Unit Pembangkitan (UP) Brantas adalah salah satu dari 9 (sembilan) UP yang dimiliki oleh PT Pembangkitan Jawa-Bali (PT PJB) yang merupakan anak perusahaan BUMN Indonesia yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang menyuplai listrik di Jawa Timur dan Bali. Program Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan ini memilih para petani kopi merah di Desa Jambuwer – Kecamatan Kromengan – Kabupaten Malang sebagai UMKM binaan yang menerima penyaluran dana CSR.
Narasumber.id sebagai penyedia Jasa Trainer Profesional bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada tahun ini diberi kesempatan untuk menjadi pemateri dalam Workshop Digital Marketing yang diakomodasi dari dana CSR perusahaan PT PJB UP Brantas. Workshop Digital Marketing yang dilaksanakan selama 4 (empat) hari ini diikuti oleh 11 (sebelas) UMKM Binaan yang bergerak di bidang Kopi asli Desa Jambuwer, Jahe Merah, Keripik Tempe Sagu, Jahe Merah Kemasan, Makaroni Pedas, dan UMKM lainnya juga.
Para pelaku UMKM Binaan CSR PT PJB UP Brantas pada Workshop Digital Marketing ini menerima pelatihan tentang teori Customer Funnel, Praktik Riset Kata Kunci SEO, Content Marketing menggunakan blog dan WordPress, serta Social Media optimization oleh para narasumber yang kompeten di bidang bisnis digital yaitu M. Syauqi Haris, M.Kom dan Alan W. Hafiludin, SE. Selain itu para UMKM Binaan CSR Perusahaan juga mendapatkan materi tentang content creation (video film-making) dari praktisi Erick Gear Project spesialis dalam video editing dengan menggunakan perangkat sederhana (smartphone).
Workshop Digital Marketing yang diselenggarakan menggunakan dana CSR perusahaan ini lebih mengedepankan dalam praktik dan implementasi karena bertujuan untuk meningkatkan visibilitas para UMKM binaan di dunia online. Dengan meningkatnya popularitas UMKM Binaan program CSR secara daring ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan omset penjualannya baik secara lokal maupun antar daerah, karena memang masalah yang dihadapi saat ini meskipun memiliki produk yang unggul, namun kurang begitu dikenal oleh masyarakat bahkan oleh penduduk Kabupaten Malang itu sendiri.
Narasumber.id sebagai mitra yang diundang dalam kegiatan workshop pelatihan digital marketing ini menjalankan amanahnya dengan profesional, bahkan di penghujung hari sebelum agenda ini ditutup pada hari terakhir, narasumber menghadirkan materi tambahan yaitu Customer Excellence Service sebagai materi penutup. Hal ini dirasa penting dikarenakan seberapa pun efektif digital marketing itu dilakukan dan menghadirkan banyak calon pelanggan, namun apabila tidak diimbangi dengan pelayanan prima terhadap konsumen, maka bisnis tersebut bisa dipastikan tidak akan bertahan lama atau dengan kata lain hanya terkenal sekejap saja.
Penyaluran dana CSR dengan menggunakan skema pelatihan atau workshop yang aplikatif seperti ini dinilai sebagai suatu kegiatan yang sangat positif dan bermanfaat bagi UMKM binaan CSR yang sudah memiliki produk, karena seberapa bagus produk yang dimiliki, jika tidak diiringi dengan peningkatan kemampuan penjualan maka hal tersebut bisa dianggap sebagai hal yang sia-sia. Semoga UMKM Indonesia semakin maju dan bisa bertahan di masa dan pasca pandemi ini dengan pemanfaatan teknologi informasi. [MSH]
Sumber : narasumber.id
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H