1. Etika adalah ilmu yang membahas tentang moralitas, nila-nilai, dan prinsip-prinsip yang menentukan apa yang baik dan apa yang buruk. Etika berkaitan tentang keputusan dan tindakan yang di ambil berdasarkan pertimbangan moral.Â
2. Etiket adalah kumpulan norma dan aturan yang mengatur perilaku sosial dan cara seseorang berinteraksi dengan orang lain. Etiket mencakup tatakrama, seperti cara berpakaian yang sesuai, bersikap sopan, dan cara berbicara yang baik.Â
Kesimpulannya adalah etika tentang apa yang benar dan apa yang salah, sedangkan etiket adalah bagaimana bersikap dalam situasi sosial tertentu.Â
Pentingnya etika dan etiket bagi profesional:
1. Membangun kepercayaan
2. Menunjukkan profesionalisme
3. Menciptakan lingkungan kerja yang positif
4. Menghindari konflik
5. Mempertahankan standar moral
6. Menunjukkan kesadaran sosial
 Jadi etika dan etiket juga berkontribusi pada keberhasilan individu dan organisasi dalam dunia profesional, serta menciptakan interaksi yang lebih baik dengan orang lain.Â
Permasalahan:
Di Indonesia akhir-akhir ini banyak seorang profesional yang menggunakan ilmunya atau jabatannya untuk menjatuhkan satu sama lain. Padahal salah satu dari fungsi ilmu adalah untuk menolong atau mengarahkan diri kita dan orang-orang di sekitar kita agar bisa lebih baik.Â
Solusi:
Kita sebagai seorang profesional harus menerapkan etika dan etiket di lingkungan kita agar menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dan mengajarkan ilmu etika profesi bagi anak bangsa agar bisa menjadi lebih baik untuk kedepannya.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H