1.2.a.8. Koneksi Antar Materi
Nama             : Syarifah Yuniarti, M. Pd
                  : Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022
Sekolah           : SD Negeri Polisi 4 Kota Bogor
Fasilitator          : Asep Darmawan, M. Pd
Pengajar Peraktik   : Murbekti, M. Pd
Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):
Peristiwa
Momen yang paling mencerahkan saya saat memahami filosofi Ki Hajar Dewantara di Modul 1.1. Apresiasi yang sangat luar biasa kepada Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara. Pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara menurut saya menuntun dan mengantarkan anak-anak untuk mengenal jati dirinya melalui proses menuntun kekuatan kodrat anak yaitu kodrat alam dan kodrat zaman untuk mencapai kebahagiaan dan keselamatan.Â
Guru sebagai among harus memahami cara menuntun anak dalam pembelajaran di dalam kelas. Selain itu banyak pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara yang saya pelajari di Modul 1.1, seperti: berhamba pada anak, bermain adalah kodrat anak, pendidikan adalah persemaian benih-penih kebudayaan, pendidikan dan kebudayaan merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, dan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang paling populer adalah Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karsa, Tut wuri handayani.Â