Mohon tunggu...
Syifa Rahma
Syifa Rahma Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

----

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kampanye Dalam Era Digital

9 Juli 2023   22:39 Diperbarui: 9 Juli 2023   23:07 233
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KAMPANYE DALAM ERA DIGITAL
Syifa Aulia Rahma - Fikom UBJ
Dosen Pengampu: Saeful Mujab, M.I.Kom.


Abstrak
Kampanye politik di media sosial telah menjadi bagian yang relevan dalam segala kegiatan politik modern. Dengan munculnya platform seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan YouTube, para partai politik dapat memilih para pemilih yang potensial dengan cara lebih langsung dan lebih cepat daripada sebelumnya, mereka kini menggunakan media sosial sebagai alat untuk berkampanye politik. Pada dasarnya media sosial adalah bagian dari pengembangan teknologi internet. Kehadiran dari beberapa dekade yang lalu telah membuat media sosial dapat berkembang dan bertumbuh secara luas. Hal inilah yang menjadikan para penggunanya tersambung dengan koneksi internet dan dapat melakukan proses penyebaran informasi kapan pun dan di mana pun. Tulisan ini membahas mengenai cara politisi dalam pemanfaatan media sosial dalam kegiatan kampanye politik. Penjelasan mengenai penggunaan media sosial dalam kegiatan kampanye politik menjadi fokus penelitian dari penulisan ini. 

Kata kunci: internet, media sosial, komunikasi politik.


Abstract
Political campaigns on social media have become a relevant part of all modern political activities. With the advent of platforms such as Twitter, Facebook, Instagram and YouTube, political parties can elect potential voters more directly and more quickly than before, they are now using social media as a tool for political campaigning. Basically social media is part of the development of internet technology. The presence of several decades ago has allowed social media to develop and grow widely. This is what makes its users connected to an internet connection and can carry out the process of disseminating information anytime and anywhere. This paper discusses how politicians use social media in political campaign activities. An explanation of the use of social media in political campaign activities is the focus of this research.


Keywords: internet, social media, political communication 

Latar Belakang
Era digital ini telah membuat banyak perubahan dalam segala kegiatan masyarakat. Salah satunya kampanye politik. Kampanye dalam era digital telah mengalami perkembangan yang cukup relevan dalam beberapa tahun ini. Dengan adanya kemajuan teknologi telah mengubah cara berkampanye para politisi. Para politisi memanfaatkan perkembangan teknologi untuk berkampanye, alih-alih berkampanye secara langsung atau melalui iklan, mereka kini menggunakan hal-hal seperti media sosial untuk berkampanye. Media sosial, atau sering disebut jaringan sosial, merujuk pada platform-platform online yang memungkinkan para penggunanya untuk berinteraksi, berbagi konten, dan terhubung dengan orang lain melalui internet. Dalam karya yang berjudul Social Media and Strategic Communication Attitudes and Perceptions among College Students milik B.K Lewis yang terbit pada tahun 2010 tertulis, bahwa media sosial merupakan suatu label yang mengarah pada teknologi digital yang dapat berpotensi membuat semua orang saling terhubung dan melakukan interaksi, produksi dan berbagi pesan.


Pada awalnya media sosial hanya berfokus dalam membangun komunikasi yang efektif baik bagi para penggunanya. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi, media sosial tidak hanya komunikasi, media sosial telah menjadi kehidupan kedua bagi manusia. Media sosial telah berhasil memberikan komunikasi yang efektif tanpa batasan waktu. Termasuk kampanye dalam era digital saat ini, mengenai bagaimana cara politisi memanfaatkan media sosial sebagai media kampanye, dan berbagai inovasi yang dilakukan oleh para politisi. Oleh sebab itulah penulis membahas mengenai "Kampanye Dalam Era Digital". 

Rumusan Masalah
Berdasarkan pada apa yang tertulis pada latar belakang penelitian ini, maka penulis mengidentifikasikan permasalahan dalam bentuk rumusan masalah berikut ini:
"Bagaimana para politisi memanfaatkan media sosial sebagai media kampanye dalam era digital?"

Pertanyaan Penelitian
Pada latar belakang yang telah di uraikan di atas, berikut ini pertanyaan penelitian yang berkaitan:
a. Apakah media sosial efektif untuk kampanye?
b. Bagaimana cara politisi melakukan kegiatan kampanye di media sosial?

Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui penggunaan media sosial kampanye dalam era digital, termasuk dengan bagaimana politisi menggunakan media sosial untuk berkampanye, apakah kampanye di media sosial efektif dan juga dampak dari melakukan kampanye di media sosial.

Tinjauan Pustaka

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun