Apa itu ekologi media?
Ekologi berasal dari bahasa Yunani yaitu okios yang berarti rumah atau tempat hidup, sedangkan Logos adalah ilmu. Berarti Ekologi media adalah studi tentang media sebagai lingkungan antara Manusia, Teknologi dan Informasi yang saling terkait satu dengan yang lainnya. Konsep dasar teori ini pertama kali dikemukakan oleh Marshall McLuhan pada tahun 1964.
"The medium is the message"
Ekologi Media berangkat dari slogan Marshall McLuhan
Medium: Pembawa pesan. Berbagai jenis media seperti buku, koran, radio, tv, ponsel, film, surat elektronik dan lainnya
Media: teknologi, sebuah hasil temuan manusia, sebagai perpanjangan panca indra manusia
Message: pesan atau konten
Asumsi Teori Ekologi Media oleh McLuhanÂ
Media mempengaruhi setiap perbuatan tindakan dalam masyarakat
Bahwa kita tidak dapat melarikan diri dari media. Media mentransformasi masyarakat melalui permainan yang sedang dimainkan, radio yang didengarkan, tv yang sedang ditonton, atau koran yang sedang dibaca.Â
Media memperbaiki persepsi kita dan mengelola pengalaman kitaÂ
Secara langsung kita dipengaruhi oleh media. Tanpa sadar kita sudah termanipulasi oleh tv. Sikap dan pengalaman kita secara langsung dipengaruhi oleh apa yang kita dengarkan di radio, Â atau sistem kepercayaan kita yang dipengaruhi secara negatif oleh tv.
Media mengikat dunia bersama-sama (global village)
Media menyatukan seluruh dunia. McLuhan menggunakan istilah Global Village (desa global) untuk mendeskripsikan bagaimana media dapat menyatukan dunia menjadi sebuah sistem politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang besar. Manusia akan selalu terhubung dengan media elektronik yang selalu bisa digunakan secara instan. Media elektronik memiliki kemampuan untuk memberi informasi mengenai budaya-budaya yang tidak pernah berkomunikasi sebelum adanya koneksi ini.
Media Panas dan Media Dingin
Media Panas adalah komunikasi definisi tinggi yang menuntut sedikit keterlibatan dari audiensnya. Contohnya seperti film, radio, buku dan foto digital.
Media dingin adalah media yang membutuhkan tingkat partisipasi yang tinggi dan rendah definisi. Sedikit yang disediakan oleh medium dan sangat banyak yang harus dilengkapi oleh audiens. Contohnya adalah kartun, percakapan, seminar, telepon dan TV.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI