Kalau kalian sedang mencari cara bagaimana untuk membuat daftar isi secara otomatis di word, maka kalian berada di artikel yang tepat.
Di sini, kalian akan belajar bagaimana caranya membuat daftar isi dengan sangat mudah dan cepat.
Dengan garis besar, langkah-langkah ini untuk membuat daftar isi di microsoft word adalah sebagai berikut:
- Blok Judul atau Subjudul yang Ada pada Dokumen
- Pilih Tipe Heading yang Diinginkan
- Atur Style pada Heading yang Dipilih
- Lakukan lagi pada Judul atau Subjudul yang lain
- Sisipkan Halaman Khusus untuk Daftar Isi
- Masukkan Daftar Isi melalui Tab References
- Pilih Jenis Daftar Isi
- Update Konten pada Daftar Isi
- Sesuaikan Format Tulisan pada Daftar Isi
- Simpan Dokumen
Langkah-Langkah Membuat Daftar Isi Secara Otomatis
1. Blok Judul atau Subjudul yang Ada pada Dokumen
Langkah pertama yang kalian lakukan ialah melakukan blok pada judul atau pada sub judul yang kalian inginkan.
Kalian isa melakukannya denfgan cara select atau klik 3 kali pada judul/sub judul.
2. Pilih Tipe Heading yang Diinginkan
Langkah berikutnya, kalian pilih tipe pada heading yang kalian inginkan pada tab Home.
Lalu kalian bisa pilih heading 1 sebagai judul dan heading 2 sebagai sub judul, sedangkan pada heading 3 sebagai sub sub judul.
3. Atur Style pada Heading yang Dipilih
Setelah memilih jenis tajuk, gaya font biru biasanya dipilih secara default.
Untuk mengubahnya, klik kanan pada heading type dan pilih Modify.
Di jendela yang muncul, Anda dapat mengatur gaya judul yang Anda inginkan.
Contoh-contoh di bawah ini adalah styling headline yang umum digunakan dalam penulisan esai atau disertasi.
4. Lakukan lagi pada headline atau subjudul lainnya
Berikutnya lakukan langyang ada diatas pada judul atau sub judul yang lain hingga halaman terakhir dokumen kamu.
5. Sisipkan Halaman Khusus untuk Daftar Isi (Jika Belum Ada)
Selanjutnya, jika sebelumnya kalian sudah menyiapkan halaman khusus untuk daftar isi, lanjut kalian bisa melewati tahap ini.
Namun jika belum, kamu bisa menambahkan halaman khusus untuk daftar isi dengan memilih tab Insert > Blank Page.
Setelah diklik, akan muncul halaman kosong yang ada pada dokumen kamu.
Lalu kalian bisa menambahkan judul juga pada halaman tersebut, seperti berikut:
6. Masukkan Daftar Isi melalui Tab References
Berikutnya, kalian masukan daftar isi dengan otomatis, lalu kalian pergi ke tab References > lanjut pilih Table of Contents.
7. Pilih Jenis Daftar Isi
Pada menu Table of Contents, kalian bisa beri pilihan dengan menggunakan style daftar isi yang mana.
Pada daftar isi otomatis, kalian pilih Table 1 atau Automatic Table 2.
8. Update Konten pada Daftar Isi (Jika Diperlukan)
Berikutnya kalau kalian ingin merubah pada dokumen yang dapat menyebabkan halamannya berubah atau bertambah, kalian harus mengupdate daftar isi yang kalian agar tetap sesuai.
Caranya sangat mudah, kalian hanya perlu klik tombol Update Table yang terdapay pada daftar isi.
Lalu kalian akan diberi 2 pilihan, yaitu update page numbers only dan update entire table.
Update Page Numbers Only
Menu ini sangat baik untuk digunakan kamu tidak mengubah judul, namun hanya menambah tulisan sehingga dapat menyebabkan halamannya bertambah atau berkurang.
Menu ini akan mengupdate nomor halamannya saja sesuai dengan perubahan yang kamu lakukan.
Update Entire Table
Menu ini sangat baik untuk digunakan apabila kalian mengubah isi dan judul atau sub judul pada dokumen.
Menu ini akan mengupdate judul yang terdapat pada daftar isi sekaligus perubahan nomor halamannya.
9. Sesuaikan Format Tulisan pada Daftar Isi
Setelah kalian melakukan langkah yang ada di atas, seharusnya daftar isi otomatis akan muncul, lengkap beserta titik-titik dan nomor halamannya.
Namun, biasanya format tuisan masih menggunaan format default seperti ini:
Untuk menyesuaikannya, Anda dapat memblokir atau memilih semua teks di kotak daftar isi, dan memilih font dan format tulisan yang sesuai dengan dokumen Anda.
Misalnya, jika Anda ingin memformat teks dalam ukuran font Times New Romans 12, Anda dapat melakukan hal berikut:
Pertama, blokir isi direktori dengan mengklik poin 3, seperti gambar di bawah ini.
Kemudian, atur jenis dan ukuran font pada tab Beranda.
10. Simpan Dokumen
langkah yang terakhir kalian jangan lupa untuk menyimpan dokumen kalian agar perubahannya tidak hilang.
Lalu kalian simpan dengan klik menekan CTRL + S atau kalian pilih icon save pada bagian atas.
Selesai.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H