Oleh: Syifa Septiani Wulandari
Mahasiswa Semester 5 Jurusan Manajemen Pendididkan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Pertama, Pengaturan Orientasi Peserta Didik Pengaturan Orientasi Peserta Didik dalam kontek ini terbatas pada beberapa hal sebagai berikut:
a. Alasan dan Batasan Orientasi Peserta Didik
Orientasi adalah perkenalan. Perkenalan ini meliputi lingkungan fisik madrasah dan lingkungan sosial madrasah. Lingkungan fisik madrasah meliputi prasarana dan sarana madrasah seperti jalan menuju madrasah, halaman madrasah, tempat bermain di sekolah/ madrasah, lapangan olah raga, gedung dan perlengkapan madrasah, serta fasilitas-fasilitas lain yang disediakan di madrasah. Sedangkan lingkungan sosial madrasah meliputi: kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan selain guru, teman sebaya seangkatan, dan peserta didik senior di madrasah. Lingkungan sosial madrasah tersebut adakalanya terorganisir dan adakalanya tidak terorganisir.
b. Tujuan dan Fungsi Orientasi Peserta Didik
Tujuan orientasi peserta didik baru adalah sebagai berikut:
1) Agar peserta didik mengenal lebih dekat mengenai diri mereka sendiri di tengah-tengah lingkungan barunya.
2) Agar peserta didik mengenal lingkungan madrasah, baik lingkungan fisiknya maupun lingkungan sosialnya.
3) Pengenalan lingkungan madrasah demikian sangat penting bagi peserta didik dalam hubungannya dengan: (a) Pemanfaatan semaksimalmungkin terhadap layanan yang dapat diberikan oleh madrasah ; (c) Sosialisasi diri dan pengembangan diri secara optimal; (d) Menyiapkan peserta didik secara fisik, mental dan emosional agar siap menghadapi lingkungan baru madrasah .
Adapun fungsi orientasi peserta didik adalah sebagai berikut: