiri memiliki 36 spesies hewan yang berbeda-beda, rata-rata merupakan hewan ternak.
1.5.5. LEGO® DUPLO®
Salah satu game android anak yang cukup menarik yakni LEGO® DUPLO®, aplikasi Android ini cocok sekali untuk anak-anak, sebab aplikasi ini menawarkan semacam permainan lego penuh warna di mana di dalamnya anak akan diminta untuk mengendarai sebuah kereta api dari satu stasiun ke stasiun lain. Anak dapat memilih dan memuat gerbong kereta, membangun jembatan, mengisi bahan bakar dan membuat jalur kereta yang baru. Cocok untu anak usia 1,5 hingga 5 tahun, sebab aplikasi ini akan merangsang daya pikir dan kreatifitas anak di usia tersebut.
1.5.6. Carnival of Animals
Aplikasi yang satu ini dijamin cocok untuk anak sebab di dalamnya terdapat materi-materi musik yang digabungkan dengan rangkaian gambar-gambar hewan yang lucu. Banyak hal yang dapat dipelajari anak dari aplikasi ini, apalagi anak-anak berusia 2 hingga 6 tahun dianggap mampu menampung banyak hal baru dengan cepat, salah satunya musik. Bahkan banyak ahli percaya kemampuan bermusik menentukan kecerdasan seorang anak, itu sebabnya banyak anak diikut sertakan dalam berbagai kegiatan yang berbau musik.Selain materi musik, dapat juga memandu anak sehingga mengetahui nama-nama binatang yang ada di dalam aplikasi ini.
1.5.7. Marbel Belajar Warna
Aplikasi yang satu ini asli buatan Indonesia, Educa Studio. Aplikasi khusus anak-anak ini akan memperkenalkan berbagai warna kepada anak misalnya warna-warna dasar, warna pelangi, warna campuran, warna benda, tebak warna dan banyak lagi lainnya. Aplikasi ini didesain sedemikan rupa agar tampilannya disukai anak-anak, hebatnya pengembang ini tidak hanya menawarkan satu aplikasi, mereka juga yang membuat beberapa game yang juga ditujukan untuk anak-anak misalnya Marbel Belajar Buah, Marbel Belajar Musik, Marbel Belajar Flora dan sebagainya.
1.5.8. Toddler-Cars
Game Android untuk anak usia balita ini memberikan pengetahuan tentang jenis-jenis nama kendaraan, mulai dari ambulans, mobil pemadam kebakaran, hingga sepeda mini. Semuanya dalam bahasa Inggris, sekaligus dapat mengenalkan bahasa Inggris untuk balita.
1.5.9. Cake-Maker
Salah satu game Android untuk anak usia balita ini mengajak si kecil membuat berbagai macam bentuk kue ultah, lengkap dengan urutan pembuatannya. Mulai dari menyiapkan bahan telur dan tepung hingga memilih hiasan kue. Game Android untuk anak ini mengasah kreatifitas balita di bidang artistik dan pengetahuan memasak.
1.5.10. Fruits and Vegetables for Kids
Adalah permainan pendidikan gratis bagi anak-anak pada usia 1 sampai 4 tahun, yang akan mengajari mereka tentang buah-buahan dan sayur-sayuran. Bersama-sama dengan anak, bisa menonton gambar yang indah dari bermacam-macam buah dan sayur, sambil belajar mengenal nama buah dan sayuran.
1.5.11. ABC PreSchool Playground Free
Aplikasi game ABC PreSchool Playground Free adalah kegiatan pendidikan untuk balita dan anak-anak, biarkan anak-anak mencorat-coret dengan jari-jemari mereka sesuka hati dan menunjukan keahlian artistik mereka. Memilih dari berbagai krayon warna, menghapus, dan memulai dari awal. Game ini juga bisa menjadi alternatif buku gambar bagi anak-anak untuk mengekspresikan kemampuannya dalam menggambar.
1.5.12. Kids Preschool Puzzle Lite
Game android untuk anak ini dirancang untuk mengenalkan benda kepada si kecil sekaligus mengasah keahlian mereka dalam menyusun kembali bentuk tak beraturan yang berserakan menjadi bentuk utuh. Pilihan benda bisa dipilih mulai dari buah, abjad, binatang, maupun jenis kendaraan.
1.5.13. Swampy
Game Android dan IOS dengan tokoh utama si buaya lucu ini mengasah si kecil untuk menyusun strategi dalam mengisi air yang disediakan untuk si buaya bisa mandi. Uniknya jika si buaya sampai tidak bisa mandi, dia akan menangis tersedu-sedu. Hal ini biasanya yang menjadi bagian menarik bagi balita.
1.5.14. Endless Alphabet
Game yang satu ini cocok untuk anak yang masih belajar membaca dan mengenal huruf. Anak akan didorong untuk mendrag huruf ke tengah sebuah kata. Dan saat kata tersebut lengkap, maka kata tersebut akan bertransformasi menjadi animasi yang menerangkan arti kata tersebut.
1.6 PENUTUP
Demikian naskah penulisan lomba MTMH saya buat, mudah-mudahan bermanfaat bagi diri sendiri khususnya dan pembaca lainnya pada umumnya. Video yang saya tampilkan adalah penggunaan aplikasi game Numbers & Addition! Math games untuk menunjang proses belajar matematika siswa dan masih banyak lagi game edukasi lainnya.FOTO DOKUNTASI PRIBADI
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H