Mohon tunggu...
Tableau Partner
Tableau Partner Mohon Tunggu... Administrasi - Share seputar Tableau

Think Big. Start Small.

Selanjutnya

Tutup

Money

Monitoring Penjualan Produk Anda Secara Rutin, Sudahkah?

13 Februari 2019   16:49 Diperbarui: 13 Februari 2019   17:25 400
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sudah dong.. Mungkin sebagai dari Anda yang membaca akan bilang begini.

Tapi kalo saya tambahkan sedikit kalimatnya menjadi, Sudahkah monitor penjualan produk Anda dengan benar?

Sudah juga? Hehe..

Monitoring merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan saat kita melakukan aktivitas apalagi di bisnis atau hal yang terkait dengan omzet dan profit. Kudu banget harus kita monitor juga agar bisa terlihat progresnya.

Oke, konsep besarnya mungkin sudah sama-sama setuju ya.

Langkah selanjutnya ialah gimana cara melakukannya? Kalo menggunakan software, apakah sudah mudah digunakan? Sudah bisa memberi data insight yang Anda perlukan?

Kebanyakan mungkin Anda sudah menggunakan software yang cukup terkenal yaitu Microsoft Excel. Betul?

Untuk Anda yang skala bisnis atau perusahaannya masih belum besar mungkin masih bisa terfasilitasi dengan berbagai fitur di Excel. Tapi kalo yang sudah punya puluhan cabang, ratusan jenis produk dan ribuan karyawan. Kira-kira masih cukup?

Kebetulan istri saya ada di lingkungan salah satu MNC FMCG yang juga menggunakan Excel untuk ini. Prosesnya tetap bisa dilakukan tetapi biasanya akan lebih memakan waktu apalagi bila device tidak mumpuni.

Jadinya akan LOLA alias Loading Lamaaaaa...

Trus gimana dong?

Kita ada di era penuh pilihan

Untungnya saat ini kita ada di era yang penuh dengan berbagai pilihan. Termasuk untuk penggunaan software monitoring dan pengolahan data ini.

Salah satu yang ada di kuadran utama Gartner ialah Tableau (re : Tablu, bukan Tabu yaa..)

Emang powerful?

Kalo gak powerful, pastinya saya gak akan merekomendasikan & tentunya berbagai perusahaan besar di dunia juga tidak akan menggunakan.

Sebut saja Grab, Pfizer, Lenovo, Game PUBG, Linkedin, Abercrombie dan masihh buanyakk brand besar yang telah mempercayakan monitoring dan pengolahan data mereka ke software ini.

Tonton juga apa yang dilakukan Tableau untuk Coca Cola

Tenang, Anda tidak langsung harus bayar kok untuk bisa mencobanya. Silakan download dulu aja versi trialnya selama 14 hari disini. FREE!

Anda bisa mengolah data dan menghasilkan monitoring dashboard tanpa harus punya keahlian IT, cukup semudah Drag & Drop saja.

Tampilan Monitoring Penjualan Yang Sederhana

Contoh tampilan bila Anda punya beberapa produk, beberapa segmen market & terbagi di berbagai wilayah maka dapat ditampilkan seperti ini

Tampilan Data Monitoring Penjualan Yang Sederhana
Tampilan Data Monitoring Penjualan Yang Sederhana
Contoh data untuk tampilan di atas ialah
  • 3 jenis segment market yaitu Consumer, Corporate dan Home Office
  • 3 jenis produk : Furniture, Office Supplies, Technology
  • 4 wilayah : Central, East, South, West
  • Data yang dianalisa : jumlah penjualan jenis produk terbanyak, di segment market mana dan wilayah apa.

Mau lihat proses bikinnya? Bisa dicek disini. Gak sampe 2 menit! Coba aja dicek sendiri..

Tampilan Data Monitoring Penjualan Yang Lebih Kompleks

Ah itu mah standar mas, bisa yang lebih kompleks?

Sebelumnya bisa juga baca yang dilakukan Tableau di game PUBG

Oke, ada juga tampilan untuk perbandingan penjualan per kuartal per tahun bahkan dengan info profit masing-masing. Dalam 1 dashboard saja.

Emang bisa?

Nih tampilannyaa..

Tampilan Data Monitoring Per Kuartal Per Tahun
Tampilan Data Monitoring Per Kuartal Per Tahun
Ini kalo tampilannya dengan info profit masing-masing..

Tampilan Data Monitoring Dengan Profit Masing-Masing
Tampilan Data Monitoring Dengan Profit Masing-Masing
Dari gambar di atas, besaran profitnya dibedakan dari jenis warnanya dan bisa di filter masing-masing bagian.

Penasaran cara buatnya? Simple bangett.. Cek aja langsung disini..

Nah kalo udah paham konsepnya, udah tau cara mudahnya sekarang tinggal rutin diaplikasikan ya agar pengambilan keputusan untuk pengembangan bisnis dapat lebih mudah dilakukan.

Selamat mencoba!

P.S :

* Feel free kalo temen2 perlu untuk kita ketemuan agar saya bisa schedule agendanya. Kontak aja ke 0812 8466 0116. Kebetulan lagi lumayan padat minggu ini, semoga kebagian jadwal. :)

See you soon.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun