Â
Metode Taguchi untuk Pengendalian Biaya Mutu Alternatif
Â
Genichi Taguchi (1 Januari 1924 -- 2 Juni 2012) adalah seorang insinyur dan statistik. Mulai tahun 1950-an, Taguchi mengembangkan metodologi untuk menerapkan statistik untuk meningkatkan kualitas barang yang diproduksi.
Metode Taguchi telah menjadi kontroversial di antara beberapa statistik Barat konvensional, tetapi yang lain telah menerima banyak konsep yang diperkenalkan olehnya sebagai ekstensi yang valid untuk tubuh pengetahuan. Taguchi lahir dan dibesarkan di kota tekstil Tokamachi, di prefektur Niigata. Dia awalnya belajar teknik tekstil di Kiryu Technical College dengan niat untuk memasuki bisnis kimono keluarga. Namun, dengan eskalasi Perang Dunia II pada tahun 1942, ia disusun ke Departemen Astronomi dari Institut Navigasi Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Â Setelah perang, pada tahun 1948 ia bergabung dengan Kementerian Kesehatan Masyarakat dan Kesejahteraan, di mana ia berada di bawah pengaruh statistik terkenal Matosaburo Masuyama, yang memicu minatnya dalam desain eksperimen.Â
Dia juga bekerja di Institute of Statistical Mathematics selama waktu ini, dan mendukung pekerjaan eksperimental pada produksi penisilin di Morinaga Pharmaceuticals, sebuah perusahaan Morinago Seika. Pada tahun 1950, ia bergabung dengan Electrical Communications Laboratory (ECL) dari Nippon Telegraph and Telephone Corporation saat kontrol kualitas statistik mulai menjadi populer di Jepang, di bawah pengaruh W. Edwards Deming dan Union of Japanese Scientists and Engineers.Â
ECL terlibat dalam persaingan dengan Bell Labs untuk mengembangkan sistem cross bar dan switching telepon, dan Taguchi menghabiskan dua belas tahunnya di sana mengembangkan metode untuk meningkatkan kualitas dan keandalan. Bahkan pada titik ini, ia mulai berkonsultasi secara luas di industri Jepang, dengan Toyota menjadi penerima awal gagasan-Nya. Selama 1950-an, ia berkolaborasi secara luas dan pada tahun 1954-1955 menjadi profesor tamu di Indian Statistical Institute, di mana ia bekerja dengan C. R. Rao, Ronald Fisher dan Walter A. Shewhart. Selama bekerja di Unit SQC dari ISI, ia diperkenalkan dengan array ortogonal yang diciptakan oleh C. R. Rao - topik yang harus menjadi instrumen dalam memungkinkan dia untuk mengembangkan blok dasar dari apa yang sekarang dikenal sebagai metode Taguchi. Setelah menyelesaikan doktoratnya di Universitas Kyushu pada tahun 1962, ia meninggalkan ECL, meskipun ia mempertahankan hubungan konsultasi.Â
Pada tahun yang sama ia mengunjungi Universitas Princeton di bawah sponsor John Tukey, yang mengatur sihir di Bell Labs, saingan ECL lama. Pada tahun 1964 ia menjadi profesor teknik di Aoyama Gakuin University, Tokyo. Pada tahun 1966 ia memulai kolaborasi dengan Yuin Wu, yang kemudian beremigrasi ke Amerika Serikat dan, pada tahun 1980, mengundang Taguchi untuk kuliah. Selama kunjungan ke sana, Taguchi sendiri mendanai kembali ke Bell Labs, di mana pengajaran awalnya tidak memiliki dampak yang bertahan lama. Kunjungan kedua ini memulai kolaborasi dengan Madhav Phadke dan meningkatnya antusiasme untuk metodologinya di Bell Labs dan di tempat lain, termasuk Ford Motor Company, Boeing, Xerox dan ITT. Sejak 1982, Genichi Taguchi telah menjadi penasihat di Japanese Standards Institute dan direktur eksekutif dari American Supplier Institute, sebuah organisasi konsultasi internasional. Konsep-konsepnya yang berkaitan dengan desain eksperimental, fungsi kerugian, desain yang kuat, dan pengurangan variasi telah mempengaruhi bidang di luar desain produk dan manufaktur, seperti teknik proses penjualan.
Mutu telah menjadi topik utama dalam teori manajemen klasik seperti telah dikemukakan oleh Frederick Winslow Taylor, Henry Fayol, Henry Gantt, dan lain-lain, untuk membuat produk lebih baik dan lebih efisien. Namun masalah mutu dalam bisnis baru diperhatikan secara lebih khusus setelah Perang Dunia II di Jepang dan sekarang lebih dikenal dengan nama TQM (Total Quality Management) yang aslinya dimulai di Jepang sekitar tahun 1949 (Lemak, D. J., 1997).
Pengertian mutu mempunyai arti yang berbeda tergantung pada konteks yang dipakai. Ketika digunakan untuk menjelaskan produk, mutu dapat berarti "conforming to specifications" atau "fitness for use". Filosofi yang melandasi pendekatan zero defects adalah "conformance to specifications" dan untuk pendekatan robust quality adalah "fitness for use" (Roth dan Albright, 1992). Mutu juga berkaitan dengan jasa. Jasa adalah segala sesuatu yang dijanjikan pada konsumen mengenai suatu produk. Mutu berhubungan dengan seberapa baik suatu organisasi memberikan komitmennya untuk tiap individu yang berbeda. Dalam konteks ini, mutu berarti memberi konsumen sesuai dengan apa yang telah dijanjikan, yaitu sesuai dengan spesifikasi. Mutu didefinisikan sebagai kesamaan jasa antara yang dijanjikan dan yang direalisasikan (Atkinson, et. al., 1995)
Mutu didefinisikan oleh Genichi Taguchi, yang merupakan insinyur dan penulis Jepang yang terkenal, sebagai "menghindari loss dari produk yang dikirim yang disebabkan oleh society" (Pinto dan Kharbanda, 1996). Pengertian mutu juga tergantung pada pengaruh lingkungan eksternal sehingga produk yang bermutu harus memperhatikan: 1) produksi dan konsumsi eksternal yang berkaitan dengan produk, 2) tingkat kepuasan konsumen, dan 3) penciptaan nilai yang tertinggi terhadap pasar (Miles dan Russell, 1997).