Mohon tunggu...
Syarifah Yuniarti
Syarifah Yuniarti Mohon Tunggu... Guru - Kepala SDN Loji 3 Kota Bogor

Hobi membaca

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan

20 November 2022   20:00 Diperbarui: 20 November 2022   20:02 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


 Jurnal Refleksi Dwimingguan

Modul 1.1.

Nama                           : Syarifah Yuniarti, M. Pd

                                        : Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Tahun 2022

Sekolah                        : SD Negeri Polisi 4 Kota Bogor

Fasilitator                   : Asep Darmawan, M. Pd

Pengajar Peraktik    : Murbekti, M. Pd

Dalam pendidikan guru, jurnal refleksi dipandang sebagai salah satu elemen kunci pengembangan keprofesian karena dapat mendorong guru untuk mengaitkan teori dan praktik, serta menumbuhkan keterampilan dalam mengevaluasi sebuah topik secara kritis (Bain dkk, 1999). Menuliskan jurnal refleksi secara rutin akan memberikan ruang bagi seorang praktisi untuk mengambil jeda dan merenungi apakah praktik yang dijalankannya sudah sesuai, sehingga ia dapat memikirkan langkah berikutnya untuk meningkatkan praktik yang sudah berlangsung (Driscoll & Teh, 2001). Jurnal ini juga dapat menjadi sarana untuk menyadari emosi dan reaksi diri yang terjadi sepanjang pembelajaran (Denton, 2018), sehingga Anda dapat semakin mengenali diri sendiri.

Program guru penggerak merupakan pengembangan profesi melalui pelatihan dan pengembangan diri yang berfokus pada kepemimpinan pembelajaran agar mampu mendorong tumbuh kembang peserta secara holistic, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidikan lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar pancasila.

Di dalam pelaksanaan tugas jurnal refleksi dwimingguan ini, saya menggunakan model 4F, yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway. Beliau adalah ahli pendidik dan fasilitator. Model yang dikenalkan oleh beliau adalah sebagai berikut:

  1. Facts (Peristiwa) : Ceritakan pengalaman Anda mengikuti pembelajaran pada minggu ini atau pada saat aksi nyata ke dalam kelas ? Apa hal baik yang saya alami dalam proses tersebut? Ceritakan juga hambatan atau kesulitan Anda selama proses pembelajaran pada minggu ini? Apa yang saya lakukan dalam mengatasi kendala tersebut?
  2. Feelings (Perasaan): Bagaimana perasaan Anda selama pembelajaran berlangsung? Apa yang saya rasakan ketika menerapkan aksi nyata ke dalam kelas? Ceritakan hal yang membuat Anda memiliki perasaan tersebut.
  3. Findings (Pembelajaran) : Pelajaran apa yang saya dapatkan dari proses ini ? Apa hal baru yang saya ketahui mengenai diri saya setelah proses ini?
  4. Future (Penerapan) : Apa yang bisa saya lakukan dengan lebih baik jika saya melakukan hal serupa di masa depan ? Apa aksi/tindakan yang akan saya lakukan setelah belajar dari peristiwa ini?

Facts (Peristiwa)

Puji syukur saya panjatkan Kehadirat Allah SWT karena dinyatakan lulus seleksi Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 7. Pada hari Kamis pukul 10.00 WIB tepatnya tanggal 20 Oktober 2022 CGP Angkatan 7 resmi dibuka oleh Kemendikbudristek yaitu Bapak Nadiem Makarim,B.A.,M.B.A. dan Dirjen GTK secara daring. Pada Tanggal 21 Oktober 2022 Pre Test yang berguna mengukur tingkat kemampuan kami sebagai calon guru penggerak sebelum menerima materi di LMS PGP. Pada tanggal 22 Oktober 2022 diadakan lokakarya orientasi di SMP Negeri 4 Kota Bogor mulai pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB. Di sini kami benar-benar fokus menggali dan memperluas wawasan kami tentang mengenali siapa saya, apa yang belum dan sudah ada pada diri saya serta mengerjakan 4 LK dan mendiskusikannya untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam dipandu oleh Ibu Murbekti selaku Pengajar Praktik saya. Modul 1.1. tentang Mulai Dari Diri dan Eksplorasi Konsep dan forum diskusi yang dipimpin oleh fasilitator Bapak Asep Darmawan, kemudian ada ruang kolaborasi, kami berkolaborasi bersama masing-masing kelompok.Pada hari Kamis, tanggal 03 November 2022, diadakan kegiatan Elaborasi Pemahaman bersama Instruktur Ibu Wahyu Ekawati melalui G-meet. Instruktur memberikan asupan ilmu tentang pemahaman yang sangat mendalam mengenai konsep Filosofi KHD dan penerapannya pada konteks lokal sosial budaya yang dikaitkan dengan daerah masing-masing.

 

Feeling (Perasaan)

Selama mengikuti kegiatan PGP, saya merasa sedang bercermin menata diri, meningkatkan diri, otak dikuras melalui kegiatan refleksi. Satu hal yang membuat saya sangat bersyukur mengikuti PGP ini adalah saat memahami filosofi KHD yang maknanya sangat dalam. Filosofi KHD mengantarkan anak untuk mengenal jati dirinya. Saya senang melewati tahap demi tahap kegiatan di LMS. Saya juga belajar cara mencapai kesadaran. Tak bisa diungkapkan dengan kata-kata saat saya merasakan kesadaran itu. Kebahagiaan yang tak bertepi. Saya jadi tahu bagaimana cara mengendalikan emosi agar tidak stres. PGP luar biasa. Saya sangat apresiasi dengan upaya yang pemerintah lakukan. Semoga sukses dan Indonesai semakin maju.

 

Findings (Pembelajaran)

Dari pembelajaran ini saya menemukan pengetahuan dan wawasan baru tentang filosofis KHD. Pendidikan yang menuntun, pendidikan yang berhamba pada anak, bermain adalah tuntunan jiwa anak, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Seorang pendidik diibaratkan seorang petani yang akan menghasilkan tanaman-tanaman berkualitas. Untuk itu, petani harus memulai dari penggarapan tanah, menanam benih, merawat dan memberi pupuk, memantau, membuang hama-hama yang dapat merusak tanaman sehingga menghasilkan tanaman yang bermanfaat bagi manusia.

 

Future (Penerapan)

Saya akan melakukan hal terbaik dalam proses pembelajaran saya di kelas, agar tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik. Banyak hal yang akan saya benahi, karena saya sadar selama ini yang saya lakukan jauh dari sempurna jika dikaitkan dengan filosofis pemikiran KHD. Pembelajaranyang akan saya lakukan adalah pembelajaran yang menuntun kekuatan kodrat anak agar mencapai kebahagiaan dan keselamatan.

Terimakasih

Salam Guru Penggerak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun