Mohon tunggu...
syifa septianiwulandari
syifa septianiwulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Fiksiana

Pengaturan Orientasi, Kehadiran dan Kedisiplinan Peserta Didik

13 November 2024   16:44 Diperbarui: 13 November 2024   22:59 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Fiksiana. Sumber ilustrasi: PEXELS/Dzenina Lukac

Oleh: Syifa Septiani Wulandari

Mahasiswa Semester 5 Jurusan Manajemen Pendididkan Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pertama, Pengaturan Orientasi Peserta Didik Pengaturan Orientasi Peserta Didik dalam kontek ini terbatas pada beberapa hal sebagai berikut:

a. Alasan dan Batasan Orientasi Peserta Didik

Orientasi adalah perkenalan. Perkenalan ini meliputi lingkungan fisik madrasah dan lingkungan sosial madrasah. Lingkungan fisik madrasah meliputi prasarana dan sarana madrasah seperti jalan menuju madrasah, halaman madrasah, tempat bermain di sekolah/ madrasah, lapangan olah raga, gedung dan perlengkapan madrasah, serta fasilitas-fasilitas lain yang disediakan di madrasah. Sedangkan lingkungan sosial madrasah meliputi: kepala madrasah, guru, tenaga kependidikan selain guru, teman sebaya seangkatan, dan peserta didik senior di madrasah. Lingkungan sosial madrasah tersebut adakalanya terorganisir dan adakalanya tidak terorganisir.

b. Tujuan dan Fungsi Orientasi Peserta Didik

Tujuan orientasi peserta didik baru adalah sebagai berikut:

1) Agar peserta didik mengenal lebih dekat mengenai diri mereka sendiri di tengah-tengah lingkungan barunya.

2) Agar peserta didik mengenal lingkungan madrasah, baik lingkungan fisiknya maupun lingkungan sosialnya.

3) Pengenalan lingkungan madrasah demikian sangat penting bagi peserta didik dalam hubungannya dengan: (a) Pemanfaatan semaksimalmungkin terhadap layanan yang dapat diberikan oleh madrasah ; (c) Sosialisasi diri dan pengembangan diri secara optimal; (d) Menyiapkan peserta didik secara fisik, mental dan emosional agar siap menghadapi lingkungan baru madrasah .

Adapun fungsi orientasi peserta didik adalah sebagai berikut:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fiksiana Selengkapnya
Lihat Fiksiana Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun