Sambil membaca judul artikel ini, pasti setidaknya ada sedikit keraguan di benak Anda karena mungkin  program promosi yang pernah Anda jalan seringkali tidak sesuai dengan ekspektasi Anda.
Artikel ini akan membahas ide promosi yang akan mendatangkan pelanggan dan  4 hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih program promosi yang sesuai dengan bisnis Anda.Â
Pahami Pelanggan Anda Â
Agar promosi usaha kuliner Anda berhasil, Anda harus bisa mengidentifikasi, menganalisis, dan memahami pelanggan dan target pasar Anda. Anda bisa memulai risetnya dengan pertanyaan seperti: Apakah ada kantor di sekitar restoran Anda? Usia pelanggan Anda? Apa motivasi pelanggan Anda datang ke  toko Anda? Mulailah dari sini dan ketika promosi Anda sesuai, lebih banyak pelanggan akan datang menghampiri Anda.
Pahami Tantangan di Bisnis yang Anda Geluti
Pada dasarnya, program promosi ada untuk membantu usaha menghadapi tantangan yang dihadapi.Â
Apakah Anda merasa ada bagian tertentu di bisnis Anda yang tidak bekerja dengan baik atau kurang diperhatikan?
Sementara ada beberapa kendala yang bisa diidentifikasi dan ditangani hanya dengan bincang-bincang ringan dengan karyawan Anda, ada pula yang membutuhkan data untuk pemecahan masalah yang bisa di lihat dari sistem POS.
Promosi untuk Keuntungan atau Brand Awareness?
Ya, promosi tidak melulu soal bagaimana mendapatkan keuntungan. Banyak jenis promosi yang tujuannya mengenalkan merek yang Anda jual.
Sebetulnya, brand awareness lewat media akan berpengaruh lebih besar daripada promosi yang fokus untuk menambah keuntungan. Sebuah promosi yang ditujukan untuk keuntungan hanya akan efektif selama masa promosi tersebut berlaku.
Tapi, media akan memiliki dampak terhadap bisnis Anda jauh lebih lama dan dapat meningkatkan traffic restoran Anda bahkan setelah masa promosi tersebut habis.Â
Jika mempromosikan restoran Anda lewat media, Anda tidak harus terlalu sering memperbarui media sosial Anda karena pelanggan Anda akan sendirinya mempromosikannya dari mulut ke mulut.Â
Ketahui Margin Anda
Anda harus benar-benar memahami marjin Anda di luar kepala agar bisa sejauh mana Anda bisa memberikan diskon dan, lebih jauhnya, mengatur persediaan Anda.Â
5 Ide Promosi Restoran yang Menarik
Berikut adalah ide promosi terbaik yang bisa Anda terapkan. Jika Anda sudah mulai menemukan strategi yang tepat, Anda bisa saja membuat promosi bentukan Anda sendiri yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
Bekerja Sama dengan Acara Besar
Coba promosikan kuliner Anda di atau sekitar acara besar seperti perlombaan olahraga, festival, atau konser. Dengan cara ini, Anda bisa sekalian memperkenalan restoran Anda ke banyak orang sekaligus.Â
Anda juga bisa memberikan diskon makanan di acara tersebut. Misalnya, diskon 5% untuk orang yang memiliki tiket pertandingan sepak bola tertentu atau bisa juga diskon sekian ribu rupiah untuk pembelian beberapa jam sebelum konser besar di daerah tersebut.
Penggalangan Dana Bersama Selebriti
Membawa selebriti atau influenser mungkin terlihat seperti promosi bermodal mahal. Tapi, beberapa bisnis yang melakukan promosi ini berhasil memikat banyak orang karena selebriti tadi akan mempromosikan bahwa keuntungan restoran Anda sebagian akan disumbangkan ke badan amal tertentu.
Cari ini tidak hanya mendatangkan pelanggan ke restoran Anda, tapi juga menjadi peluang Anda untuk berbuat baik, memberikan kesadaran, dan bisa membayar selebriti yang Anda gaet dengan harga yang lebih murah.Â
Diskon Hari Libur
Tentukan hari libut yang paling Anda sukai dan pastikan tidak ada pesaing yang menerapkan promosi di hari libur yang sama. Misalnya, saat Halloween. Anda bisa menyelenggarakan lomba kostum Halloween terbaik yang hadiahnya bisa berupa kupon yang bisa digunakan hari libur selanjutnya.
Tidak hanya mendatangkan keuntungan, Anda bisa meminta peserta lomba tadi menandai restoran Anda saat mempublikasikannya di sosial media.
Program Loyalty
Tawarkan pelanggan setia Anda diskon-diskon yang meriah. Tujuan utama dari program loyalty adalah agar pelanggan Anda semakin sering kembali ke restoran Anda. Anda tentunya dapat dengan mudah menentukan program ini dengan menelusuri pelanggan Anda secara otomatis.Â
Misalnya, untuk kedai kopi. Promosinya bisa berupa gratis 1 kopi setelah 9 kali pembelian atau diskon 10% di waktu-waktu tertentu. Dengan demikian, pelanggan Anda tidak akan beralih ke tempat lain.
Diskon Besar-Besaran
Strategi lain yang bisa Anda terapkan adalah dengan memberikan diskon besar-besaran untuk makanan Anda yang kurang laku. Tujuannya adalah agar mereka mau membelinya dan tentunya akan membeli produk lain dari restoran Anda.Â
Misalnya Anda menjual pie tapi ternyata kurang diminati. Jika diskon, kemungkinan pelanggan Anda akan membeli minuman yang tentunya akan menambah pemasukan Anda. Ini sering disebut dengan, "pancing pelanggan Anda". Satu item dibeli, maka item lain akan terbeli pula.Â
Bagaimana Anda Akan Mempromosikan Restoran Anda?
Itu hanya sedikit dari sekian banyak ide promosi agar Anda mendapatkan profit dan brand awareness. Tentunya akan ada restoran yang berhasil mengaplikasikannya ada pula yang tidak.Â
Untuk dapat memaksimalkan program-program ini, Anda sebaiknya mengotomatiskan manajemen pelanggan dan promosi ini di sistem POS Anda. Selamat mencoba!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H