PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN dan PENINGKATAN
                                               KESADARAN LINGKUNGAN PADA SISWA SD
                                                          Syifa Izatun Nufus
                                                   Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                                               Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
PENDAHULUANÂ
Latar BelakangÂ
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) memiliki  peran penting dalam membentuk warga negara yang bertanggung jawab dan peduli terhadap lingkungan. Namun, kondisi lingkungan hidup saat ini menunjukkan bahwa kesadaran lingkungan masih relatif rendah di kalangan siswa Sekolah Dasar (SD). Perilaku yang tidak ramah lingkungan, seperti membuang sampah sembarangan , menjadi fenomena yang memprihatinkan.
Kesadaran lingkungan yang rendah ini perlu ditangani secara serius, karena anak-anak adalah generasi penerus bangsa yang akan menentukan masa depan lingkungan hidup. Sebagaimana dikatakan oleh UNESCO (2021), "Pendidikan adalah kunci untuk meningkatkan kesadaran lingkungan dan mengembangkan perilaku ramah lingkungan." Penelitian ini bertujuan untuk mempelajri  peran Pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan kesadaran lingkungan pada siswa SD, sehingga dapat memberikan kontribusi pada pembentukan generasi yang peduli lingkungan.
Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis peran Pendidikan Kewarganegaraan dan peningkatan kesadaran lingkungan pada siswa sd, serta untuk mengeksplorasi berbagai strategi pendidikan yang dapat diterapkan dalam proses pengajaran PKn agar lebih efektif dalam peningkatan kesadaran lingkungan,dan diharapkan dapat membantu para guru dan penulis sendiri agar bisa menerapkan pemahaman ini,dan diajarkan kepada siswa,agar siswa dapat memahami peran mereka sebagai warga negara yang peduli terhadap isu-isu sosial yang terjadi di sekitar mereka,
Â