Mohon tunggu...
syukron billah
syukron billah Mohon Tunggu... Guru - Guru Madrasah

Mahasiswa Pasca Sarjana Magister Menejemen UNIBA

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengaruh Kompetensi Pemimpin pada Berbagai Pengetahuan dan Kinerja Karyawan

8 Februari 2022   18:21 Diperbarui: 8 Februari 2022   18:34 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

A. Kompetensi Pemimpin

Dalam penelitian ini kami dapat mendefinisikan kompetensi pemimpin sebagai pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan kemampuan perilaku pemimpin untuk melakukan pekerjaan (Asree, Zain, & Rizal Razalli, 2010; Boyatzis & Ratti, 2009). Pendekatan ini telah muncul sebagai salah satu model dominan dalam penilaian dan pengembangan kepemimpinan (Rankin, 2002). 

Dalam hal ini, kompetensi dipandang sebagai sumber daya penting bagi pemimpin untuk dimiliki dan dimanfaatkan. Pendekatan ini berbeda dari gaya kepemimpinan karena berfokus pada kemampuan kinerja pemimpin serta keterampilan dan kemampuan alih-alih cara seorang pemimpin mempengaruhi pengikutnya. Oleh karena itu, salah satu keuntungan yang terkait dengan pendekatan kompetensi adalah memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi, mengembangkan, dan menilai serangkaian keterampilan, kemampuan, dan kapabilitas kinerja yang sesuai (yaitu, ukuran perilaku) yang diperlukan bagi para pemimpin untuk melakukan pekerjaan yang diberikan.

kepemimpinan (Billings et al., 2019; Boyatzis, 2009; Mau, 2017). Boyatzis dan Ratti (2009) menyarankan bahwa tiga kompetensi yang dibutuhkan pemimpin yang sukses: kompetensi kecerdasan kognitif, emosional dan sosial. Kompetensi kecerdasan kognitif melibatkan kemampuan seorang pemimpin untuk menilai situasi, memahami sebab-akibat, dan mengenali pola dalam peristiwa acak. Kompetensi kecerdasan emosional mengacu pada kemampuan seorang pemimpin untuk memahami emosinya sendiri, mengenali dampaknya, dan mengelola emosinya. Kompetensi kecerdasan sosial berkaitan dengan kemampuan seorang pemimpin untuk bergaul dengan orang lain dan memahami dinamika sosial yang mempengaruhi situasi, sering dikenal sebagai keterampilan orang atau keterampilan relasional.

Penelitian di bidang manajemen (Sengupta, Venkatesh, & Sinha, 2013) menyarankan tiga dimensi kompetensi yang dipertimbangkan untuk menentukan efektivitas seorang pemimpin: orang, pekerjaan, dan peran. Kompetensi yang berfokus pada orang mengacu pada nilai seorang pemimpin, motivasi, sikap, dan sifat-sifat pribadi lainnya. Kompetensi yang berhubungan dengan pekerjaan berkaitan dengan apakah seorang pemimpin efisien dalam memenuhi tugas-tugas yang terkait dengan pekerjaan itu. 

Kompetensi yang berfokus pada peran terkait dengan konteks sosial di mana suatu pekerjaan dilakukan. Singkatnya, banyak studi terkait kompetensi menunjukkan bahwa (a) pendekatan integratif yang mencakup berbagai dimensi kompetensi bermanfaat untuk memahami dan menangkap dampaknya, dan (b) salah satu elemen penting kompetensi berkaitan dengan hubungan sosial seorang pemimpin. dengan orang lain seperti yang ditunjukkan dalam penelitian sebelumnya dan disebut sebagai kompetensi kecerdasan sosial atau sumber daya sosial (Boyatzis & Ratti, 2009; Lustri, Miura, & Takahashi, 2007).

B. Modal sosial dan kompetensi pemimpin

Studi (Chang & Hsu, 2016; Hitt & Duane, 2002; Huang, 2016; Leana & Van Buren, 1999; McElroy, Jorna, & van Engelen, 2006) telah menggunakan teori modal sosial untuk memahami dan menjelaskan berbagai fenomena lintas disiplin ilmu. termasuk sosiologi, ilmu politik, pendidikan, dan manajemen. Coleman (1990) memandang modal, terlepas dari jenisnya, diciptakan ketika ada perubahan dalam struktur yang ada dalam proses penciptaan nilai dan perubahan memfasilitasi hasil relasional yang positif. 

Di bidang manajemen, Leana dan Van Buren (1999, p. 538) mendefinisikan modal sosial sebagai sumber daya yang mencerminkan karakter hubungan sosial dalam perusahaan. Mereka menyarankan modal sosial diwujudkan ketika anggota organisasi memiliki tujuan bersama dan membangun kepercayaan. Berdasarkan perspektif ini, kami membatasi penggunaan istilah modal sosial pada ikatan internal antara pemimpin dan pengikut (bukan ikatan eksternal) dan ikatan di antara berbagai unit kerja organisasi (Hitt & Duane, 2002). 

Premis sentral dari teori modal sosial adalah bahwa jaringan hubungan menjadi sumber daya penting bagi anggota komunitas, menguntungkan anggota karena diasosiasikan dengan komunitas (Chen & Lovvorn, 2011; Hitt & Duane, 2002). Salah satu alasan mengapa teori modal sosial mendapat banyak perhatian lintas disiplin ilmu adalah bahwa modal sosial secara positif mempengaruhi kinerja individu dan kinerja organisasi.

 Seibert, Kraimer, dan Liden (2001) yang meneliti hubungan antara modal sosial dan manfaat dalam kemajuan karir melaporkan bahwa karyawan yang memiliki lebih banyak kontak di tingkat organisasi yang lebih tinggi memiliki akses yang lebih baik ke informasi organisasi dan sponsor karir, yang pada gilirannya mengarah pada manfaat seperti gaji dan promosi yang lebih tinggi.

 Studi kami meminjam konsep modal sosial (Coleman, 1990; Strmgren, Eriksson, Ahlstrom, Bergman, & Dellve, 2017) dan memandang ikatan relasional antara pemimpin dan pengikut sebagai sumber daya penting bagi pemimpin dalam memimpin organisasi. Oleh karena itu, salah satu kompetensi pemimpin yang dikaji dalam studi kami berkaitan dengan hubungan pemimpin dengan karyawan (yaitu, kompetensi yang berhubungan dengan orang).

Dimensi lain yang kami periksa dalam penelitian kami melibatkan kepemimpinan seorang pemimpin kompetensi dalam melakukan pekerjaan (yaitu, terkait pekerjaan). Kompetensi terkait pekerjaan berkaitan dengan kemampuan pemimpin dalam memecahkan masalah, membuat keputusan yang tepat, menggunakan inovasi, menetapkan visi, dan mengelola perubahan. 

Dimensi ini menggabungkan beberapa elemen yang diidentifikasi dalam penelitian sebelumnya: kecerdasan kognitif (Boyatzis & Ratti, 2009), kemampuan dan pengetahuan (McClelland, 1973), pengetahuan deklaratif dan keterampilan prosedural (Spencer, 1997), dan kompetensi terkait pekerjaan (Sengupta et al. , 2013). Karena ada banyak kategorisasi yang berbeda dari kompetensi pemimpin dalam penelitian sebelumnya, kami fokus pada dua dimensi yang luas demi model hemat: (a) kompetensi pemimpin yang berhubungan dengan pekerjaan dan (b) kompetensi pemimpin yang berhubungan dengan orang. Kategorisasi yang disederhanakan ini akan memungkinkan kita untuk mempertimbangkan semua elemen yang berbeda.

C. Efek Kompetensi Pemimpin pada Berbagi Pengetahuan

Berbagi pengetahuan dipromosikan ketika anggota kelompok memiliki kemampuan atau keahlian di bidang terkait (Lee et al., 2015) . Misalnya, Srivastava dan Joshi (2018) menunjukkan bahwa kepemimpinan yang berorientasi pada teknologi memfasilitasi berbagi pengetahuan di antara para karyawan. Lee dkk. (2015) melaporkan bahwa tingkat kompetensi karyawan dalam bisnis dan teknologi berhubungan positif dengan knowledge sharing. Ini berarti bahwa, untuk berbagi pengetahuan terjadi, karyawan harus memiliki kemampuan untuk melakukannya dan ada beberapa konteks ideal untuk hal ini terjadi. Kami mempertimbangkan dua konteks berdasarkan literatur (Han & Hovav, 2016; Lustri et al., 2007; Van den Hooff & de Winter, 2011; Wang & Ahmed, 2003). 

Konteks pertama berkaitan dengan lingkungan relasional dalam organisasi. Penelitian sebelumnya (Han & Hovav, 2016; Van den Hooff & de Winter, 2011; Yang & Farn, 2009) mendukung bahwa modal sosial dan kualitas hubungan antara anggota kelompok memiliki pengaruh yang signifikan terhadap anggota berbagi pengetahuan. Menurut teori modal sosial, organisasi dengan jaringan hubungan internal yang mapan mendapat manfaat dari arus komunikasi yang bebas, interaksi yang akrab, pertukaran sumber daya, dan peningkatan kinerja kerja tim (Chen & Lovvorn, 2011; Lee et al., 2015; Seibert, Kraimer, & Liden, 2001). 

Ini berarti lingkungan relasional yang dicirikan sebagai terbuka terhadap keragaman dan mempromosikan interaksi sosial memungkinkan berbagi pengetahuan yang efektif (Brachos, Kostopoulos, Soderquist, & Prastacos, 2007). Seorang pemimpin yang mempraktikkan dan menampilkan kompetensi dalam hubungan (person-related competence) akan memiliki pengaruh positif dalam menciptakan dan membina lingkungan seperti itu. Oleh karena itu, kami mengusulkan bahwa kompetensi yang berhubungan dengan orang pemimpin akan memiliki dampak positif pada berbagi pengetahuan.

Konteks ideal lainnya untuk berbagi pengetahuan melibatkan peran pemimpin dalam menciptakan pengetahuan yang membangun konteks bagi karyawan. Sveiby (2007) membahas dua jenis pengetahuan (berorientasi tugas dan membangun konteks) dan menyarankan bahwa manajer puncak memainkan peran kunci dalam menciptakan jenis pengetahuan yang terakhir. Pengetahuan berorientasi tugas bersifat teknis dalam alam. Jenis pengetahuan ini diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada karena terkait dengan cara melakukan tugas tersebut. 

Sebaliknya, pengetahuan membangun konteks dikaitkan dengan pemahaman tentang bagaimana pengetahuan seseorang berhubungan dengan anggota kelompok lainnya. Jenis pengetahuan ini sangat penting untuk memahami mengapa seseorang melakukan pekerjaannya dengan cara tertentu dan bagaimana pekerjaannya terkait dengan pencapaian tujuan organisasi (Sveiby, 2007). Pengetahuan membangun konteks yang kaya tampaknya lebih penting dalam industri hotel di mana karyawan layanan adalah aktor dalam proses pemberian layanan dan harus membuat penilaian. 

Kemampuan pemimpin yang terkait dengan menciptakan pengetahuan yang membangun konteks melalui pengaturan strategi yang tepat berkaitan dengan kompetensi yang berhubungan dengan pekerjaan pemimpin. Sveiby (2007) yang meneliti faktor-faktor yang menonaktifkan konteks untuk berbagi pengetahuan melaporkan bahwa perilaku manajemen (misalnya, penolakan terhadap perubahan, tidak ada proses formal untuk berbagi) dan konteks organisasi (misalnya, mentalitas silo) merupakan faktor utama yang menonaktifkan berbagi pengetahuan. 

Temuan studinya menunjukkan bahwa para pemimpin terutama di tingkat atas adalah yang terpenting dalam membentuk konteks membangun pengetahuan dan mereka melakukannya dengan mengomunikasikan misi, visi, dan strategi serta menyediakan konteks panduan untuk tujuan organisasi bersama. 

Temuan Hsu (2012) mendukung pandangan kami dengan menunjukkan hubungan positif antara visi bersama dan transfer pengetahuan. Dengan demikian, kami percaya seorang pemimpin yang memiliki kompetensi terkait pekerjaan tingkat tinggi akan memberikan dampak positif dalam menciptakan pengetahuan yang membangun konteks, di mana karyawan menjadi selaras dengan tujuan organisasi dan terlibat dalam berbagi pengetahuan (Asree et al., 2010). ; Lee, Park, & Lee, 2013).

D. Berbagi Pengetahuan sebagai Mediator antara Kompetensi Pemimpin dan Kinerja Karyawan

Studi ini menganggap berbagi pengetahuan sebagai mediator antara kompetensi pemimpin dan kinerja karyawan. Kami percaya sangat penting bagi seorang pemimpin untuk menumbuhkan lingkungan berbagi pengetahuan untuk meningkatkan kinerja pekerjaan karyawan. Berbagi pengetahuan sangat penting dalam usaha ini karena memberikan karyawan sumber daya yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan. Jadi, agar seorang pemimpin dapat mempengaruhi karyawan dalam hal kinerja, lingkungan berbagi pengetahuan harus ada sebagai media. Kami mengantisipasi peran mediasi berbagi pengetahuan.

E. Pengaruh kompetensi pemimpin pada kinerja pekerjaan karyawan

Jaringan hubungan internal adalah sumber daya yang berharga bagi karyawan berdasarkan teori modal sosial. Karena karyawan yang memiliki hubungan dekat dengan orang lain memiliki akses yang lebih baik ke sumber daya terkait pekerjaan (misalnya, pelatihan, informasi penting), kinerja pekerjaan mereka cenderung lebih baik daripada yang lain (Chen & Lovvorn, 2011; Lee et al., 2015). Ini mungkin karena karyawan merasa aman dan terlindungi dalam lingkungan di mana mereka memiliki hubungan positif dengan pemimpin dan dengan demikian dapat fokus pada pekerjaan dengan lebih baik. 

Kami melihat seorang pemimpin yang memiliki kompetensi terkait orang menciptakan lingkungan organisasi yang berfokus pada hubungan, di mana karyawan memiliki akses ke sumber daya terkait pekerjaan dan fokus pada pekerjaan, yang mengarah ke kinerja pekerjaan yang lebih tinggi.

Kompetensi terkait pekerjaan pemimpin juga cenderung mempengaruhi kinerja pekerjaan karyawan (Lee, Kim, Son, & Lee, 2011). Lee dkk. (2011) menunjukkan bahwa seorang pemimpin dapat membangkitkan emosi positif pada pengikutnya, yang pada gilirannya mempengaruhi kinerja pekerjaan mereka. 

Studi mereka mendukung bahwa pemimpin memainkan peran penting dalam menentukan lingkungan kerja dan mempengaruhi kinerja kerja karyawan. Kami melihat bahwa seorang pemimpin yang berfokus pada pekerjaan (misalnya, strategis, visioner) menciptakan dan membentuk konteks organisasi (misalnya, pengetahuan membangun konteks) di mana karyawan belajar tentang nilai-nilai dan tujuan organisasi. Karena karyawan akan dipandu oleh pengetahuan membangun konteks, mereka cenderung mengasimilasi nilai dan tujuan organisasi, yang sangat penting untuk membuat penilaian yang baik dalam lingkungan layanan. Oleh karena itu, kami mengusulkan sebagai berikut.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun